Makanan dan camilan yang bernutrisi tinggi – memiliki peran penting untuk proses pertumbuhan anak, termasuk menjaga kesehatan tubuhnya. Di masa sekarang ini, kesehatan dan imunitas menjadi hal terpenting – agar si kecil tidak mudah sakit ya, moms.

Agar kebutuhan nutrisi serta gizi anak terpenuhi, orangtua perlu mengatur pola makan dan camilan anak secara tepat. Anak-anak cenderung lebih rentan terhadap infeksi virus maupun bakteri penyakit – jadi, pemilihan asupan makanan yang baik dapat dukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebagai acuan untuk memberikan anak asupan makanan bergizi, berikut ini pola makan dan camilan harian – yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Simak ulasannya di bawah ini.

 

 

Jangan Lewatkan Sarapan!

Credit Image - review.bukalapak.com

Sarapan merupakan waktu makan terpenting – yang dapat mendukung kegiatan anak. Sebaiknya, ajak si kecil sarapan pukul 6-8 pagi ya. Lalu, berikan ia asupan gizi seimbang – meliputi karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Dilansir dari CNN Indonesia, dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) – sarapan sebaiknya memenuhi kalori sekitar 400 gram.

 

Antara Sarapan dan Makan Siang, Beri Camilan Sehat

Di waktu jeda sarapan dan makan siang – sekitar pukul 9-11 siang, berikan anak camilan sehat. Moms, perhatikan jenis camilan yang diberikan ya. Pilih camilan dengan nutrisi tinggi, misalnya yang mengandung susu, atau bisa berikan buah.

Selain itu, camilan juga sebaiknya rendah kandungan gula, rendah garam, dan juga lemak. Untuk waktu makan ini – disarankan mengandung sekitar 150 gram kalori.

 

Waktu Makan Siang

Credit Image - bolakeluarga.com

Saat pukul 12 hingga 1 siang tiba – ini merupakan waktunya si kecil untuk makan siang. Berikan menu makanan dengan gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, buah, dan sayuran. Untuk waktu makan ini – ada sekitar 400 gram kalori yang perlu dipenuhi.

 

Camilan Sehat: Juga Diberikan Setelah Makan Siang

Berikutnya, pada pukul 3-5 sore – sebelum waktunya makan malam, berikan anak camilan sehat. Orangtua bisa berikan menu yang sama – seperti camilan di waktu sebelumnya. Atau variasikan jenis camilan sehat agar anak tidak mudah bosan.

 

Terakhir, Jam Makan Malam

Credit Image - klikdokter.com

Makan malam dapat diberikan pada pukul 6-7 malam – sama seperti waktu makan berat sebelumnya, yaitu sarapan dan makan siang, berikan anak menu yang kaya akan gizi seimbang. Dan, setidaknya sudah mencakup 400 gram kalori.

 

Lengkapi Dengan Multivitamin

Agar pertumbuhan anak semakin optimal – selain menerapkan pola makan dan camilan sehat, moms dapat berikan multivitamin khusus anak. Biasanya, anak lebih menyukai vitamin dalam bentuk sirup nih! Untuk itu, direkomendasikan memberi Enervon-C Plus Sirup anak.

Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat menjaga daya tahan tubuh si kecil – sekaligus membantu tumbuh kembangnya.

Itulah tips pola makan dan camilan sehat anak – yang dapat bantu jaga kesehatan dan maksimalkan pertumbuhannya. Apakah moms sudah menerapkan pola makan di atas?

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com