Di masa pandemi, selain orang dewasa yang perlu memenuhi kebutuhan vitamin – untuk menjaga imunitas tubuh, anak-anak juga wajib melakukan hal yang sama. Vitamin termasuk nutrisi penting untuk optimalkan tumbuh kembangnya, sekaligus mempertahankan kekebalan tubuh.

Dari berbagai macam vitamin yang mesti dipenuhi – vitamin A jadi nutrisi yang terpenting. Dikenal sebagai nutrisi penunjang kesehatan mata, tetapi vitamin A memiliki manfaat baik lainnya, termasuk untuk imunitas tubuh, lho.

Lebih lanjut mengenai manfaat vitamin A untuk kekebalan tubuh anak, serta bagaimana cara untuk memenuhinya – yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

 

 

Vitamin A: Bantu Dukung Imunitas Anak

Credit Image - anhinternational.org

Layaknya vitamin C – ternyata vitamin A juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh anak, lho. Ini karena vitamin A mengandung antioksidan yang dapat menjadikan tubuh si kecil lebih tahan terhadap berbagai virus dan penyakit.

Dilansir dari IDN Times, vitamin A juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas anak – termasuk terhadap penyakit infeksi, seperti saluran pernapasan, diare, dan campak. Manfaat yang satu ini, tentu baik untuk menghindari si kecil dari infeksi virus corona ya.

Jadi, moms perlu mencukupi kebutuhan vitamin A agar fungsi kekebalan tubuh anak tidak menurun – dengan begitu, tingkat infeksi penyakit pun berkurang.

 

Dapat Dukung Pertumbuhan Anak

Credit Image - jovee.id

Selain dapat menjaga imunitas si kecil – vitamin A juga berperan penting dalam mendukung pertumbuhan anak. Tentu saja, pesatnya perkembangan anak perlu didukung dengan nutrisi lengkap dan cukup ya.

Vitamin A berpengaruh terhadap sintesis protein, sehingga ikut memengaruhi pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Di masa anak-anak, pertumbuhan setiap sel mengalami peningkatan yang pesat. Karena itulah, jika si kecil kekurangan vitamin A – pertumbuhannya bisa terhambat.

 

Bagaimana Cara Tepat Penuhi Kebutuhan Vitamin A Anak?

Credit Image - healthifyme.com

Vitamin A dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, di antaranya:

  • Wortel
  • Sayuran bewarna jingga, hijau gelap, dan merah tua. Seperti pokcoy, kale, bayam, seledri, selada, labu, dan paprika merah
  • Buah-buahan, seperti pepaya, jeruk bali, mangga, melon, aprikot, dan plum
  • Susu, keju, dan olahannya
  • Telur
  • Makanan laut, termasuk salmon, tuna, makarel, hering, dan minyak ikan kod

Selain dari sumber makanan di atas – moms dapat penuhi kebutuhan vitamin A anak dengan memberinya multivitamin lengkap, seperti Enervon C Plus Sirup, lho.

Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu si kecil tetap aktif selama masa pertumbuhan, memenuhi kebutuhan nutrisi, sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya.

Dari penjelasan di atas – sudah cukup jelas bahwa vitamin A penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan, sekaligus menjaga imunitas si kecil ya. Apakah moms sudah rutin berikan asupan vitamin A pada anak?

 

 

Featured Image - holistickenko.com

Source - idntimes.com