Sebenarnya vitamin ada lebih dari selusin, semuanya berbeda dan melakukan berbagai fungsinya masing- masing. Sebagian besar vitamin B kompleks bekerja sama untuk merawat tubuh kita. Karena hubungan erat antara vitamin- vitamin tersebut, maka para ahli menyebutnya vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks merujuk pada semua vitamin penting yang larut dalam air. Vitamin B kompleks sendiri meliputi thiamine (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), pyridoxine (vitamin B6), biotin, asam folat, dan cobalamins  (vitamin B12).

Setiap anggota vitamin B kompleks memiliki struktur dan menjalankan fungsi sendiri di dalam tubuh manusia. Vitamin B1, B2, B3, dan biotin berfungsi dalam produksi energi. Vitamin B6 penting untuk metabolisme. Asam amino, vitamin B12, dan asam folat membantu dalam pembelahan sel.

Sumber vitamin B Kompleks

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Credit: Detik Food

Vitamin ini bisa ditemukan dalam sereal (padi, gandum) kacang- kacangan seperti lentil dan almond. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, kubis, asparagus. Sedangkan dari sumber hewani bisa didapatkan dari ikan, telur, susu, dan daging.

2. Vitamin B2 (riboflavin)

Credit: Lifestyle Kompas

Beberapa sumber terbaik riboflavin adalah ayam, ikan, telur, kacang- kacangan (seperti lentil dan kacang polong), susu, yogurt, keju. Dan dari sumber nabati, vitamin B2 bisa didapatkan dari bayam, brokoli, dan asparagus.

3. Vitamin B3 (Niacin)

Credit: JawaPos

Niacin dapat ditemukan pada ayam, salmon, dan ikan seperti tuna serta salmon. Selain itu, bisa juga didapatkan dari kacang- kacangan, pasta, dan gandum utuh.

4. Vitamin B6 (Piridoksin)

Credit: Tribunnews

Vitamin B6 bisa didapakan dari makanan seperti kentang, daging merah, unggas, telur, dan sereal.

Manfaat vitamin B Kompleks

Seperti vitamin lainnya, vitamin B kompleks juga mengandung berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Meningkatkan energi

Credit: Tribunnews

Tubuh membutuhkan bantuan vitamin B kompleks pada saat mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang dapat menghasilkan energi untuk beraktivitas. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, maka proses produksi energi tidak bisa berjalan dengan optimal. Dan tubuhmu pun bisa cepat lelah serta vitalitas yang menurun saat beraktivitas.

2. Membantu proses metabolisme

Credit: Hello Sehat

Karena larut dalam air, vitamin B kompleks mampu memperbaiki pencernaan dan produksi asam klorida yang berfungsi untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat. Vitamin B1, B2, B3, dan B6 sangat penting dalam menjaga pencernaan sehingga kekurangan vitamin ini dapat memicu masalah pencernaan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Credit: Alodokter

Vitamin B kompleks berperan dalam meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi. Vitamin ini bekerja dengan cara membangun pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman homosistein yang dikenal sebagai racun bagi sel- sel saraf.

4. Mencegah penuaan dini

Credit: Hipwee

Kesehatan kulit, rambut, dan kuku bergantung pada sistesis RNA dan DNA yang terjadi setelah dibantu dengan vitamin B kompleks. Gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, ketombe, bibir pecah- pecah, kulit kering dan kering disebabkan karena kekurangan vitamin ini.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Credit: JawaPos

Vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, serta meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, vitamin ini juga berperan untuk mencegah pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan stroke dan jantung.

 

Nah, itu dia manfaat yang bisa kamu dapat dari vitamin B kompleks berserta sumber makanannya. Mulai sekarang, konsumsi makanan- makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks tubuhmu. Dan minum multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu agar ngga gampang sakit.

 

Featured Image - Hello Sehat