Olahraga Virtual Sering Diikuti Selama Pandemi, Ini 3 Kesalahan yang Harus Dihindari

Olahraga Virtual Sering Diikuti Selama Pandemi, Ini 3 Kesalahan yang Harus Dihindari

font size A Ǎ

Siapa di sini yang suka melakukan olahraga virtual di masa pandemi? Yup, kegiatan yang satu ini memang jadi aktivitas favorit – selain dapat menyehatkan badan, olahraga virtual dapat bantu menghilangkan bosan, lho.

Walaupun terbilang aman, karena dilakukan di rumah – namun, tanpa adanya kehadiran instruktur langsung, banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat olahraga virtual, bahkan sampai mengalami cedera.

Ada beberapa gerakan yang mungkin mudah dilakukan, tapi ada pula gerakan yang memerlukan perhatian ekstra. Sebab, jika dilakukan secara tidak benar – sejumlah gerakan ini bisa menimbulkan risiko cedera.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini tiga gerakan yang kerap salah ketika mengikuti olahraga virtual. Yuk, simak sampai habis – biar kamu tak melakukan kesalahan yang sama!

 

 

Terlihat Mudah, Tapi Lunges Ternyata Cukup Rumit

Olahraga Virtual Sering Diikuti Selama Pandemi, Ini 3 Kesalahan yang Harus Dihindari

Credit Image - runnersworld.com

Mempertahankan bentuk yang tepat dalam posisi lunges memang merupakan hal yang cukup rumit ya. Pada dasarnya, lunges dilakukan dengan berdiri dan menekuk salah satu kaki – hingga 90 derajat ke depan, sementara kaki lainnya memanjang ke belakang.

Mungkin kamu sering tak menyadari, bahwa kamu tidak membuat sudut 90 derajat tersebut, lho. Bahkan, banyak pula yang justru mencondongkan tubuh ke depan. Hati-hati posisi ini rentan memicu rasa nyeri!

Sebaiknya, coba lakukan posisi lunges di depan kaca besar. Perhatikan melalui cermin dan pastikan kaki sudah menekuk hingga 90 derajat, dengan menjaga lutut tetap sejajar dengan paha ya.

 

Bicep Curl, Gerakan Sederhana Tapi Tricky

Olahraga Virtual Sering Diikuti Selama Pandemi, Ini 3 Kesalahan yang Harus Dihindari

Credit Image - transparentlabs.com

Meski terlihat sederhana, tetapi gerakan ini cukup tricky, lho. Seharusnya, bicep curl lebih berfokus pada bentuk, daripada jumlah beban yang diangkat. Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari kesalahan ini.

Bicep curl merupakan gerakan kedua tangan sembari memegang alat bantu, seperti barbel, kemudian digerakkan naik dan turun sambil menekuk siku. Tapi, kesalahan masih sering terjadi nih! Banyak yang justru mendorong tubuhnya ke belakangan saat mengangkat barbell.

Bahkan, beberapa orang menggerakan pinggulnya seiring bergeraknya tangan. Wah, hal ini dapat memicu cedera! Jadi, kamu hanya boleh menggerakan tangan saja ya, bagian tubuh lainnya harus dalam posisi diam.

 

Plank: Masih Banyak yang Salah Dalam Melakukannya, Lho!

Olahraga Virtual Sering Diikuti Selama Pandemi, Ini 3 Kesalahan yang Harus Dihindari

Credit Image - hipwee.com

Terakhir, yaitu plank – gerakan olahraga paling umum, namun masih banyak yang sering membuat kesalahan dalam melakukannya, lho. Banyak orang yang membungkukkan perut ke bawah atau melengkungkan punggung – posisi ini bisa menyebabkan cedera!

Untuk melakukan plank dengan tepat, pastikan tubuh berada dalam posisi horizontal. Tekan tangan ketika mengangkat tubuh – gunakan jari kaki. Kemudian, tekan bagian bokong hingga sejajar dengan bahu.

Nah, itulah ketiga gerakan yang sering salah dilakukan – ketika olahraga virtual. Kalau kamu, sudah benar belum melakukan ketiganya?

 

 

Featured Image - simplemost.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!