Apakah kamu sedang berminat untuk memiliki investasi? Kalau begitu, informasi yang satu ini nggak boleh dilewatkan nih! Biasanya, orang melakukan investasi – tak hanya untuk mengamankan uang, tetapi juga dapat menambahkan nilai mata uang di masa depan.

Umumnya, investasi dibagi menjadi dua tujuan – yaitu, investasi jangka panjang dan  investasi jangka pendek. Nah, kebanyakan investor cenderung lebih tertarik pada investasi jangka panjang, lho. Sebab, nilai uangnya terus mengalami kenaikan, sehingga bisa lebih untung.

Jika kamu tertarik melakukan investasi jangka panjang, tetap harus berhati-hati dalam memilihnya ya! Berikut ini ada lima jenis investasi jangka panjang – siapa tahu cocok untukmu.

Ini dia ulasan lengkapnya.

 

 

Emas: Investasi Paling Menguntungkan

Credit Image - ayosemarang.com

Sudah jadi rahasia umum – kalau emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan. Banyak yang merasa, berinvestasi emang lebih stabil dari nilai mata uang. Nggak heran ya – jika instrumen yang satu ini banyak dipilih para investor.

Berinvestasi emas juga terbilang mudah, lho – kamu hanya perlu membeli emas di toko pilihan, lalu simpan dengan baik barang tersebut. Tapi, tetap teliti ketika membelinya ya. Karena, ada saja oknum yang menawarkan emas palsu. Alih-alih untung, yang ada kamu jadi merugi!

 

Investasi Properti, Tak Kalah Menarik

Sekarang, investasi properti – baik dalam bentuk tanah maupun bangunan juga jadi pilihan para investor, lho. Instrumen ini sudah terbukti keuntungannya di masa depan. Sebab, harganya akan naik setiap tahun.

Jika dicermati dengan seksama, nilai investasi properti dapat mengalami peningkatan hingga 20 persen setiap tahunnya! Gimana nih, kamu makin tertarik nggak punya investasi jangka panjang satu ini?

 

Saham Bluechip: Pilihan Para Milenial

Credit Image - qoala.app

Saham, termasuk bluechip – merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan nih. Jadi, nggak heran kalau banyak investor yang memilih investasi saham – apalagi para milenial!

Saham bluechip merupakan jenis saham unggulan alias papan atas, yang masuk dengan angka kapitalisasi besar – biasanya di atas Rp 40 triliun. Umumnya, bluechip berasal dari perusahaan-perusahaan yang telah memiliki reputasi baik di bidangnya – serta memiliki pendapatan stabil dalam memberi dividen.

Tapi, sebelum memilih saham – pastikan kamu sudah mengenal analisis fundamental dan analisis teknikal ya!

 

Reksa Dana  – Investasi Populer Dikalangan Investor

Kamu pasti sudah tahu, kalau investasi reksa dana juga menjadi instrumen populer di kalangan para investor – termasuk milenial juga, lho. Karena, jenis investasi jangka panjang ini dapat dipilih sesuai tujuan keuangan masing-masing.

Ada 4 jenis reksa dana, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Sejumlah bentuk investasi tersebut – dapat kamu pertimbangkan kembali sesuai kebutuhan dan tujuannya ya.

 

Alternatif Lainnya, Pilih Tabungan Berjangka

Credit Image - belajarkeuangan.com

Jenis investasi jangka panjang lainnya – yang bisa dipilih, yaitu tabungan berjangka. Meski tidak sepopuler tabungan biasa, namun instrumen ini menawarkan keuntungan yang menggiurkan, lho.

Sesuai dengan namanya, tabungan berjangka akan memaksamu menabung secara rutin dalam waktu yang telah disetujui. Bedanya – instrumen ini memiliki bunga yang lebih tinggi. Namun, kamu baru bisa mencairkan tabungan sesuai persetujuan di awal.

Itulah kelima jenis investasi jangka panjang – yang bisa berikan keuntungan di masa mendatang. Kamu tertarik dengan instrumen yang mana nih?

 

 

Featured Image - bareksa.com