Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan yang wajar dan seringkali dialami banyak orang. Meski demikian, sariawan cukup mengganggu – terutama, ketika luka sariawan tersebut terkena makanan maupun minuman. Tentu saja tidak nyaman ya?

Penyebab sariawan pun bermacam-macam, mulai dari adanya kerusakan pada lapisan mulut – ini biasanya terjadi akibat bibir yang tergigit secara tidak sengaja. Atau bisa juga disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu – biasanya akibat makanan pedas.

Tetapi, yang paling sering diabaikan – yaitu, penyebab sariawan karena kekurangan nutrisi tertentu, salah satunya vitamin C. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dan, bagaimana cara agar kebutuhan vitamin C dapat terpenuhi – agar sariawan dapat dicegah?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Penyebab Sariawan, Bisa Karena Kekurangan Vitamin C

Credit Image - health.kompas.com

Vitamin C atau sering disebut sebagai asam askorbat – merupakan zat yang penting bagi tubuh. Kebutuhan vitamin ini wajib dipenuhi setiap hari, karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami.

Penyebab sariawan yang diakibatkan kekurangan vitamin C – termasuk salah satu tanda imunitas tubuh kamu sedang lemah. Kondisi ini bisa saja diawali dengan tubuh yang kekurangan vitamin C, kemudian imunitas melemah – dan sariawan pun timbul.

Tak hanya dapat mencegah timbulnya sariawan, tetapi vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen – zat yang juga penting untuk mendukung kesehatan gusi. Jika gusi sedang bermasalah, ini artinya produksi kolagen kurang maksimal. Dan, biasanya disebabkan tubuh yang kekurangan vitamin C.

 

Lalu, Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin C?

Credit Image - livekerala.com/

Vitamin C bisa kamu temui pada sejumlah sumber makanan. Dilansir dari Alo Dokter – buah yang mengandung vitamin C, yaitu jambu biji, jeruk, pepaya, dan stroberi. Sedangkan, kamu bisa temui vitamin C pada sayuran seperti brokoli, cabe merah, kembang kol, dan bayam.

Selain dari sumber makanan, kamu pun sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan vitamin C dari multivitamin, lho! Sebab, mengonsumsi sayur dan buah kaya akan vitamin C saja – belum tentu dapat penuhi kebutuhan hariannya.

Tapi, apakah ada multivitamin yang direkomendasikan? Tentu ada! Enervon-C merupakan pilihan yang tepat untukmu.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Lalu, kandungan Vitamin B Kompleksnya bisa mengoptimalkan proses metabolisme, jadi makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas! Jadi, tak perlu lagi khawatir sakit maupun mudah lelah akibat jadwal yang padat, nih.

Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C Effervescent – yang mengandung 1000 mg Vitamin C untuk perlindungan ekstra!

 

Penyebab Sariawan Lainnya, Perlu Kamu Perhatikan

Credit Image - halodoc.com

Selain kekurangan vitamin C – ada penyebab sariawan lainnya yang perlu kamu perhatikan, berikut ini di antaranya.

  • Adanya cedera atau kerusakan pada lapisan mulut. Biasanya terjadi karena lidah atau bibir tergigit ketika makan, gigi yang terlalu tajam, memakai kawat gigi, atau mengunyah makanan keras.
  • Kondisi medis tertentu, seperti kekurangan zat besi, sedang pilek, atau memiliki masalah kesehatan terkait mulut.
  • Penyebab sariawan juga bisa dikarenakan efek samping obat atau metode pengobatan tertentu.
  • Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, atau minuman tinggi kafein.
  • Adanya perubahan hormon. Dan sariawan juga bisa muncul ketika sedang gelisah dan stres.

Wah, sekarang kamu sudah tahu ya serba serbi mengenai penyebab sariawan – yang salah satunya diakibatkan oleh kekurangan vitamin C. Jadi, cukup jelas kalau memenuhi kebutuhan vitamin tersebut penting untuk jaga kesehatan tubuh secara keseluruhan!

 

 

Featured Image - rs-alirsyadsurabaya.co.id