Di masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan tubuh tetap prima, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit merupakan hal yang penting dilakukan. Jika tubuh sudah dalam kondisi fit, maka sistem daya tahan tubuh pun semakin kuat dalam menghalau patogen berbahaya, tak terkecuali virus corona yang masih terus mewabah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa dilakukan sebagai berbagai cara sederhana, namun yang tidak kalah pentingnya, yaitu memenuhi kebutuhan vitamin, termasuk vitamin B kompleks. Jangan salah, vitamin ini juga berperan besar dalam mempertahankan imunitas tubuh, lho. Nah, agar maksimal, pastikan kamu menerapkan kebiasaan sehat lainnya, seperti memiliki pola makan seimbang, serta rutin berolahraga.

Sebagian darimu mungkin sudah familiar kalau vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin B yang memiliki manfaat masing-masing. Kandungan vitamin B kompleks ini juga bisa ditemukan dalam multivitamin Enervon-C, lho.

Enervon-C memiliki kandungan vitamin B kompleks, berupa vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, serta niacinamide – atau vitamin B3, dan kalsium pantotenat yang juga dikenal sebagai vitamin B5. Nah, sejumlah vitamin ini juga banyak terkandung dalam berbagai macam makanan, ya.

Lantas, apa saja ya makanan yang punya kandungan vitamin B kompleks – yang setara dengan kandungannya di dalam multivitamin Enervon-C? Tanpa perlu berlama-lama, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini. Jangan sampai ada informasi yang terlewat ya, Enervoners!

 

 

1. Vitamin B1 – Thiamin

Credit Image - doktersehat.com

Vitamin B kompleks yang pertama, yaitu vitamin B1 – atau bernama lain thiamin. Vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, lho. Untuk itu, mendapat asupannya dari sumber makanan sehat, maupun rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C sangat penting dilakukan secara rutin.

Hal tersebut tak terkecuali mendapatkan asupan Vitamin B1 alias Thiamin. Sudah pasti, vitamin yang satu ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tak sampai situ – Vitamin B1 juga dapat menjaga fungsi otak dan jantung, sehingga tetap dalam keadaan sehat. Dan, vitamin ini berperan dalam proses metabolisme tubuh.

Selain itu, vitamin B kompleks yang satu ini juga berperan untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, serta mencegah risiko katarak – yang mungkin terjadi di kemudian hari. Bahkan, vitamin ini juga disebut dapat membantu meredakan stres, sehingga suasana hati menjadi lebih baik lagi.

Ada pun berbagai sumber makanan yang setara dengan kandungan vitamin ini di dalam Enervon-C, yaitu gandum utuh, sereal, pasta, kerang, biji-bijian, dan kacang kedelai. Biar makin maksimal, pastikan kamu juga rutin minum Enervon-C dua kali sehari, ya!

 

2. Vitamin B2 – Riboflavin

Selanjutnya, ada pula vitamin B2 atau riboflavin yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin B kompleks yang satu ini disebut dapat melindungi tubuh dari sejumlah penyakit berbahaya, seperti kanker atau katarak. Selain itu, vitamin B2 juga berperan dalam membantu metabolisme makanan – kemudian diubah menjadi energi, lho.

Vitamin B kompleks ini juga mampu memelihara kesehatan kulit, mata, dan juga sistem saraf. Jadi, bisa disimpulkan bahwa vitamin B2 wajib dipenuhi setiap harinya – sehingga fungsi tubuh dapat berjalan secara optimal.

Untuk sumber makanan yang setara dengan kandungan vitamin B2 di dalam Enervon-C, yaitu oatmeal, susu dan produk olahannya, jamur, dan kacang almond. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, sekaligus rutin minum Enervon-C – dijamin, asupan vitamin B2 bisa terpenuhi dengan baik!

 

3. Vitamin B3 – Niacinamide

Credit Image - jovee.id/

Vitamin B3 – atau disebut juga sebagai niacinamide berperan untuk membantu proses metabolisme, yang berkaitan dengan pembentukan energi dalam tubuh. Di sini, niasin akan mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan demikian, kamu pun tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas harian, ya.

Jika kekurangan niasin, tubuh pun bakal kekurangan bahan bakar, lho. Wah, apa yang bisa terjadi? Kekurangan bahan bakar tubuh – alias kurang energi dapat membuatmu mudah lemas dan tubuh tidak memiliki tenaga.

Selain itu, vitamin B kompleks yang satu ini juga dapat membantu mengendalikan kadar kolestrol, mengurangi risiko diabetes, serta meningkatkan fungsi otak, lho. Nah, makanan yang setara dengan kandungan vitamin B3 dalam Enervon-C, bisa kamu temui dalam kentang, kacang hijau, beras merah, gandum utuh, jamur, alpukat, daging merah dan daging ayam, dan juga telur.

 

4. Vitamin B5 – Kalsium Pantotenat

Vitamin B kompleks yang satu ini berperan untuk membantu tubuh memecah karbohidrat, protein, dan juga lemak. Hal tersebut pun berkaitan dengan pembentukan energi – yang tentunya diperlukan sebagai bahan bakar dalam melakukan berbagai aktivitas. Selain itu, vitamin B5 juga berperan dalam pelepasan hormon adrenal, serta berperan dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, lho.

Tak berhenti sampai situ saja, vitamin B5 mampu menjaga kesehatan jantung, serta dapat memelihara kesehatan kulitmu. Vitamin B5 bisa kamu temui pada berbagai sumber makanan, seperti brokoli, ubi, kentang, jamur, telur, produk susu, kubis, dan daging.

 

5. Vitamin B6 – Pyridoxine

Credit Image - wanita22.com

Ada pula Vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin B kompleks yang satu ini akan membantu tubuh dalam memproduksi antibodi, serta sel darah putih – yang dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Selain itu, Vitamin B6 akan meningkatkan produksi sel darah merah, sekaligus daya ikat hemoglobin pada oksigen dalam darah. Hal tersebut pun dapat membantu menjaga kadar saturasi oksigen – mengingat, Covid-19 bisa mempengaruhi kadar oksigen dalam tubuh. Bahkan, vitamin B6 juga dapat mengontrol kadar homosistein dalam darah. Kemudian, dibutuhkan untuk menyerap Vitamin B12, lho.

Nah, vitamin B6 yang setara dengan kandungannya di dalam Enervon-C bisa ditemui pada ikan, hati sapi, kentang, kacang ayam, kacang-kacangan, buah-buahan non-sitrus, alpukat, pepaya, pisang, dan beberapa sayuran hijau.

 

6. Vitamin B12 – Kobalamin

Yang terakhir, ada kandungan vitamin B12 – atau kobalamin yang terdapat dalam multivitamin Enervon-C. Vitamin B kompleks ini dapat membantu pembentukan protein, sel darah, dan jaringan dalam tubuh – yang juga berpengaruh terhadap kondisi sistem kekebalan.

Selain itu, vitamin B12 juga memiliki peran dalam membantu proses metabolisme makanan, sehingga dapat diubah menjadi sumber energi. Dalam kata lain, vitamin B kompleks yang satu ini bisa membantu tubuhmu agar tidak mudah lemas, atau kekurangan tenaga ketika melakukan aktivitas harian.

Dan, Vitamin B12 pun memiliki peran besar dalam metabolisme secara keseluruhan. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, maka dapat berdampak pada penurunan respons imun, terutama ketika sedang terinfeksi virus.

Ada pun makanan yang kaya akan vitamin B12, serta setara dengan kandungannya di dalam multivitamin Enervon-C, seperti kerang, hati sapi, ikan salmon, susu dan produk olahannya, serta yogurt.

Agar tubuh bisa memperoleh asupan vitamin B kompleks secara maksimal, pastikan kamu mengonsumsi multivitamin Enervon-C secara rutin, ya. Multivitamin ini mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Mengonsumsi multivitamin dari Enervon setiap harinya aman dilakukan kok. Karena, zat yang ada di dalamnya bersifat larut air, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Kemudian, sisa zat yang tak diperlukan akan dikeluarkan melalui urin.

 

Nah, itulah berbagai jenis makanan yang setara dengan kandungan vitamin B kompleks di dalam multivitamin Enervon-C. Jadi, penuhi kebutuhan vitamin B setiap hari agar fungsi tubuh bisa berjalan dengan maksimal, ya!

 

 

Featured Image - diabetes.org