Covid-19 pada Anak: Diare Jadi Komorbid yang Sering Dialami

Covid-19 pada Anak: Diare Jadi Komorbid yang Sering Dialami

font size A Ǎ

Selain menyerang orang dewasa, virus corona juga rentan menyerang anak-anak. Dalam hal ini, setiap kondisi pasien pun berbeda-beda. Seperti, jika anak memiliki imunitas yang cukup kuat – maka kemungkinan gejala yang dialami pun lebih ringan.

Namun, bagaimana jika tidak? Bisa jadi si kecil mengalami gejala cukup berat, bahkan merasakan komorbid tertentu. Dilansir dari CNN Indonesia – hasil pernyataan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), disebutkan bahwa diare merupakan penyakit penyerta Covid-19 yang sering dialami anak-anak.

 

 

Gejala Umum Covid-19

Covid-19 pada Anak: Diare Jadi Komorbid yang Sering Dialami

Credit Image - sehatq.com

Sebelumnya, orangtua perlu memahami betul gejala virus corona pada anak. Karena umumnya, indikasi Covid-19 yang dialami anak, berbeda dari orang dewasa. Adapun berbagai gejala umum virus corona pada anak, yaitu:

  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Sakit tenggorokan
  • Kehilangan selera makan
  • Ruam kulit tidak biasa

 

Jadi Komorbid: Diare Sering Dialami Anak-Anak

Covid-19 pada Anak: Diare Jadi Komorbid yang Sering Dialami

Credit Image - klikdokter.com

Temuan penyakit penyerta Covid-19 pada anak – memang perlu menjadi perhatian khusus, baik dari pihak orangtua, sekaligus pemerintah. Sebab, walaupun anak rentan mengalami gejala parah – atau cenderung memiliki kekebalan yang baik, kondisi ini mesti tetap diwaspadai.

Untuk itu, pemenuhhan gizi dan nutrisi, tetap menjadi poin penting agar anak terhindar dari penularan virus corona. Energi yang dimiliki tubuh, diharapkan dapat berfokus pada pembentukan imunitas. Tanpa adanya nutrisi cukup – kekebalan tubuh tidak bisa terbentuk optimal.

 

Cara Cegah Infeksi Virus Corona pada Anak

Covid-19 pada Anak: Diare Jadi Komorbid yang Sering Dialami

Credit Image - review.bukalapak.com

Untuk menghindari anak terinfeksi virus corona, orangtua perlu mengajak anak lakukan protokol kesehatan 5M – yang meliputi, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Lalu, jaga selalu kesehatan tubuh dan imunitas si kecil – dengan mengajak anak hidup sehat, seperti memberi makanan bergizi lengkap, rutin melakukan aktivitas fisik, dan istirahat yang cukup.

Optimalkan hidup sehat anak dengan rutin memberinya multivitamin lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – multivitamin anak andalan ini bisa bantu penuhi nutrisi selama masa pertumbuhan anak, sekaligus jaga imunitasnya.

Selama pandemi, pastikan si kecil tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah terinfeksi virus.

 

 

Featured Image - honestdocs.id

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!