Tak terasa, bulan Ramadhan akan segera tiba. Menjadi salah satu bulan istimewa yang ditunggu-tunggu hampir seluruh umat muslim di dunia – ibadah puasa akan dijalani selama 30 hari penuh, dari waktu subuh hingga magrib tiba.

Memang, menahan rasa lapar dan haus bukan perkara mudah ya, Enervoners? Belum lagi, bulan puasa tahun ini – masih dihadapkan dengan pandemi, sekaligus mesti menjalani berbagai rutinitas sehari-hari. Wah, tak jarang kondisi tubuh bisa lemas nih.

Hal tersebut sering dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh. Tapi, tenang! Berpuasa justru dapat meningkatkan imunitas, lho. Sudah ada berbagai penelitian – yang menyatakan bahwa puasa memiliki manfaat baik untuk kesehatan, termasuk daya tahan tubuh.

Lebih lanjut mengenai manfaat puasa untuk imunitas, berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Manfaat Puasa: Tingkatkan Sel Darah Putih

Credit Image - kampusdesa.or.id

Manfaat puasa ternyata ikut berpengaruh pada produksi sel darah putih. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Southern California menyebutkan – puasa dapat memicu meningkatnya sel induk, yang memproduksi sel darah putih baru.

Dengan meningkatnya sel darah putih – ini berarti daya perlawanan tubuh terhadap penyakit pun semakin kuat. Seperti diketahui, sel induk merupakan bagian yang terus bekerja untuk membentuk dan mengoptimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

 

Sistem Pencernaan Makin Sehat

Yang tidak kalah penting, manfaat puasa ikut dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan tubuh. Berpuasa dapat meningkatkan regenerasi sel-sel yang terdapat pada bagian usus. Selain baik untuk imunitas, manfaat puasa ini – bisa bantu mencegah penyakit yang menyerang usus, seperti infeksi.

Puasa juga terbukti dapat menginduksi “sakelar simbolik” pada sel-sel usus – hal ini didapat dari proses penggunaan karbohidrat untuk membakar lemak.

 

Dapat Meningkatkan Regulasi Protein

Credit Image - bola.com

Berikutnya, puasa yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan regulasi protein dalam tubuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk melindungi diri dari risiko obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik.

Selain itu, manfaat puasa juga dapat berpengaruh pada produksi protein pengatur utama – berperan penting dalam perbaikan DNA dan sistem kekebalan tubuh, serta meminimalisir risiko gangguan Alzheimer dan neuropsikiatri.

 

Selain Berpuasa, Imun Tubuh Bisa Dioptimalkan Dengan….

Nah, sekarang kamu sudah tahu ya manfaat puasa untuk tingkatkan imunitas? Yang tak kalah penting – pastikan kamu tetap menjalani gaya hidup sehat, terlebih selama bulan Ramadhan! Tapi, apa saja yang bisa dilakukan?

Selalu konsumsi makanan bergizi seimbang, lakukan aktivitas fisik secara rutin, istirahat yang cukup, serta lengkapi kebutuhan vitamin harianmu ya – kalau yang ini bisa dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan tepat!

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C setiap hari nih. Kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat nya dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg ya!

Wah, bagaimana? Apakah kamu makin tak sabar untuk melakukan ibadah puasa – dan merasakan sejumlah manfaat di atas?

 

 

Featured Image - deltomed.id