Menjalani rutinitas harian, mulai dari belajar, bekerja, atau melakukan kegiatan lainnya – tentu saja membutuhkan energi yang cukup. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak mudah lemas selama beraktivitas. Untuk itu, memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya, penting dilakukan.

Kalori merupakan suatu unit pengukuran yang menyatakan jumlah energi dalam makanan. Ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman – artinya, kamu memberi energi dan kalori pada tubuh. Nantinya, tubuh akan menggunakan energi tersebut sebagai ‘bahan bakar’.

Nah, kalau kamu punya aktivitas padat – maka kebutuhan kalori pun semakin tinggi, lho. Jadi, memenuhi kebutuhannya secara tepat, sangat dianjurkan. Dalam hal ini, ada beberapa poin penting – yang wajib kamu perhatikan.

Sejumlah poin penting tersebut dapat bantu memenuhi kebutuhan kalori, sehingga tubuh pun tidak mudah lemas selama beraktivitas. Untuk ulasan lengkapnya, langsung simak di bawah ini ya!

 

 

Sarapan: Baiknya Dikonsumsi Sebelum Jam 8 Pagi

Credit Image - marketeers.com

Sarapan pagi yang ideal, yaitu sebelum pukul 8 pagi, lho. Waktu makan yang satu ini – tidak boleh kamu lewatkan! Sarapan penting untuk memberi energi pada tubuh sebelum mulai beraktivitas.

Kalau sampai melewatkannya, ada berbagai dampak yang mungkin dirasakan, seperti asam lambung naik, badan lemas, atau merasa stres. Nah, untuk menu sarapan yang disarankan – idealnya mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

 

Hindari Asal Konsumsi Camilan!

Apakah kamu sering mengonsumsi camilan secara asal-asalan? Kebiasaan ini biasanya terjadi ketika kamu tidak sarapan nih. Dampaknya, kamu lebih sering mengonsumsi camilan kurang sehat – hal ini juga sering disebut sebagai ‘mengganjal perut’.

Memilih makanan ringan sebagai pengganti sarapan, sebenarnya boleh saja. Tapi, pastikan kamu mengonsumsi camilan sehat, seperti buah-buahan. Atau, bisa juga biskuit dan susu. Dengan begitu, kebutuhan kalori tetap bisa terpenuhi.

 

Pembagian Porsi Makan, Biar Tak Makan Berlebihan

Credit Image - gayahidup.dreamers.id

Setiap tubuh memerlukan kebutuhan kalori yang berbeda-beda ya. Misalnya, jika kamu butuh 1500 kalori per hari. Cobalah untuk membagi kalori tersebut menjadi beberapa porsi yang ideal – jadi, kamu tidak makan berlebihan.

Pertama, sarapan pagi idealnya memenuhi 20 persen dari kebutuhan kalori tubuh. artinya, ada 300 kalori yang perlu kamu konsumsi ketika sarapan.

Kemudian, di jam makan siang – biasanya tubuh menyerap kalori lebih banyak. Di waktu makan ini, ada 35 persen kebutuhan kalori yang akan diserap. Untuk itu, menu makan berat harus terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan kandungan vitamin.

Terakhir, untuk jam makan malam, harus mendapat porsi lebih banyak dibanding sarapan – namun, tidak sebanyak ketika makan siang. Hal ini didasari dampak dari makan malam yang terlalu berat – yang bisa menyebabkan mudah mengantuk.

 

Jeda 4 Jam Usai Makan Malam

Setelah makan malam – hindari langsung tidur ya! Kamu perlu memberikan jeda, setidaknya 4 jam sebelum waktu tidurmu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko timbulnya berbagai macam penyakit – atau perut yang jadi buncit.

Selain itu, jeda waktu tersebut dapat digunakan tubuh untuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalamnya. Ketika proses penghancuran sudah selesai, barulah pergi tidur. Jadi, proses metabolisme pun tetap seimbang.

 

Pola Makan Tepat: Bantu Penuhi Kebutuhan Kalori

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Untuk mendapatkan asupan kalori tepat – serta memenuhi kebutuhan gizi, kamu dapat terapkan pola makan, seperti:

  • ½ dari piring makan, terdiri dari sayur dan buah-buahan dengan beragam jenis dan warna.
  • ¼ dari piring makan, diisi dengan protein. Kamu dapat memilih ikan, ayam atau kacang-kacangan. Batasi konsumsi daging merah ataupun daging olahan ya.
  • ¼ dari piring makan dipenuhi dengan karbohidrat dari biji-bijian utuh, nasi coklat, gandum utuh, atau pasta.
  • Lengkapi dengan sedikit minyak sehat, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak kanola. Hindari minyak yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi.
  • Konsumsi air putih yang cukup. Setidaknya delapan gelas dalam sehari.
  • Lengkapi kebutuhan vitamin harianmu. Termasuk dengan mengonsumsi multivitamin.

Seperti diketahui, vitamin merupakan mikronutrisi yang penting dipenuhi sehari-hari. Dari sekian banyaknya vitamin, salah satu vitamin yang penting dipenuhi, yaitu vitamin C – untuk menjaga imunitas tubuh.

Selain dari sumber makanan, vitamin C juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen, lho. Kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan vitamin lengkap!

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Lalu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C juga dapat optimalkan proses metabolisme. Sehingga, makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi untuk beraktivitas!

Enervon-C tersedia dalam dua jenis. Yang pertama, Enervon-C Effervescent yang punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – cocok untuk kamu yang membutuhkan perlindungan ekstra!

Wah, sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tips memenuhi kebutuhan kalori – biar tubuh tidak mudah lemas. Apakah kamu sudah mulai menerapkan deretan cara tersebut?

 

 

Featured Image - gojek.com