Leher kaku dan mata lelah setelah lama menatap layar komputer sudah menjadi kebiasaan sehari- hari terutama bagi pekerja kantoran. Selain membuat tidak nyaman, lama- lama hal ini juga dapat menyebabkan produktivitas kerja menjadi menurun.

Untuk mengatasi mata lelah, mata merah atau keluhan lainnya akibat seharian di depan komputer, kamu bisa mengikuti beberapa tips mudah berikut ini

1. Rutin cek mata

Credit: Hipwee

Rutin cek mata di dokter adalah langkah pertama untuk mencegah dan mengatasi mata merah akibat terlalu lama menatap layar komputer. Orang- orang seharusnya lebih dulu menjalani pemeriksaan mata sebelum mulai bekerja di depan komputer, dan kemudian rutin memeriksanya paling tidak setahun sekali.

2. Atur pencahayaan yang sesuai

Credit: IDNTimes

Mata lelah seringkali disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang, baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela maupun dari pencahayaan ruang kantor yang berlebihan atau terlalu gelap. Akibatnya, selama bekerja kamu sering mengernyitkan mata.

Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai serta sesuaikan pencahayaan di dalam ruang kerjamu. Dan jika memungkingkan, posisikan layar komputer di samping jendela, bukan di depan atau belakangnya.

3. Atur terang- gelap kontrasi sinar dari komputer atau laptop

Credit: Liputan6

Pantulan pada dinding dan layar komputer kamu juga dapat menyebabkan mata lelah. Sesuaikan kecerahan layar komputer sehingg sama dengan tingkat kecerahan di ruang kerjamu. Selain itu, kamu juga bisa memasang layar anti-glare  pada monitor.

Sesuaikan juga kontras ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata, terutama saat kamu sedang membaca atau menyusun dokumen. Biasanya, teks hitam dengan latar belakang putih merupakan kombinasi yang baik.

4. Berkedip lebih sering

Credit: Liputan6

Berkedip sangat penting saat kamu bekerja di depan komputer. Karena berkedip dapat membasahi mata kamu untuk mencegah kekeringan dan iritasi. Menurut penelitian, orang yang bekerja di depan komputer berkedip lebih jarang dari biasanya, dan hal ini berisiko membuatmu mengalami dry eyes.

Untuk mengurangi risiko tersebut, coba untuk berlatih berkedip 10 kali dengan menutup mata dengan perlahan- lahan selama 20 menit.

5. Lakukan olahraga mata

Credit: Alodokter

Untuk mengurangi risiko mata lelah karena terlalu lama menatap layar komputer, kamu perlu berpaling dari komputer setiap 20 menit dan menatap benda jauh selama 20 detik. Melihat jauh dapat melemaskan otot mata sehingga mengurangi kelelahan pada matamu.

6. Pejamkan mata sesaat

Credit: Lifestyle Kompas

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi mata lelah dengan memejamkan mata sebentar saja. Kamu juga boleh melanjutkannya dengan peregangan otot sederhana sebanyak 4 kali selama 5 menit. Berdiri dan jalan- jalan sejenak, lemaskan dan putar- putar tungkai lengan dan kaki, putar- putar bahu dan punggung untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot.

7. Modifikasi tempat kerja

Credit: Lifestyle Kompas

Jika kamu perlu melihat bolak balik antara kertas dan layar komputer, tempatkan halaman tertulis di sebelah monitor. Jika kamu ingin menggunakan lampu meja, pastikan arah sinar tidak langsung tertuju pada mata atau layar komputer.

Selain itu, kamu perlu mengatur tempat kerja maupun kursi dengan ketinggian yang sesuai dengan postur tubuh selama kamu bekerja di depan komputer.

8. Pakai kacamata komputer jika diperlukan

Credit: DokterSehat

Jika kamu memakai kacamata, pilihlah lensa kacamata dengan pelapis anti-reflective atau AR. Lapisan ini dapat mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata.

Demi kenyamanan kamu didepan komputer, kamu juga bisa memodifikasi resep kacamata untuk membuat kacamata komputer yang telah disesuaikan. Hal ini berlaku bagi kamu yang biasanya memakai lensa kontak dan sering mengalami mata kering serta mengalami ketidaknyamanan selama bekerja di depan komputer.

 

Featured Image - Hello Sehat