Pengaruh dari pandemi Covid-19 bisa dirasakan di hampir semua aspek kehidupan, termasuk ekonomi. Selain masyarakat pada umumnya, industri pariwisata – mulai dari rute pesawat, biro perjalanan, hingga jasa transportasi pun sepi peminat.

Akhirnya, hal tersebut ikut berdampak pada menerapkan protokol kesehatan ya!

Selain itu, masih ada deretan cara lainnya untuk bantu industri pariwisata di tengah pandemi. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

 

 

Pastikan Memilih Destinasi yang Aman

Credit Image - banksinarmas.com

Jika kamu ingin pergi berlibur, pastikan pilih tujuan wisata yang aman. Lalu, survei terlebih dahulu lokasi yang ingin dituju – seperti keadaan kota atau negara yang memiliki tingkat penularan rendah. Yang terpenting, patuhi selalu protokol kesehatan, serta jauhi lokasi yang berpotensi mengalami kerumunan ya.

 

Destinasi Terdekat, Jadi Pilihan Tepat

Selain memastikan destinasi tujuanmu aman – sebaiknya kunjungi destinasi terdekat saja! Usahakan tidak memilih lokasi wisata yang melibatkan penggunaan transportasi umum, agar risiko penularan dapat diminimalisir.

Kunjungi wisata alam di daerahmu, hal ini tidak ada salahnya lho. Siapa tahu orang lain dapat tertarik dan turut membantu roda ekonomi

 

Sewa Penginapan Dengan Fasilitas Private

Credit Image - eturbonews.com

Selain hotel-hotel bergengsi saja yang mengalami dampak pandemi, tetapi tempat penginapan pribadi pun bernasib sama. Untuk itu, kamu disarankan memilih villa atau hotel yang disewakan melalui aplikasi seperti airBnB ya.

Tapi, pilihlah lokasi yang jauh dari keramaian – atau bisa memberikan fasilitas private. Lalu, jangan lupa bawa selalu perlengkapan sanitasi dan tetap jaga kebersihan diri!

 

Tetap Kulineran Dengan Take Away Makanan

Selama pandemi, memang kamu lebih dianjurkan untuk membawa bekal ketika bepergian. Namun, jika hal ini terasa merepotkan – tapi, khawatir jika harus makan langsung di restoran, kamu tetap bisa take away makanan kok! Cara ini lebih aman untuk dirimu dan orang lainnya.

Nah, itulah keempat tips yang bisa dilakukan untuk membantu industri pariwisata di tengah pandemi. Ketika bepergian, tetap terapkan protokol kesehatan agar dirimu dan keluarga tetap terlindungi dari ancaman virus ya!

 

 

Featured Image - jatengdaily.com