Pandemi Covid-19 memang memaksa banyak pihak untuk menghadapi situasi dan kondisi yang sulit – tak terkecuali bagi orangtua. Sebab, segala kegiatan jadi lebih sering dilakukan di rumah, mulai dari urusan pekerjaan, sampai sekolah anak.

Tak heran, kalau situasi seperti ini – seringkali menyebabkan stres dan kelelahan pada orangtua. Kondisi ini juga disebut sebagai parental burnout. Apakah kamu juga sedang merasakan hal seperti ini? Wah, parental burnout mesti segera di atasi, agar tidak terjadi hubungan emosional negatif dengan anak.

Berikut ini sejumlah hal terkait parental burnout dan cara tepat untuk mengatasinya. Yuk, simak ulasannya sampai habis ya!

 

 

Apa Itu Parental Burnout?

Credit Image - sehatq.com

Dilansir dari Pop Mama, parental burnout merupakan rasa lelah yang dialami oleh orangtua dalam menjalani pengasuhan pada anak. Kondisi lelah ini sangat intens – sehingga, orangtua pun merasa lebih jauh secara emosional dengan si kecil. Bahkan, tak jarang yang merasa ragu terhadap perannya sebagai orangtua, lho.

 

Karakteristik Parental Burnout

Terkadang, sulit bagi orangtua untuk menyadari – apakah sedang mengalami parental burnout atau hanya sekedar stres pada umumnya. Nah, untuk itu, kamu wajib mengetahui tanda yang biasanya ditimbulkan – ketika alami kondisi ini ya.

Kalau kamu sudah merasakan lelah secara fisik dan mental, ini merupakan salah satu tanda bahwa sedang mengalami parental burnout. Selain itu, kesulitan menemukan kebahagiaan saat mengasuh anak – juga jadi indikasi kondisi ini, lho.

 

Efek yang Dapat Ditimbulkan

Credit Image - alodokter.com

Kondisi parental burnout tentu dapat menimbulkan berbagai efek buruk. Seperti merasa jauh secara emosional dengan anak, hingga meragukan kemampuan diri sendiri dalam urusan pola asuh. Jadi, rasa tidak nyaman – menyebabkanmu menjauhkan diri dari anak.

Selain itu, kamu mungkin merasa ragu akan kemampuan diri sendiri dalam soal pola asuh – nah, pada dampak ini, mungkin terasa segala sesuatu yang dilakukan terasa tidak sempurna. Akhirnya, kamu bisa saja menyalahkan diri sendiri!

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Parental burnout adalah rasa lelah yang timbul secara fisik dan mental – dalam soal pengasuhan. Jadi, perlu diketahui bahwa salah satu cara mengatasinya, yaitu melakukan manajemen emosi harian dengan cara berikut ini.

  • Mengatur rutinitas harian
  • Menjaga gaya hidup, seperti memerhatikan asupan makanan, karena 90 persen hormon kecemasan berasal dari usus
  • Latihan menyadari emosi yang sering membuatmu reaktif
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri dan lakukan kegiatan yang disukai
  • Perkuat support system yang positif

Nah, itulah berbagai informasi mengenai parental burnout – dan cara mengatasinya. Apakah kamu pernah alami kondisi tersebut? Atau bahkan sedang mengalaminya? Yuk, tangani dengan langkah yang tepat ya!

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - popmama.com