Memenuhi zinc yang berperan penting dalam mengoptimalkan imunitas tubuh. Tentu saja, imunitas kuat punya andil dalam menghindari tubuh terserang berbagai penyakit, termasuk infeksi virus corona.

Bahkan, zinc dapat bantu proses penyembuhan pasien Covid-19. Di sini, zinc mengurangi kemungkinan duplikasi virus, sehingga tidak semakin banyak di dalam tubuh. Selain itu, zinc juga terlibat dalam berbagai proses metabolisme, setidaknya terhadap 100 enzim yang berbeda.

Lebih lanjut mengenai peran zinc – terutama pada pasien Covid-19, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Zinc Bantu Proses Penyembuhan Pasien Covid-19

Credit Image - doktersehat.com

Pada dasarnya, zinc berfungsi untuk fungsi kekebalan tubuh. Dilansir dari Klik Dokter – kekurangan zinc merupakan salah satu faktor terhadap 16 persen kasus infeksi saluran pernapasan atau ISPA. Dalam hal ini, ditunjukkan pula hubungan kekurangan zinc dengan risiko infeksi Covid-19.

Ketika kekurangan zinc, imunitas tubuh pun dapat menurun – dengan demikian, virus pun lebih mudah menyerang, terutama pada bagian saluran pernapasan.

Selain itu, menurut beberapa studi ilmiah juga menunjukkan potensi manfaat zinc untuk pasien Covid-19. Tidak hanya membantu melindungi dari masalah infeksi pernapasan – tetapi, zinc juga dapat mengurangi gejala Covid-19, sampai mengurangi kemungkinan duplikasi virus.

Masih dilansir dari Klik Dokter – dari hasil studi yang dilakukan pada 64 pasien rumah sakit anak-anak yang mengalami ISPA, ternyata pengobatan dengan memberikan zinc setiap hari dapat mempercepat proses penyembuhan.

 

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Zinc

Selain penting bagi pasien Covid-19, kebutuhan zinc juga wajib kamu penuhi. Jadi, tidak hanya selama pandemi saja. Zinc mampu menjaga daya tahan tubuh, mengoptimalkan penyerapan vitamin C, menjaga kesehatan saluran pernapasan, hingga penting dalam mempertahankan saluran cerna.

Kekurangan zinc dapat mengakibatkan tidak berfungsinya sel pertahanan tubuh, serta meningkatkan risiko penyakit menular, gangguan autoimun, dan kanker. Secara garis besar – zinc punya peran penting terhadap hampir seluruh fungsi tubuh.

 

Zinc: Sumber Terbaiknya

Credit Image - pleijsalon.com

Sebenarnya, zinc bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan – yang mudah ditemukan sehari-hari, seperti:

  • Daging sapi tanpa lemak
  • Makanan laut, seperti kerang, tiram, kepiting, dan udang
  • Buncis, lentil, dan kacangkacangan
  • Susu, keju, dan produk olahannya
  • Telur
  • Kentang

Tetapi, memenuhi kebutuhan zinc dari beragam sumber tersebut – belum tentu bisa mencukupi. Solusinya, kamu dianjurkan untuk rutin mengonsumsi multivitamin – yang juga mengandung mineral zinc.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon Active – dengan kandungan non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga daya tahan tubuh – jadi tidak mudah lelah dan jatuh sakit.

Jadi, sudah saatnya kamu rutin mengonsumsi zinc setiap hari – dari sumber makanan, maupun multivitamin yang direkomendasikan!

 

 

Featured Image - supersmart.com

Source - klikdokter.com