Moms, setiap orangtua pasti menginginkan si kecil dapat menerapkan tata krama – sekaligus sopan santun ya? Sesederhana mengucapkan salam, mengatakan tolong, permisi, maaf, dan terima kasih – merupakan dasar tata krama yang perlu diajarkan pada anak.

Selain itu, yang nggak kalah penting – yaitu, menerapkan tata krama makan sejak dini. Hal ini penting, lho moms! Mengajari anak etika penting ini, sama seperti memberi modal berharga untuk jadi pribadi yang baik – ketika ia dewasa nanti.

Sebab, jika anak tak memahami tata krama makan – bisa saja menjadi masalah dalam bergaul, bekerja, hingga berumah tangga. Wah, cukup panjang ya urusannya, moms? Nah, setidaknya ada lima tata krama saat makan yang perlu kamu ajari pada anak nih.

Mau tahu apa saja? Simak ulasannya sampai habis ya!

 

 

Bebersih Sebelum ke Meja Makan

Credit Image - ibudanbalita.com

Tata krama saat makan – yang penting ditanamkan sejak dini, yaitu ingatkan si kecil untuk sudah menjaga kebersihan ya. Misalnya, mencuci tangan – atau berganti pakaian jika bajunya kotor setelah bermain.

Hal ini bukan cuma soal kebersihan dan kesehatan saja lho – melainkan tanda hormat kepada orang yang telah menyiapkan makanan, serta orang lainnya yang berada di meja makan.

 

Menawarkan Bantuan

Moms juga dapat ajak anak untuk membiasakan menawarkan bantuan – kepada orang yang sedang menyiapkan makanan. Sejak balita, anak sudah bisa kok ikut menyiapkan makanan. Dimulai dari hal paling simple, seperti menaruh sendok dan garpu.

Lalu, ingatkan pula pada anak untuk turut membantu ketika sudah mulai makan – misalnya, mengoper lauk kepada anggota keluarga lain. Meski sederhana, tata krama ini penting diterapkan sejak dini.

 

Menunggu Sebelum Mulai Makan

Credit Image - klikdokter.com

Kemudian, orangtua perlu menanamkan tata krama – kalau anak sebaiknya menunggu tuan rumah atau orang lebih tua untuk mulai makan. Kecuali, jika ia sudah dipersilahkan terlebih dahulu ya.

Beri tahu anak mengenai tanda yang perlu dipahami – terkait kapan ia boleh mulai makan. Seperti, ketika ayah sudah mulai menyendok nasi. Nah, ketika makan di restoran pun serupa – ingatkan anak agar menunggu sampai pesanan semua orang datang, barulah mulai makan.

 

Mengunyah dengan Mulut Tertutup

Tata krama ini juga terdengar sepele – namun penting diterapkan sejak anak masih usia dini, moms. Kebiasaan mengunyah dengan mulut tertutup dan tidak berbicara – merupakan dua aturan utama saat makan.

Makan yang mengecap maupun bersuara memang tidak sopan ya! Jadi, etika ini mesti dibiasakan sejak kecil – kalau tidak, anak justru makin kesulitan untuk mengubahnya.

 

Hindari Menyuap Terlalu Banyak

Credit Image - parenting.dream.co.id

Apakah si kecil pernah menyuap makanan terlalu banyak? Nah, kebiasaan ini perlu segera dihilangkan ya. Ajari anak untuk menyuap makanan secukupnya – meskipun dia sedang menyantap makanan favoritnya.

Begitu pula dengan porsi makanan yang diambil dalam piring – tak perlu sampai menggunung alias terlalu banyak. Katakan pada anak, bahwa ia boleh menambahnya – ketika makanan yang di piring sudah dihabiskan.

Nah, itulah kelima tata krama saat makan – yang bisa kamu ajari pada si kecil. Apakah, moms, sudah mulai mengajarkan etika tersebut?

 

 

Featured Image - klikdokter.com