Generasi Alpha: Karakteristik dan Cara Membimbingnya

Generasi Alpha: Karakteristik dan Cara Membimbingnya

font size A Ǎ

Moms, pasti sudah mengetahui kalau bayi yang lahir mulai dari tahun 2010 – disebut sebagai generasi Alpha. Sama seperti yang lainnya, generasi yang satu ini juga memiliki karakteristik tertentu – ini menjadi ciri khasnya.

Kalau generasi milenial sudah akrab dengan perkembangan teknologi, maka generasi Alpha dinilai akan menguasai teknologi jauh lebih baik lagi. Bagaimana tidak? Anak-anak yang terlahir jadi generasi tersebut – tumbuh dengan ketersediaan teknologi yang sudah maju.

Lebih lanjut mengenai generasi Alpha – karakter dan cara membimbingnya, yuk moms simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Generasi Alpha: Karakteristik Umum

Generasi Alpha: Karakteristik dan Cara Membimbingnya

Credit Image -  ciptacendekia.com

Mengingat generasi ini akan dibimbing oleh orangtua – yang umumnya anak milenial, tentu anak=anak akan banyak terpengaruh secara langsung. Mulai dari gaya hidup, cara komunikasi, cara berinteraksi, maupun sikap dalam belajar.

Tapi bedanya, generasi Alpha tidak akan merasa ‘kaget’ teknologi. Karena, sejak usia dini – setiap aktivitasnya menggunakan banyak teknologi modern. Jadi, jangan heran kalau anak paham betul soal perkembangan ini ya, moms.

Selain itu, karakteristik yang sangat terlihat pada generasi Alpha, yaitu komunikasi terbuka. Ketika ada hal yang dirasa perlu diapresiasi, atau perlu dikritik – anak akan mengungkapkannya secara langsung. Karakter satu ini perlu bimbingan tepat ya, agar anak mampu berkomunikasi dengan baik.

 

Cara Mendidik Generasi Alpha

Generasi Alpha: Karakteristik dan Cara Membimbingnya

Credit Image - sangbuahhati.com

Ada berbagai tips yang bisa diterapkan dalam mendampingi tumbuh kembang generasi Alpha, seperti:

  • Batasi penggunaan gadget

    Dalam pemakaian gadget, si kecil perlu mendapat pendampingan yang intensitf. Sebab, dunia maya menyediakan informasi yang beragam – dan bisa saja anak mengakses berita yang bukan semestinya. Selain itu, pembatasan durasi penggunaan gadget juga perlu diterapkan – agar tumbuh kembang anak tetap optimal.

 

  • Berikan pengetahuan teknologi

    Untuk dapat menggunakan dan mengambil manfaat dari teknologi – moms perlu memberikan pengetahuan seputar teknologi pada si kecil. Dengan demikian, anak bisa memanfaatkan teknologi secara tepat.

 

  • Pengetahuan bahasa asing

    Setelah mengajari bahasa yang digunakan sehari-hari, serta bahasa Indonesia – kamu bisa ajari bahasa asing, sehingga bisa tetap update dengan perkembangan global. Anak yang menguasai banyak bahasa cenderung tumbuh menjadi lebih pintar dan kritis – terlebih ketika dihadapi dengan suatu persoalan. Bahasa Inggris mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk diajari sejak dini, mengingat ini merupakan bahasa internasional.

Selain menerapkan sejumlah tips di atas – dalam membimbing generasi Alpha, moms perlu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ingat, gizi yang tepat – menjadi kunci utama dalam proses tumbuh kembang anak, lho.

Untuk bantu memenuhinya, berikan si kecil multivitamin lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga imun tubuh anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, serta bantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Apakah si kecil termasuk generasi Alpha? Coba perhatikan karakteristik – serta terapkan deretan tips dalam membimbingnya, ya moms!

 

 

Featured Image - brilio.net


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!