Sudah satu tahun lamanya pandemi Covid-19 berlangsung, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan berakhir. Dari berbagai cara yang ditempuh untuk mengendalikan pandemi – herd immunity menjadi langkah yang sedang gencar dilakukan.

Dalam sebuah permodelan data, butuh sekitar 180 juta orang di Indonesia – untuk mendapatkan kekebalan Covid-19 agar bisa membentuk herd immunity. Dengan terbentuknya kekebalan kelompok, diharapkan dapat memutus rantai penularan virus.

 

 

Herd Immunity: Bagaimana Cara Membentuknya?

Credit Image - news.detik.com

Ada beragam cara untuk membentuk kekebalan terhadap Covid-19. Pertama, yaitu mengonsumsi makanan sehat dan vitamin – ini merupakan cara sederhana, namun efektif dalam membentuk kekebalan.

Selanjutnya, yaitu dengan membiarkan suatu populasi terkena virus tersebut – sehingga, antibodi alami pun dapat terbentuk. Dan terakhir, cara yang paling baik untuk membentuk herd immunity, yaitu dengan vaksinasi.

 

Vaksin, Cara Baik Membentuk Kekebalan

Credit Image - zurich.co.id

Dapat dikatakan – vaksin menjadi harapan utama agar herd immunity tercapai. Sehingga, penyebaran virus dapat dihentikan segera. Melakukan vaksinasi ke banyak orang – sedang diupayakan oleh berbagai pihak.  Para ahli memperkirakan bahwa 70 hingga 90 persen orang mungkin perlu kebal terhadap virus untuk mencapai kekebalan kelompok.

Meski demikian, orang yang telah diberi vaksin pun masih bisa menyebarkan virus corona. Untuk itu, masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

 

Protokol Kesehatan: Tetap Dilakukan Meski Sudah Vaksin

Credit Image - wolipop.detik.com

Protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari keramaian – masih harus diterapkan, hingga nanti sudah terbukti kondisi pandemi telah terkendali.

Selain itu, hidup sehat juga harus tetap dijalani agar imunitas tubuh tetap kuat. Adapun berbagai kebiasaan hidup sehat yang bisa diterapkan, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Istirahat yang cukup, setidaknya tidur selama 7-8 jam semalam
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Lengkapi dengan rutin mengonsumsi multivitamin

Kamu bisa minum multivitamin lengkap, seperti Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Lalu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dapat bantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi yang lebih tahan lama.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memberi perlindungan ekstra.

Itulah ulasan mengenai cara membentuk – serta waktu terbentuknya herd immunity. Selama pandemi, pastikan kamu menerapkan protokol kesehatan dan jaga kesehatan tubuh ya!

 

 

Featured Image - news.harvard.edu

Source - detik.com