Memenuhi asupan vitamin C setiap hari merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Bagaimana tidak? Vitamin C memiliki peran yang menyeluruh, mulai dari memelihara performa sistem imun yang baik, membantu produksi kolagen dan sel darah merah, hingga berperan sebagai antioksidan. Sayangnya sebagian orang menganggap bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C memicu gangguan pencernaan seperti asam lambung naik. Padahal ada produk vitamin C yang aman untuk lambung meski dikonsumsi setiap hari. Ikuti pembahasan tentang cara memilih dan mengonsumsi vitamin C agar lambung tetap aman.

 

Alasan Mengonsumsi Vitamin C Disarankan

Credit Image - medicalnewstoday.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, vitamin C memiliki manfaat yang sangat luas. Tidak hanya sel dan jaringan dalam rangkaian sistem imun saja yang merasakannya. Organ lain seperti kulit, tulang, sendi, peredaran darah, hingga otak juga akan berfungsi dengan baik jika mikronutrien yang satu ini terpenuhi.

Selain manfaat besar tersebut, perlu dipahami juga bahwa vitamin C merupakan senyawa yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Ketika asupan vitamin C lebih dari cukup, tubuh juga tidak memiliki skema untuk menyimpannya. Oleh karena itu, kelebihan vitamin C akan secara otomatis dibuang melalui urine. Hal ini terjadi karena vitamin C termasuk dalam keluarga vitamin yang bersifat mudah terlarut dalam air.

Jika kamu termasuk dalam kategori berikut, maka mengonsumsi vitamin C melalui suplemen sangat disarankan. Kategori yang dimaksud adalah lansia, perempuan hamil dan menyusui, pemilik pola makan vegan dan vegetarian, perokok, serta orang yang sedang menjalani pengobatan tertentu sehingga asupan vitamin C terhambat. Setiap orang dewasa setidaknya perlu mendapat 75-90 mg vitamin C setiap hari, bahkan lebih banyak untuk yang sedang hamil, menyusui, dan perokok.

Minum Suplemen Vitamin C bagi Kamu Pemilik Lambung Sensitif

Tidak bisa dipungkiri bahwa suplemen vitamin C atau asam askorbat bersifat asam. Meskipun kadarnya relatif rendah atau hanya mengonsumsi sedikit, beberapa orang dengan lambung yang sensitif bisa mengalami asam lambung naik setelah mengonsumsinya. Dalam hal ini tingkat sensitivitas lambung bisa berbeda untuk setiap orang. Namun kamu tetap bisa mendapatkan banyak manfaat vitamin C meskipun memiliki lambung yang sensitif. Selain itu, kekurangan vitamin C bisa memicu berbagai masalah kesehatan, seperti mudah lelah, lesu, lemah, anemia, gusi berdarah, serta terjadinya kerapuhan kapiler. Bahkan pada level membahayakan seseorang berisiko terkena penyakit scurvy.

Untukmu yang ingin mengonsumsi suplemen vitamin C namun memiliki masalah asam lambung naik, berikut ini tips dalam memilih vitamin C yang aman dan nyaman bagi lambung!

Credit Image - harga.web.id

Tips Memilih Vitamin C yang Aman untuk Lambung

1. Perhatikan Jenis Vitamin C Dalam Suplemen

Vitamin C datang dalam bentuk murni atau terikat pada mineral untuk menciptakan bentuk “askorbat”. Adapun berbagai jenis vitamin C yaitu:

  • Asam askorbat. Jenis vitamin C yang satu ini merupakan bentuk paling murni dan paling mudah untuk diserap oleh tubuh melalui aliran darah.
  • Sodium askorbat. Kemudian, ada pula jenis sodium askorbat yang dapat meningkatkan kadar sodium dalam tubuh,
  • Kalsium askorbat. Jenis vitamin C ini mengikat asam askorbat ke kalsium dan berfungsi untuk menetralkan keasaman. Kalsium askorbat ideal untuk kamu yang memiliki perut sensitif. Kalsium merupakan salah satu mineral yang mampu menetralisir atau menurunkan tingkat keasaman dari vitamin C.

2. Pilih Vitamin C Bersifat Non-Acidic

Vitamin C memang dikenal sebagai sifatnya yang asam baik dalam bentuk makanan maupun suplemen. Jadi, memilih produk suplemen dengan bahan non-acidic bisa menjadi alternatif cara untuk lambung yang sensitif. Bahan ini tidak mengurangi kemampuan vitamin C dalam bekerja. Salah satu produk yang memenuhi indikator ini adalah Enervon Active, varian Enervon yang diformulasikan untuk kamu dengan aktivitas padat setiap hari.

3. Ketahui Cara Konsumsi yang Tepat

Selain memilih kandungan vitamin C, kamu juga perlu tahu cara mengonsumsi yang tepat agar tidak terjadi masalah asam lambung naik. Sebelum minum suplemen vitamin C, pastikan perutmu sudah terisi makanan terlebih dahulu. Jika memungkinkan, konsumsi vitamin C usai makan besar. Dalam kondisi seperti ini perut relatif lebih siap untuk menerima asupan bersifat asam. Setelah itu, pastikan kamu mengimbanginya dengan banyak minum air putih. Meskipun kasus kelebihan vitamin C jarang terjadi, sebaiknya tidak minum megadosis suplemen vitamin C dengan kadar 2000 mg.

Adakah Suplemen Vitamin C yang Direkomendasikan?

Masih bingung soal produk vitamin C mana yang aman di lambung? Kami merekomendasikan Enervon Active karena kandungannya yang lengkap serta aman untuk lambung. Tablet suplemen ini dibuat dengan bahan non-acidic dan setiap tabletnya mengandung vitamin C (500 mg), B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), niacinamide (50 mg), dan mineral zinc (10 mg).

Untuk kamu dengan aktivitas yang padat setiap hari, suplemen ini juga memberikan asupan vitamin B kompleks yang penting untuk mendukung metabolisme tubuh. Produksi energi dan stamina akan terbantu dengan konsumsi 1 tablet setelah makan setiap hari. Kamu bisa mengakses produk ini melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Healthspan. How taking gentle vitamin C can avoid digestive upsets. Diakses dari https://www.healthspan.co.uk/guides/how-gentle-vitamin-c-can-avoid-digestive-upsets/#
  2. Rachel Nall. 2023. What happens when you take too much vitamin C?. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/326249#symptoms
  3. Harvard Health Publishing. 2023. By the way, doctor: What's the right amount of vitamin C for me?. Diakses dari https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/by-the-way-doctor-whats-the-right-amount-of-vitamin-c-for-me

Featured Image - klikdokter.com