Tak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba – ini merupakan kedua kalinya masyarakat merayakan ibadah berpuasa di tengah pandemi Covid-19. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini program vaksinasi sedang dijalani.

Meski kerap muncul pertanyaan "apakah vaksin di bulan Ramadhan bisa batalkan puasa?" Namun, dari penjelasan MUI, kegiatan yang satu ini tidak akan membatalkan ibadah puasa. Dirangkum dari Pop Mama, berikut ulasan lengkapnya.

 

Vaksin di Bulan Puasa: Ini Fatwa MUI

Credit Image - alodokter.com

Belum lama ini, MUI sudah menerbitkan fatwa mengenai vaksinasi yang dijalani selama puasa. Dari fatwa tersebut, dinyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadhan – saat siang hari, tidak akan membatalkan puasa.

Karena yang dilakukan saat vaksin, yaitu dengan cara injeksi intramuscular. Sehingga, hukumnya boleh – bagi yang sedang berpuasa. Selama, kegiatan tersebut tidak menyebabkan keadaan yang membahayakan peserta vaksin.

 

Bisa Dilakukan Saat Malam Hari

Jika peserta vaksin sedang berpuasa – dan khawatir akan efek samping yang mungkin ditimbulkan, MUI menyarankan pemerintah untuk menyediakan layanan vaksin yang dilakukan di malam hari. Jadi, hal ini sudah tak perlu dikhawatirkan lagi.

Adapun orang yang boleh menerima vaksin, yaitu sebagai berikut:

  • Peserta vaksin berusia di atas 18 tahun. Untuk saat ini, vaksin masih diutamakan untuk lansia dan pekerja publik.
  • Tekanan darah harus di bawah 180/110 mmHg.
  • Bagi penyintas Covid-19, boleh mendapat vaksin tiga bulan sesudah sembuh.

 

Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Usai Vaksin

Credit Image - harnas.co

Meski vaksin sudah bisa didapatkan – tapi, protokol kesehatan tetap harus diterapkan. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan – jadi poin penting dalam meminimalisir risiko penularan.

Protokol kesehatan masih harus dijalani, hingga nanti pandemi sudah bisa dikendalikan. Secara bertahap, protokol kesehatan mungkin akan dilonggarkan. Namun, masih belum jelas kapan pelonggaran bisa berlaku, sebab kasus positif Covid-19 masih cukup tinggi.

 

Perkuat Kekebalan, Kunci Utama Perlindungan Tubuh

Selain menerapkan protokol kesehatan dan mendapat vaksin, imunitas tubuh juga tetap harus dipertahankan, sehingga infeksi virus tidak mudah terjadi. Kamu dianjurkan menjalani hidup sehat, seperti:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Istirahat yang cukup, setidaknya tidur selama 7-8 jam semalam
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Lengkapi dengan rutin mengonsumsi multivitamin

Kamu sangat disarankan mengonsumsi multivitamin, terlebih yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

Itulah ulasan mengenai vaksin di bulan Ramadhan – meski sudah dapat vaksin, pastikan kamu tetap jalani protokol kesehatan dan jaga imunitas ya!

 

 

Featured Image - pikiran-rakyat.com

Source - popmama.com