Makan Sehat Saat Long Weekend, Ini Menu Sarapan yang Bisa Kamu Coba

Makan Sehat Saat Long Weekend, Ini Menu Sarapan yang Bisa Kamu Coba

font size A Ǎ

Long weekend merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Berakhir pekan memang saat tepat bersantai dan menikmati sejumlah kudapan nikmat – tapi jangan lengah dan justru kebablasan ya.

Saat berlibur, tak jarang lho pola makan ikut berantakan – alih-alih makin segar ketika kembali bekerja, makan yang tidak sehat selama long weekend bisa membuatmu kurang bersemangat, atau justru sakit.

Tidak perlu khawatir, masih ada cara yang bisa dilakukan agar tubuh senantiasa sehat selama akhir pekan, yaitu memilih menu sarapan nikmat dan sehat. Tapi, apa saja menu yang bisa dicoba?

Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

 

 

Sarapan Sehat: Ini Manfaatnya!

Makan Sehat Saat Long Weekend, Ini Menu Sarapan yang Bisa Kamu Coba

Credit Image - makanabis.com

Kamu pasti tahu kalau sarapan – merupakan waktu yang penting untuk bantu tingkatkan konsentrasi, serta produktivitas. Menu sarapan bisa dikatakan sehat ketika sudah bisa memenuhi dua syarat, yaitu dikonsumsi di waktu tepat dan memiliki komposisi gizi seimbang.

Untuk waktu sarapan tepat, sebaiknya sebelum pukul 9 pagi. Kemudian, menu sarapan mesti memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi per hari – hal ini dapat menunjang metabolisme tubuh lebih optimal.

Kalau kamu melewatkan sarapan – dapat menyebabkan hipoglikemia, yaitu kadar gula darah rendah. Kondisi ini bisa mengurangi tingkat fokus, mengantuk, dan kamu lebih sering merasa mudah lelah, lho.

 

Menu Sarapan Sehat, Coba Menu Ini

Makan Sehat Saat Long Weekend, Ini Menu Sarapan yang Bisa Kamu Coba

Credit Image - foodie.sysco.com

Masih bingung menu sarapan sehat seperti apa yang bisa dicoba di akhir pekan nanti? Berikut ini berbagai pilihannya.

Roti gandum isi 

Roti gandum, terlebih gandum utuh – mengandung banyak serat yang lama dicerna, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama, kadar gula tidak langsung melonjak, dan tentu mencegah rasa ngantuk seusai sarapan.

Agar lebih nikmat, kamu bisa beri olesan mentega rendah lemak, kemudian isi dengan sayur-sayuran. Atau, beri tambahan daging tuna, telur, maupun keju. Kalau ingin cita rasanya makin kuat, tambahkan saus cabai atau tomat

 

Overnight oat

Overnight oat merupakan variasi oat yang didiamkan semalam di kulkas. Kamu hanya perlu menyeduh oat dengan sedikit air, atau produk susu dan yogurt. Jika ingin versi yang lebih sehat, gunakan yogurt tawar rendah lemak dan rendah gula. Untuk rasa manisnya, bisa kamu dapatkan dari berbagai macam buah-buahan, seperti irisan apel, jeruk, maupun buah beri.

Kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan – yang kaya akan mineral seperti kacang almond, kenari, maupun biji chia. Setelah bahan dicampurkan, tutup, dan masukkan ke dalam kulkas.

 

Nasi merah, telur dadar, dan sayur mayur

Sarapan nasi – mungkin terdengar terlalu berat ya? Padahal, tidak sama sekali kok, tapi kamu hanya perlu sesuaikan porsinya saja. Agar lebih sehat, ganti nasi putih dengan nasi merah ya.

Kemudian, lengkapi dengan sumber protein seperti tahu dan tempe. Untuk sayurannya, bisa pilih sayur bayam ya. Nah, biar tidak terlalu kenyang – sesuaikan porsinya dengan kebutuhanmu.

Mengonsumsi sejumlah menu sarapan sehat tersebut selama long weekend – bisa bantu tubuh tetap sehat, sehingga kamu tetap bugar ketika kembali berakvitias nanti. Jangan lupa, optimalkan kesehatan tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C 1000 mg – yang bisa memberi perlindungan ekstra untuk tubuhmu!

Wah, bagaimana nih? Apakah kamu tertarik mencoba salah satu menu sarapan sehat di atas?

 

 

Featured Image - blog.avoskinbeauty.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!