Tahukah kamu kalau keterampilan interpersonal – merupakan salah satu soft skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja? Selain dapat bantu meningkatkan jenjang karir, interpersonal skill juga berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Interpersonal skill dapat diartikan sebagai kemampuan untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain – di dalam berbagai keadaan yang sedang dihadapi. Tak heran ya kalau kemampuan satu ini penting dimiliki.

Dalam dunia kerja, interpersonal skill – dapat membuatmu lebih capable untuk bekerja sama dengan orang lain, baik itu rekan kerja, klien, maupun atasan. Lalu, bagaimana cara memiliki kemampuan satu ini?

Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu

Credit Image - klikdokter.com

Jangan salah, interpersonal skill punya kaitan erat dengan rasa percaya diri, lho. Kalau kamu PeDe – kemampuan komunikasi pun sepertinya akan ikut meningkat, kan? Percaya diri yang baik juga dapat membantumu melakukan negosiasi, penyelesaian masalah, atau menyampaikan suatu saran.

Biar percaya dirimu makin bertambah – yuk, terapkan mindset dari dalam diri kamu dahulu. Lalu, biasakan untuk menyimak dan memahami hal yang disampaikan orang lain. Berbekal pemahaman utuh, kamu pun bisa menyampaikan sesuatu dengan percaya diri.

 

Minta Feedback dari Orang Terdekat!

Ingin tahu sudah seberapa baik interpersonal skill yang kamu miliki? Coba cari tahu apa yang orang lain rasakan dalam berkomunikasi denganmu. Menanyakan langsung juga boleh banget, lho – misalnya, tanyakan apakah kamu sudah menjadi pendengar yang baik, atau justru belum.

Dari feedback tersebut, kamu bisa mulai memperbaiki salah satu interpersonal skill ya!

 

Bertanya dan Simak Secara Seksama

Kamu juga dapat tanyakan – misalnya, kegiatan apa yang akan dilakukan oleh temanmu di akhir pekan. Perhatikan bagaimana jawabannya – instonasi, perasaan, dan lain sebagainya. Kemudian, pekan berikutnya, tanyakan kembali hal yang sama.

Tak butuh waktu lama kok, keterampilan yang satu ini akan segera menyatu dan tertanam di dalam dirimu!

 

Bayangkan Berada di Posisi Orang Lain

Credit Image - gentlemancode.id

Ketika berinteraksi dengan orang lain, coba hindari terburu-buru bereaksi. Ambil jeda sesaat untuk membayangkan seperti apa rasanya ada di posisi lawan bicara – apa yang ingin diraihnya, hal yang membuat kecewa, atau tindakan apa yang bisa kamu lakukan baginya.

 

 

Jaga Stamina Saat Beraktivitas, Lakukan Hal ini!

Untuk mendukung peningkatan interpersonal skill – serta menjaga produktivitasmu, pastikan kamu selalu minum Enervon Active ya!

Enervon Active mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu jaga daya tahan tubuh – sekaligus menjaga stamina agar tidak gampang lelah.

Nah, itulah keempat tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keterampilan interpersonal. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

Featured Image - resumegenius.com