Keluarga Muda, Ini Lho 5 Resep Lakukan Perencanaan Keuangan

Keluarga Muda, Ini Lho 5 Resep Lakukan Perencanaan Keuangan

font size A Ǎ

Memiliki perencanaan keuangan yang tepat – memang penting, termasuk bagi keluarga muda. Sebenarnya, hal ini bisa dimulai dengan rutin menabung, lho. Namun, sayangnya – masih sedikit keluarga milenial yang dapat menabung, sebab pendapatan biasanya sudah lebih dulu habis untuk menutupi kebutuhan rutin.

Tapi, apakah menabung sesulit itu? Tidak juga kok – selama kamu dan keluarga berkomitmen dalam melakukannya. Untuk kamu yang baru berkeluarga, serta memiliki pengeluaran yang lebih tinggi ketimbang saat single – ada sejumlah tips perencaan keuangan yang bisa dilakukan nih.

Kamu tetap bisa menabung – meskipun pengeluaran terbilang cukup tinggi. Lalu, bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

 

 

Diskusi Dengan Pasangan. Penting Dilakukan Ya!

Keluarga Muda, Ini Lho 5 Resep Lakukan Perencanaan Keuangan

Credit Image - maucash.id

Meski terdengar sepele, tapi membahas perencanaan keuangan dengan pasangan – hukumnya wajib! Dengan berdiskusi, maka perencanaan keuangan keluarga pun dapat berjalan lebih lancar dan terencana, lho.

Tapi, dalam urusan ini – kamu dan pasangan mesti terbuka mengenai penghasilan, aset, serta hutang masing-masing. Setelah itu, coba alokasikan 20 persen gaji untuk menabung atau berinvestasi. Namun, jika masih ada hutang atau kredit – usahakan jumlah total cicilan tidak melebihi 30 persen dari total penghasilan bersama.

 

Money Habits: Trik yang Patut Dicoba

Salah satu trik perencanaan keuangan berikutnya, yaitu dengan membangun kebiasaan positif dalam mengelola uang. Misalnya, saat gajian – kamu bisa mulai menyisihkan tabungan dan investasi terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah kamu atur sisa gaji untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Jika kamu terbiasa dengan manajemen keuangan seperti ini – tentu saja, menabung merupakan kebiasaan baik yang mudah untuk dilakukan!

 

Kendalikan Pengeluaranmu dan Pasangan

Keluarga Muda, Ini Lho 5 Resep Lakukan Perencanaan Keuangan

Credit Image - harmony.co.id

Agar kebiasaan menabung bisa terus diterapkan – cobalah untuk mengendalikan pengeluarkanmu dan pasangan dengan bijak. Kamu juga perlu mengenal pos-pos pengeluaran yang perlu dipenuhi setiap bulannya ya.

Kemudian, hindari overspending dengan membuat skala prioritas. Utamakan pengeluaran untuk kebutuhan – bukan buat keinginanmu.

 

Jangan Lupa, Tentukan Tujuan Finansial

Agar kamu dan pasangan bisa lebih termotivasi untuk menabung – tentukan tujuan finansial yang ingin dicapai di waktu mendatang. Seperti, dalam satu atau dua tahun berikutnya – kamu berencana pindah ke rumah yang lebih luas, mengganti mobil, atau memasukkan anak ke playgroup.

Tuliskan berbagai rencana yang sudah ditentukan tersebut – agar dirimu dan pasangan semakin terpacu untuk lebih bijaksana dalam membelanjakan uang, serta fokus dalam mencapai tujuan finansial keluarga.

 

Siapkan Dana Darurat!

Keluarga Muda, Ini Lho 5 Resep Lakukan Perencanaan Keuangan

Credit Image - ekrut.com

Masalah yang kerap dihadapi, yaitu menggunakan tabungan – namun, bukan bagi peruntukkannya. Misalnya, kamu harus memakai tabungan untuk anggota keluarga yang jatuh sakit. Wah, tentu saja kamu menghindari hal ini terjadi ya?

Untuk itu, pastikan kamu memiliki dana darurat – yang bisa digunakan dalam waktu mendesak. Ini bisa membantumu menutup kebutuhan tak terduga tanpa harus mengambil tabungan.

Itulah kelima tips perencanaan keuangan – sekaligus trik menabung untuk keluarga mudah! Apakah kamu sudah menerapkan cara tersebut?

 

 

Featured Image - ruangmom.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!