Apakah kamu pernah merasakan badan lemas dan kekurangan energi – meskipun sudah tidur cukup? Hati-hati, bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh berbagai faktor berikut ini! Penasaran apa saja penyebab badan lemas? Baca ulasan lengkapnya sampai habis ya!

 

 

Tidak hanya akibat kurang tidur – maupun asupan gizi yang kurang tepat, namun badan lemas juga dapat disebabkan oleh kebiasaan harian kamu, lho. Tentu saja, sejumlah kebiasaan ini tidak baik untuk tubuhmu.

Dilansir dari Detik, berikut ini lima penyebab badan lemas – yang kerap kali dilakukan sehari-hari.

 

Kurang Asupan Protein

Credit Image - readersdigest.com.au

Tanpa disadari – kekurangan asupan protein dapat membuat badan lebih mudah lemas, lho. Tak jarang, banyak orang yang justru menghindari protein karena takut gemuk – padahal, asupan yang satu ini sangat penting. Tak lain karena protein dapat memberi energi buat tubuh.

Sebaiknya pilih protein sehat – seperti daging merah tanpa lemak, ikan, dan telur. Sejumlah makanan ini memiliki peran penting dalam pembentukan otot dan tulang.

 

Konsumsi Karbohidrat Terlalu Sedikit

Seperti diketahui, karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Oleh karena itu, karbohidrat – tidak boleh dihindari ya! Tapi, konsumsi lah dengan bijak – seperti memiliki sumber karbohidrat sehat, termasuk nasi merah atau roti gandum.

 

Asupan Kafein yang Berlebihan

Credit Image - health.kompas.com

Konsumsi kafein yang terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan badan lemas nih. Kafein dari teh maupun kopi – memang dapat membuat tubuhmu lebih bertenaga, namun efeknya hanya sementara saja.

Jika terlalu banyak dikonsumsi pun kafein justru membuat tubuh mudah lemas. Jika kamu tetap ingin mengonsumsinya – pastikan tidak diminum lebih dari 2 cangkir teh maupun kopi setiap harinya, sehingga kafein tidak mengganggu waktu tidurmu.

 

Jarang Berolahraga

Nah, kurang aktif bergerak maupun jarang berolahraga – juga bisa menyebabkan badan lemas, lho. Mengapa demikian? Ketika jarang bergerak – sirkulasi darah pun ikut terganggu. Hal ini membuat organ-organ tubuh kurang mendapat pasokan oksigen.

Kalau sudah begini, tidak heran kalau badan lemas – sering dialami.

 

Alami Dehidrasi

Credit Image - tirto.id

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh penting, lho – agar tubuh dapat menyalurkan nutrisi dan oksigen melalui darah. Kalau kekurangan cairan alias dehidrasi, badan lemas pun akan sering dirasakan. Jadi, jangan lupa – selalu penuhi kebutuhan air sesuai kebutuhan dan berat badan ya!

 

Bagaimana Cara Atasi Badan Lemas?

Jika kamu sedang mengalami masalah badan gampang lemas – tak perlu khawatir ya. Ada berbagai hal sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, seperti:

  • Konsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung vitamin B kompleks. Perlu diketahui – vitamin B kompleks merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukan energi.
  • Batasi konsumsi kafein.
  • Selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Rutin berolahraga.
  • Dan, selalu cukupi kebutuhan tidur!

Yang juga bisa kamu lakukan, yaitu rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – sejumlah vitamin ini dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuhmu bisa mengolah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi soal tubuh yang mudah lelah. Jadi, kamu pun bisa lebih produktif dalam beraktivitas, nih.

Selain itu, yang sudah pasti – Enervon-C juga dapat membantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tak mudah sakit ya! Kalau yang ini tentu berkat kandungan Vitamin C.

Wah, bagaimana nih? Kalau kamu sedang alami badan lemas – mungkin disebabkan oleh salah satu faktor di atas. Yuk, segera atasi – agar aktivitas harianmu tidak terganggu.

 

 

Featured Image - klikdokter.com