Mengenal 3 Peran Penting Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

Mengenal 3 Peran Penting Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

font size A Ǎ

Menjadi orangtua memang bukan peran yang mudah dilakukan. Tugas orangtua dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak – tentu, sangat dibutuhkan ya? Ini juga termasuk peran dalam membantu pendidikan anak.

Moms, pasti sudah mengetahui bahwa orangtua merupakan pendidik pertama dan utama – dalam lingkup keluarga. Mengingat, anak hidup di era modern dan serba digital, pendidikan anak yang baik berlaku sebagai pondasi utama tumbuh kembangnya.

Setidaknya, ada tiga peran orangtua dalam pendidikan si kecil – yang penting dijalani nih, moms. Dilansir dari Kompas, berikut tugas orangtua yang wajib diketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

 

 

Trainer: Peran Pertama Orangtua Dalam Pendidikan Anak

Mengenal 3 Peran Penting Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

Credit Image - pintek.id

Dalam bahasa umum, trainer merupakan orang yang memberikan pelatihan, baik berupa pengetahuan maupun keterampilan. Peran ini juga berlaku bagi orangtua dalam mendidik anak, terlebih di usia 1-7 tahun.

Jenjang usia tersebut adalah waktu yang tepat untuk memberikan pondasi kehidupan – dalam bentuk wawasan dan keterampilan dasar. Hal ini juga meliputi pengetahuan mengenai tata krama, perilaku, normal dan nilai-nilai baik serta buruk. Jadi, moms perlu memberi detail akan sejumlah hal mendasar tersebut ya.

 

Orangtua Berlaku Sebagai Coach

Coach, yaitu seseorang yang membantu orang lain dalam mencapai tujuannya, termasuk dengan memaksimalkan potensi diri. Pelatih akan mengajukan sejumlah pertanyaan, sebagai sarana untuk mencapai tujuan tertentu. Nah, dalam pendidikan anak, orangtua juga berperan sebagai coach.

Dalam perannya sebagai pelatih – orangtua perlu menerapkannya ketika anak berusia 8-21 tahun. Namun, sejatinya peran ini tetap bisa diterapkan dalam usia berapapun kok.

Maksimalkan potensi dalam diri anak. Hal ini pasti dapat membantu si kecil dalam mencapai tujuannya. Agar maksimal, moms harus mengetahui dan menggali bakat yang dimiliki anak terlebih dahulu ya. Cara ini sangat efektif dalam bantu perkembangan, sekaligus dalam hal pendidikan anak.

 

Terapis, Juga Termasuk Peran Orangtua

Mengenal 3 Peran Penting Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

Credit Image - aura.tabloidbintang.com

Tak selalu negatif, peran terapis pada orangtua – juga dapat membantu pendidikan anak. Di sini, orangtua berindak memberikan dukungan ketika sang anak merasa kurang percaya diri, malas, maupun gugup di sekolahnya.

Dalam menjalani peran ini, orangtua harus mampu melakukan segala hal – agar anak semakin maju dan berkembang. Selain itu, peran terapis juga berlaku ketika anak beranjak remaja, biasanya ia mulai labil dan mencari identitas diri.

Atau, ketika anak mulai merasakan kesulitan dengan pelajaran tertentu – umumnya, anak mulai malas sekolah. Nah, orangtua perlu memberi dukungan untuk mengembalikan semangat dan motivasi sang anak.

Menjalani ketiga peran tersebut agar pendidikan anak makin maksimal, memang perlu dilakukan orangtua. Untuk mengimbanginya, moms juga harus berikan asupan nutrisi serta vitamin lengkap – untuk maksimalkan pertumbuhan anak.

Selain memberi makanan bergizi, kamu dianjurkan memberi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin andalan untuk anak ini memiliki sejumlah vitamin baik, mulai dari Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil, memenuhi kebutuhan nutrisi, sekalius mengoptimalkan proses pertumbuhannya.

Dari penjelasan di atas, apakah moms sudah menerapkan ketiga peran tersebut?

 

 

Featured Image - clobas.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!