Kerap Boros Selama Pandemi, Ini Tips Atur Anggaran Belanja Biar Kantong Tak Jebol!

Kerap Boros Selama Pandemi, Ini Tips Atur Anggaran Belanja Biar Kantong Tak Jebol!

font size A Ǎ

Siapa di sini yang menjadi lebih boros selama masa pandemi? Ya, masalah yang satu ini – sepertinya kerap dialami, mengingat kamu lebih sering berada di rumah. Jadi, untuk mengurangi rasa bosan, scrolling toko online jadi salah satu hiburan ya.

Sayangnya, kegiatan tersebut bisa membuatmu lebih boros, lho. Bahkan, kadang ketika belanja online kebutuhan pokok – kamu jadi sekalian membeli barang lainnya. Tentu saja pengeluaran jadi lebih besar kan?

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba berbagai cara mudah – namun terbilang efektif nih. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Mulai Kelola Keuangan

Kerap Boros Selama Pandemi, Ini Tips Atur Anggaran Belanja Biar Kantong Tak Jebol!

Credit Image - kelaspintar.id

Kamu pasti sudah sering mendengar saran yang satu ini ya? Meski sudah familiar, tapi tak sedikit orang yang masih merasa takut untuk mengelola keuangan, lho. Padahal, berapa pun pendapatan yang diperoleh – jika diatur dengan baik, maka akan cukup.

Tapi, tetap realistis ya, setiap habis gajian – segera bayarkan tagihan maupun cicilan yang kamu miliki. Hindari menggunakannya untuk hal yang kurang penting!

 

Evaluasi Keuangan: Bantu Atur Pengeluaran

Kalau kamu sudah bisa menerapkan pengelolaan keuangan – setidaknya selama tiga bulan, coba lakukan evaluasi pengeluaranmu ya. Perhatikan kembali apa yang menjadi konsumsi paling banyak dari pendapatan.

Jika sudah, apakah hal tersebut bisa dikurangi pengeluarannya? Atau bahkan dihentikan? Misalnya, kalau pengeluaranmu banyak untuk membeli makanan, kamu bisa lho mulai belajar memasak. Jadi, bisa lebih hemat nih.

 

Hitung Sisa Pendapatan Tiap Bulan

Kerap Boros Selama Pandemi, Ini Tips Atur Anggaran Belanja Biar Kantong Tak Jebol!

Credit Image - kompasiana.com

Selanjutnya, kamu bisa mulai menghitung sisa gajimu. Bagaimana jika sisanya sedikit? Kamu tak perlu berkecil hati! Yuk, coba tunda belanja – atau bisa dengan menabung terlebih dahulu, baru beli suatu barang.

Kalau tidak ada sisa sama sekali, kamu bisa mencari penghasilan tambahan ya.

 

Miliki Tabungan Khusus, Bisa Hindari Sikap Boros

Membuat tabungan khusus – juga bisa menghindari keborosan dan bantu atur keuanganmu, lho. Kamu bisa meniru metode tabungan berjangka di bank, supaya bisa mengira-ngira berapa uang yang perlu disisihkan.

Misalnya, kalau kamu ingin membeli barang di akhir tahun – maka mulai sekarang, mulailah berhitung, kira-kira berapa yang yang perlu disisihkan setiap bulannya.

 

Pilih Metode Pembelian

Kerap Boros Selama Pandemi, Ini Tips Atur Anggaran Belanja Biar Kantong Tak Jebol!

Credit Image - finoo.id

Ketika berbelanja, kamu lebih sering menggunakan kartu kredit atau tunai? Ingat, penggunaan keduanya harus disesuaikan ya. Jika kamu mampu membeli secara tunai – maka lupakan kredit.

Tapi, jika dalam keadaan mendesak – kamu bisa menggunakan kartu kredit. Asalkan, harus dilunasi segera. Beda halnya ketika barang tersebut tidak terlalu penting, sebaiknya sabar dan tunda dulu ya membelinya!

Nah, itulah kelima tips yang bisa diterapkan untuk mengelola keuangan agar tak makin boros selama pandemi. Apakah kamu sudah mulai menerapkannya?

 

 

Featured Image - fabelio.com

Source - idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!