Setelah lulus kuliah, tidak jarang fresh graduate yang masih menyandang status penggangguran. Baik karena belum mendapat panggilan interview kerja, hingga ada yang sudah wawancara – namun ditolak! Tak perlu berkecil hati ya, karena masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan kok.

Apakah kamu termasuk salah satunya? Ingat, kamu nggak perlu menerapkan mindset bahwa dengan bekerja, kamu baru bisa lebih produktif dan berkegiatan seharian. Pikiran ini hanya membuatmu makin sulit berkembang.

Intinya, kamu harus tetap fokus dalam melakukan kegiatan bermanfaat lainnya – agar, makin produktif dan bikin diri makin semangat. Nah, tapi biar makin produktif – jangan lupa, bantu dengan konsumsi multivitamin setiap hari ya.

Enervon Active bisa jadi pilihan multivitamin yang tepat, lho. Kandungan non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – dapat bantu menjaga daya tahan tubuh, sekaligus memberi energi biar kamu tidak mudah lelah!

 

 

Untuk para fresh graduate, biar tetap produktif – kamu bisa lakukan berbagai kegiatan berikut ini. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

Buat Jadwal Keseharianmu

Credit Image - entrepreneur.com

Menuliskan to do list setiap harinya dapat membantumu agar bisa menggunakan waktu dengan baik. Jika bekerja waktu adalah uang – tapi, bagi orang yang ingin produktif, waktu dianggap sebagai hal yang bermanfaat.

Kamu dapat gunakan waktu luang untuk membaca buku, mengerjakan proyek, atau mengikuti kursus online yang sesuai dengan minat. Pokoknya, usahakan untuk melakukan hal bermanfaat setiap harinya ya.

 

Tentukan Target Juga Penting, Lho

Bagi fresh graduate memiliki target yang tepat – juga penting agar makin produktif. Susunlah tujuan yang ingin dicapai, serta tentukan plan cadangannya. Jadi, jika rencana pertama tidak bisa diwujudkan – maka, kamu masih memiliki plan selanjutnya.

Target juga bisa berupa hal yang ingin dipelajari, misalnya mendalami keahlian, atau melatih skill yang dirasa masih kurang.

 

Yuk, Keluar dari Zona Nyaman

Credit Image - sanook.com

Zona nyaman memang kerap membuat orang sulit untuk berkembang. Coba sesekali keluarlah dari comfort zone kamu! Jalinlah relasi dengan orang yang bisa diajak diskusi – serta, bisa memberi pengaruh positif. Lingkungan yang baik, tentu bisa membuatmu jadi optimis, kan?

 

Cari Pekerjaan yang Sesuai

Ingat, kamu juga nggak boleh lupa dengan tujuan utama kamu saat ini, yaitu mencari pekerjaan. Teruslah mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu – jangan patah semangat kalau belum bisa menemukannya ya!

 

Jadi Freelancer, Dapat Bantu Tetap Produktif

Credit Image - flexjobs.com

Untuk kamu fresh graduate yang ingin produktif – sekaligus menghasilkan cuan, bisa menjadi freelancer, lho. Dalami kembali keahlian kamu dan tekuni. Siapa tahu di masa mendatang, skill dari kerja freelance ini bisa bermanfaat.

Nah, kini kamu nggak perlu berkecil hati – karena, belum dapat pekerjaan ya. Sebab, fresh graduate masih bisa melakukan berbagai kegiatan produktif lainnya, kok!

 

 

Featured Image - karirgogo.com