6 Tips Memburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah

TAGS :
font size A Ǎ

Seringkali kita kesulitan mendapatkan harga yang masuk akal ketika akan membeli tiket pesawat domestik. Hasilnya, banyak orang yang akhirnya mengurungkan niat mereka untuk berpergian di dalam negeri atau sekedar pulang ke kampung halaman.

Meskipun begitu, masih ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat domestik yang murah. Diantaranya seperti:

1. Cari banyak referensi website atau aplikasi pencarian penerbangan

6 Tips Memburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah

Credit: Hipwee

Jaman sekarang sudah ada banyak website atau aplikasi yang memberikan layanan pencarian penerbangan ke berbagai kota di Indonesia. Dan seringkali, layanan tersebut memberikan harga dan kuota yang berbeda- beda.

Maka dari itu, kamu tidak boleh cepat menyerah untuk membandingkan harga demi mendapatkan yang termurah. Selain itu, kamu juga harus mengecek situs resmi maskapai secara berkala. Karena, biasanya ada perjanjian kedua pihak yang menyebabkan kenaikan harga kalau kamu memesan via layanan tertentu.

2. Selalu mencari penerbangan dalam mode tidak terlihat atau incognito

6 Tips Memburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah

Credit: IDNTimes

Selain membandingkan harga di berbagai website atau aplikasi, jangan lupa untuk sering menghapus history dan cache browser kamu. Secara tidak sengaja, traffic akan menganggap kamu sedang membutuhkan layanan penerbangan dan meningkatkan harganya.

Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa menggunakan mode private atau incognito ketika mencari tiket pesawat. Ketika kamu menggunakan mode ini, maka tidak ada catatan dalam bentuk history, cookies, cache yang tersimpan. Dan kamu pun bisa semakin optimal mencari harga penerbangan termurah.

3. Perhatikan promo yang diberikan masing-masing maskapai

6 Tips Memburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah

Credit: Hipwee

Jangan sampai kamu melewatkan berbagai promo yang diberikan maskapai secara langsung. Biasanya, mereka akan mengumumkan berbagai promonya melalui sosial media. Ada baiknya, kamu menyalakan notifikasi atau sekadar mengecek sosial media mereka secara berkala.

Biasanya, ketika maskapai penerbangan memberikan diskon khusus, mereka akan menawarkannya melalui website atau aplikasi resmi. Selain itu, maskapai juga sering memberikan penawaran khusus bagi kamu pemegang member,kartu debet, atau kartu kredit tertentu.

4. Pilih hari keberangkatan pada hari biasa

6 Tips Memburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah

Credit: Hipwee

Ketika weekend, biasanya permintaan tiket penerbangan akan lebih meningkat, sehingga harganya pun jadi lebih mahal. Jadi, sebaikya kamu memilih penerbangan di hari biasa untuk mendapatkan harga yang lebih rendah.

Selain memilih hari, pilih juga bulan atau musimnya. Beberapa bulan yang dianggap sebagai low-season seperti Februari-April dan September-November.

5. Mencari informasi mengenai Travel Fair di kotamu

6 Tips Memburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah

Credit: Grid.id

Maskapai penerbangan seringkali mengadakan Travel Fair untuk menarik pelanggan melalui offline. Untuk hal yang satu ini, kamu harus selalu up to date mengenai maskapai apa saja yang memberikan potongan diskon cukup besar khususnya domestik, berserta waktu dan tempatnya.

Perhatikan pula tambahan diskon yang dimiliki Travel Fair bekerja sama dengan bank pilihan. Biasanya, mereka akan menambahkan diskon untuk pengguna kartu debit atau kredit khusus bank tertentu.

6. Hindari terlalu banyak membawa barang

6 Tips Memburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah

Credit: Kompas Travel

Saat ini, penerbangan domestik tidak memberikan gratis bagasi yang mana akan cukup menyulitkan ketika pulang kampung. Namun, pastikan kamu tidak membawa terlalu banyak barang ketika akan melakukan penerbangan domestik. Bawalah barang secukupnya yang tidak memberatkan koper atau ranselmu.

 

Featured Image - Kompas


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!