Kata investasi sepertinya sudah nggak lagi asing terdengar ya. Mengingat, hampir seluruh kalangan – bahkan usia, semakin tertarik untuk menjalani kegiatan yang menguntungkan ini. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Untuk kamu yang sudah berkecimpung di dunia investasi saham – pasti sudah memahami berbagai istilah yang ada, misalnya saham blue chip atau LQ45. Keduanya memang sering dianggap sama, namun ternyata berbeda, lho.

Disebut-sebut, kategori saham blue chip terbilang relatif aman – apalagi, untuk para pemula. Jadi, untuk para pemula – atau yang masih cukup awam sama dunia investasi, saham yang satu ini bisa jadi pilihan serasi.

Nah, biar makin memahami soal saham blue chip dan tak lagi ragu dalam memilihnya – berikut ini sejumlah informasi yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak ulasannya sampai habis ya, Enervoners!

 

 

Apa Itu Saham Blue Chip?

Credit Image - internationalinvestorclub.com

Saham blue chip merupakan saham yang dimiliki oleh perusahaan – dan memiliki kualitas saham yang sudah terjamin. Perusahaan yang memiliki saham tersebut, biasanya merupakan pemimpin pasar, dan sudah dianggap capable dalam menjalani usahanya.

Selain itu, saham yang masuk dalam kategori blue chip juga dikenal memiliki track-record yang konsisten – jadi, cocok dijadikan sebagai pilihan, terutama untukmu yang ingin investasi saham dalam jangka panjang.

Dengan klaim kualitas terjamin dan performa konsisten – tak heran ya kalau blue chip jadi kategori investasi saham yang paling diminati. Wah, apakah kamu mulai berminat melakukan investasi ini?

 

Saham Blue Chip dan Berbagai Keuntungannya

Credit Image - digitaldefynd.com

Setiap orang yang melakukan investasi saham, pasti ingin mendapat keuntungan yang tinggi. Setuju kan? Nah, hal ini ternyata bisa diperoleh dengan berinvestasi dalam saham blue chip, lho. Saham ini terbilang lebih stabil dalam menghadapi dinamika pasar. Jadi, risiko harga saham turun drastis alias rugi – bisa dihindari.

Meski punya hanya beli yang terbilang cukup tinggi, tapi saham blue chip punya kemungkinan harga jual yang semakin tinggi juga. Untuk keuntungan yang satu ini – baru bisa terasa hasilnya, ketika kamu investasi saham dalam jangka panjang ya.

Saham blue chip masih punya keuntungan lainnya nih, seperti perusahaan pemilik saham akan memberi dividen yang rutin dan pasti. Dijamin bikin makin tertarik untuk investasi ya!

 

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Blue Chip dengan LQ45

Credit Image - idxchannel.okezone.com

Selain saham blue chip, ada pula LQ45. Sering dianggap hal yang sama, tetapi kedua jenis saham tersebut memiliki perbedaan. Sebenarnya, tidak semua saham LQ45 bisa disebut sebagai blue chip. Umumnya, blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar, serta sudah menjadi market leader di bidangnya.

Hal lainnya yang perlu diketahui, saham blue chip juga relatif lebih lama berada di pasar modal dan perusahaan terkait. Apalagi, kalau saham tersebut sudah mengalami peningkatan keuntungan dan perkembangan yang signifikan.

Saham blue chip juga punya karakterisik unik lainnya, seperti rasio utang dan aset yang stabil. Misalnya, blue chip yang ada di sektor perbankan, umumnya memiliki Debt to Equity Ratio yang tidak lebih dari 15 persen.

Nah, saham yang termasuk dalam kategori blue chip juga terbilang konsisten – termasuk dalam urusan membagi dividen kepada para investornya. Yang tidak kalah menarik – saham ini punya kinerja solid, jadi hanya dimiliki oleh perusahaan yang dapat meraih laba rutin tiap tahunnya.

Gimana nih? Dari ulasan investasi saham blue chip di atas – kategori yang satu ini memang tergolong cukup aman dan menguntungkan ya. Apakah kamu makin tertarik berinvestasi saham blue chip?

 

 

Featured Image - qoala.app