Makin maraknya kasus Covid-19 – ditambah mutasi varian baru yang telah masuk ke Indonesia, tentu membuat masyarakat makin khawatir. Perlu diketahui, varian corona B117 lebih mudah menular dan bisa menyebabkan kondisi yang lebih berisiko, dibanding strain corona asli.

Untuk itu, penting bagimu untuk tetap waspada – dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, pastikan kamu sudah mengonsumsi makanan bergizi seimbang – yang berperan penting untuk mempertahankan imunitas tubuh. Ya, kamu pun pasti sudah tahu bahwa kekebalan dapat melindungi tubuh dari ancaman virus.

Dikutip dari Healthline, berikut empat makanan yang dapat bantu meningkatkan imunitas – wajib kamu konsumsi secara rutin ya!

 

 

Buah Citrus

Credit Image - haibunda.com

Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C – nutrisi penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang memiliki peran untuk melawan infeksi.

Adapun beberapa buah citrus yang paling mudah ditemukan, yaitu jeruk, lemon, dan anggur – sejumlah buah ini kaya akan vitamin C, lho.

 

Paprika

Siapa sangka, kalau paprika memiliki kandungan vitamin C – bahkan, tiga kali lebih tinggi dari buah citrus! Paprika mengandung 127 mg vitamin C, sementara golongan buah citrus – rata-rata hanya mengandung 45 mg vitamin C.

Nah, tak hanya vitamin C saja – tapi, paprika juga kaya akan beta karoten yang bisa dikonversi tubuh menjadi vitamin A. Tidak perlu diragukan, vitamin A juga memiliki peran penting terhadap imunitas tubuh, serta baik untuk kesehatan kulit dan mata.

 

Brokoli

Credit Image - snaped.fns.usda.gov

Sayur hijau yang satu ini juga terkenal akan berbagai kandungan baiknya – seperti vitamin A, C, E, serat, dan antioksidan. Jadi, tidak heran kalau brokoli sering dianggap sebagai salah satu sayur yang paling menyehatkan.

Agar manfaatnya semakin terasa, kamu disarankan memasak brokoli dalam waktu singkat saja. Atau, bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah juga, lho.

 

Bayam

Selain kaya akan vitamin C, bayam juga kaya akan antioksidan dan beta karoten – yang dapat membantu tubuh melawan infeksi, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Mirip dengan brokoli, manfaat bayam dapat dirasakan jika hanya dimasak dalam waktu singkat, sehingga kandungan nutrisinya tidak hilang.

Nah, mengonsumsi sejumlah makanan di atas memang penting – tapi, kamu juga perlu mengoptimalkannya dengan rutin minum multivitamin, agar daya tahan tubuh semakin terjaga! Tapi, multivitamin apa yang disarankan?

Kamu dapat meminum Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Selama pandemi, yuk selalu terapkan protokol kesehatan – serta terapkan pola hidup sehat yang dapat bantu menjaga imunitas tubuhmu!

 

 

Featured Image - epicurious.com

Source - detik.com