Apakah belakangan waktu terakhir ini kamu merasa badan lemas dan tidak bertenaga? Wah, bisa jadi disebabkan oleh kekurangan beberapa asupan vitamin dan mineral, lho. Lebih tepatnya, vitamin B kompleks serta zinc – yang memiliki peran besar terhadap pembentukan energi.

Memiliki aktivitas padat memang sering membuat badan lemas, tapi kondisi ini mesti segera diatasi ya! Caranya, dengan memenuhi kebutuhan kedua vitamin dan mineral tersebut.

Untuk vitamin B kompleks – sejatinya, terdiri dari 8 jenis vitamin, meski demikian ada tiga macam yang punya peran terbesar dalam mengatasi badan lemas. Jadi, apa saja jenis vitamin dan mineral tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya, Enervoners!

 

 

Vitamin B1: Berperan Hasilkan Energi

Credit Image - p21.com.au

Yang pertama, vitamin B1 alias Thiamin – yang memiliki peran penting dalam menghasilkan energi. Di sini, vitamin B1 akan mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi untuk tubuh.

Selain itu, vitamin B1 juga dapat menjaga kesehatan sistem saraf tubuh, lho. Jadi, kalau kamu kekurangan vitamin ini – tak heran badan gampang lemas, mudah tersinggung, mengalami gangguan daya ingat, hingga alami kesulitan tidur, lho!

 

Vitamin B12, Penting Untuk Atasi Badan Lemas

Kemudian, ada vitamin B12 – juga penting dipenuhi untuk mengurangi risiko badan mudah lemas, atau pun mengatasi kondisi tersebut. Tak hanya itu, vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan sel darah merah, serta menjaga kesehatan sistem saraf.

Kebutuhan vitamin B12, tentu berbeda-beda setiap usianya. Tapi, untuk penuhi kebutuhannya secara baik – kamu bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu, serta dibarengi dengan menerapkan gaya hidup sehat lainnya.

 

Zinc

Credit Image - jovee.id

Tahukah kamu bahwa masalah badan lemas dapat diatasi dengan asupan zinc? Ya, mineral ini merupakan salah satu zat gizi mikro – yang berfungsi dalam reaksi metabolisme tubuh, sehingga energi dapat terbentuk.

Zinc juga sangat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh – dan menangkal berbagai radikal bebas. Kalau yang ini, berkaitan dengan fungsi utama zinc sebagai antioksidan, ya.

 

Bagaimana Cara Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Tersebut?

Vitamin B kompleks dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan tertentu, seperti daging merah, produk susu dan olahannya, hati sapi, ikan salmon, telur, ayam, atau biji-bijian.

Untuk zinc – kamu dapat konsumsi berbagai sumber makanan, seperti daging merah tanpa lemak, seafood, daging ayam, biji-bijian, yogurt, kentang, dan cokelat hitam.

Tapi, agar semakin optimal – kamu dapat penuhi kebutuhan vitamin B kompleks dan zinc secara mudah, yaitu rutin mengonsumsi multivitamin, lho! Nah, kamu direkomendasikan minum Enervon-C atau Enervon Active, ya.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu, sekaligus optimalkan proses metabolisme! Jadi, tak usah khawatir badan jadi mudah lemas, nih.

Untukmu yang punya aktivitas padat, boleh konsumsi Enervon Active, ya. Multivitamin yang satu ini mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu imun tubuh, sekaligus menjaga stamina!

Jadi, kalau kamu punya masalah badan lemas dan terasa tak bertenaga – bisa segera atasi dengan rutin memenuhi vitamin dan mineral di atas, ya.

 

 

Featured Image - klikdokter.com