Dari beragam gangguan tidur – yang paling sering dialami banyak orang, yaitu kesulitan untuk tidur di malam hari. Hati-hati, kebiasaan ini wajib segera diatasi! Apakah kamu mengalami hal serupa? Begitu bangun, badan terasa pegal – bahkan merasa pusing karena belum cukup mendapat istirahat. Selain bikin nggak nyaman, susah tidur bisa mengganggu kesehatan, lho.

Kesulitan tidur berkepanjangan bisa berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2, obesitas, depresi, penyakit jantung – dan pastinya menurunkan imunitas. Perlu diketahui, imun tubuh penting dijaga selama pandemi – salah satunya, dengan memiliki jam tidur yang baik.

Selain itu, jaga selalu kekebalan tubuh – dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang dapat dukung kesehatanmu ya. Kamu direkomendasikan minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk jaga daya tahan tubuh biar tidak mudah sakit.

Bagi kamu yang butuh perlindungan ekstra – bisa minum Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg!

 

 

Lalu, bagaimana caranya mengatasi susah tidur – agar kesehatan tubuh tetap terjaga? Berikut ini ulasannya.

 

Terkena Sinar Matahari

Credit Image - health.detik.com

Ternyata, sinar matahari juga berperan penting untuk membantu atasi susah tidur, lho. Dilansir dari Healthline – tubuh memiliki jam biologis untuk memberi kode kapan harus bangun, tidur, dan lain sebagainya.

Dengan mendapatkan paparan sinar matahari – tubuh bisa menjaga siklus alaminya, sekaligus lebih berenergi di siang hari, dan menurunkan hormon melatonin yang dapat membuatmu merasa lebih rileks di malam hari.

 

Kurangi Paparan Sinar Biru

Blue light alias sinar biru – merupakan sinar yang sering dipancarkan melalui smartphone, laptop, televisi, maupun lampu. Paparan sinar biru berlebihan dapat mengganggu kesehatan, serta membuat siklus tidur terganggu.

Untuk itu, pastikan kamu mengurangi paparan blue light dengan mematikan gadget atau televisi minimal 20 menit sebelum waktu tidur, gunakan kacamata anti-radiasi, atau gunakan aplikasi untuk mengontrol paparan sinar biru.

 

Perhatikan Asupan Makanan

Credit Image - halodoc.com

Makanan yang kamu konsumsi menjelang waktu tidur – juga berperan penting! Makanan tinggi karbohidrat memang dapat membantumu mudah ngantuk, tapi kualitas tidurnya kurang baik – sebab, kamu bakal sering terbangun di malam hari.

Untuk atasi susah tidur, kamu lebih dianjurkan memilih makanan tinggi lemak sehat – seperti alpukat, kacang-kacangan, telur, salmon, bayam, atau brokoli.

 

Mandi Sebelum Tidur

Membersihkan tubuh menjelang waktu tidur – juga bisa bantu atasi masalah ini, lho. Setelah mandi, biasanya kamu lebih mudah merasa ngantuk dan efektif bikin tidur semakin nyenyak.

 

Suhu Ruangan yang Nyaman

Credit Image - klikdokter.com

Ketika tidur, suhu tubuh menjadi berubah – kemungkinan besar meningkat, sedangkan suhu di tangan dan kaki menurun. Jadi, buatlah suhu ruangan senyaman mungkin – jangan sampai terlalu gerah atau panas, karena bisa membuat makin susah tidur!

Nah, itulah kelima tips yang bisa terapkan untuk bantu atasi masalah susah tidur. Apakah kamu sudah pernah menerapkan salah satu cara di atas?

 

 

Featured Image - klikdokter.com