Meskipun sudah melakukan langkah pencegahan virus corona – baik menerapkan protokol kesehatan, hingga menjalani hidup sehat yang dapat menjaga imunitas, namun masih ada kemungkinan terinfeksi Covid-19.

Mendapati diri positif Covid-19 – memang bukanlah hal yang menyenangkan. Tak jarang, pasien merasa tertekan dan down. Tapi nggak boleh berlarut – sebab, harapan untuk sembuh sangatlah besar. Yang dibutuhkan, yaitu penanganan yang tepat agar bisa segera pulih.

Lalu, apa yang bisa dilakukan setelah dinyatakan positif virus corona? Berikut ini 7 di antaranya.

 

 

Cari Bantuan Layanan Kesehatan, Jadi Langkah Utama

Credit Image - news.detik.com

Yang pertama, pastikan kamu segera melakukan konsultasi dengan dokter – guna mendapatkan saran yang tepat. Biasanya, dokter akan memberi tahu segala hal – mulai dari obat-obatan, pola makan, hingga perawatan khusus yang dibutuhkan.

Kalau kamu memiliki penyakit penyerta, atau sedang mencari pengobatan untuk kondisi kesehatan lainnya – konsultasikan pada dokter juga ya.

 

Segera Isolasi Mandiri!

Berikutnya, segera lakukan isolasi mandiri – agar orang disekitar tidak tertular. Jika kamu disarankan menjalani karantina di rumah – pastikan kamu menggunakan fasilitas yang berbeda dari anggota keluarga lainnya.

Orang-orang yang tinggal di sekitarmu juga perlu menjalani tes Covid-19 untuk menghindari risiko tertular. Dan, semua anggota keluarga – yang tinggal satu rumah harus dikarantina juga selama minimal seminggu.

 

Pasien Tetap Butuh Perawat

Credit Image - halodoc.com

Meskipun infeksimu ringan – dan diizinkan untuk memulihkan diri di rumah, tapi pasien Covid-19 tetap membutuhkan bantuan orang lain. Umumnya, pasien masih membutuhkan seorang caregiver – setidaknya seseorang yang sehat, tanpa riwayat kondisi medis tertentu.

 

Perhatikan Jenis Perawatanmu

Setiap pasien virus corona membutuhkan perawatan yang berbeda-beda – bergantung pada gejala dan tingkat keparahannya. Tetapi, setidaknya kamu memerlukan beberapa benda, seperti oksimeter untuk memeriksa kadar oksigen darah.

Kemudian, kamu juga sebaiknya menyiapkan alat untuk monitor tekanan darah dan glukometer – ini berlaku bagi yang memiliki masalah pada tekanan darah atau tingkat gula darah. Dan, hindari mengonsumsi sembarang obat – tanpa pengawasan dokter.

 

Waspadai Gejala yang Dialami Ya!

Credit Image - prudential.co.id

Memerhatikan berbagai gejala yang muncul ketika dinyatakan positif Covid-19 – sangatlah penting. Gejala dan tingkat keparahan biasanya akan berkembang antara 5-10 hari pasca infeksi. Ada bermacam kemungkinan yang bisa terjadi, mulai dari ketidaknyamanan saat bernapas – hingga sulit bernapas.

Melacak tanda yang dialami, serta perubahan gejala yang terjadi – dapat membantu proses penyembuhanmu.

 

Konsumsi Vitamin Juga Penting

Untuk bantu meningkatkan imunitas – yang berperan melawan virus, kamu perlu rutin mengonsumsi sejumlah vitamin, termasuk vitamin C.

Vitamin C merupakan suplemen yang dikenal untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Nutrisi ini pun sudah populer dengan perannya dalam meningkatkan imunitas. Rutin mengonsumsi vitamin C telah terbukti secara signifikan untuk memperbaiki gejala pada orang dengan infeksi parah, termasuk gangguan pernapasan akut akibat infeksi virus.

Asupan vitamin C bisa diperoleh dari sejumlah sumber makanan tertentu – tapi, kamu juga sangat direkomendasikan untuk minum suplemen vitamin C.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap. Selain Vitamin C, Enervon-C mengandung Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Pilih konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan 1000 mg Vitamin C untuk perlindungan ekstra!

Jika kamu dinyatakan positif Covid-19 – segera lakukan 7 langkah di atas, untuk mempercepat proses pemulihan tubuh!

 

 

Featured Image - insideselfstorage.com

Source - kompas.com