Di masa pandemi, kondisi mood swing sering kali dialami. Perubahan suasana hati wajar terjadi – terlebih, saat ini kamu masih dihadapkan dengan kondisi serba tidak pasti. Lalu, bagaimana cara mengobatinya? Ada yang memilih untuk melakukan aktivitas positif, serta mencari kesibukan tersendiri.

Tapi, ada pula yang justru mengonsumsi makanan manis – sebagai penawar mood swing. Makanan manis memang nikmat – bahkan, terbukti bisa memperbaiki mood. Gula dapat memicu produksi hormon pada otak, jadi kamu merasa tenang dan bahagia.

Memang sih mengonsumsi makanan manis boleh saja, tapi kalau sudah berlebihan, kamu wajib waspada! Dikenal juga sebagai sugar craving – kondisi yang satu ini perlu dikendalikan agar tak menyebabkan masalah kesehatan.

Lebih lengkap mengenai sugar craving, serta serba-serbinya yang perlu diketahui – berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Apa Itu Sugar Craving?

Credit Image - healthyfood.com

Sugar craving merupakan istilah yang menggambarkan kondisi seseorang dengan keinginan berlebih terhadap makanan tinggi gula. Orang yang sudah kecanduan gula – sulit untuk mengendalikan diri dari mengonsumsi makanan manis.

Dari laporan The Journal of Nutritionsugar craving umum dialami, terutama pada perempuan. Di kondisi ini, biasanya akan muncul “ngidam” terhadap suatu makanan spesifik, seperti cokelat, es krim, cake, maupun makanan lain tinggi gula dan lemak.

 

Apa yang Menjadi Penyebabnya?

Diawali dengan kegemaran mengonsumsi makanan manis – hal utama yang menjadi penyebab kondisi sugar craving, lho. Selain itu, masih ada empat penyebab lainnya yang menjadi pemicu utama masalah ini, yaitu:

  • Kurang makan atau konsumsi makanan tidak tepat. Saat kurang kalori, secara otomatis tubuh akan mendorongmu untuk mencari sumber energi lain yang mudah dicerna, yaitu gula.
  • Gaya hidup buruk, seperti sering konsumsi cokelat.
  • Terlalu banyak konsumsi pati, namun sedikit lemak dan protein. Pati dalam tubuh akan berubah menjadi gula – maka, asupan ini yang mendominasi pada makanan, sehingga meningkatkan jumlah gula dalam tubuh.
  • Sering mengonsumsi makanan asin dari restoran cepat saji. Hal ini memicu tubuh menginginkan makanan manis.

Terlalu banyak konsumsi makanan manis akan membuat kadar gula menjadi tinggi – jadi, tubuh akan berusaha menurunkan kadarnya dengan melepas insulin. Namun, insulin yang dihasilkan justru akan membuat kadar gula menurun drastis, bahkan lebih rendah dari batas normal.

Apa akibatnya? Tubuh akan beraksi dengan memicu rasa lapar – dan meningkatkan keinginan untuk konsumsi makanan manis. Jika kamu meresponsnya, masalah kecanduan gula bisa dialami.

 

Sugar Craving: Timbulkan Dampak Berbahaya

Credit Image - doktersehat.com

Kalau kamu sedang mengalami kondisi ini – coba pikirkan kembali untuk segera mengatasinya, sebab sugar craving dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Berdasarkan studi dalam jurnal Nutriens – konsumsi gula tambahan dapat meningkatkan risiko gangguan kognitif pada manusia, termasuk di bagian memori.

Lebih dari itu, sugar craving memberi dampak nyata bagi sebagian besar orang, seperti gula darah tidak seimbang, obesitas, hingga diabetes.

 

Tanda yang Mesti Diwaspadai!

Dikutip dari Addiction Center, salah satu tanda yang paling jelas – ketika kamu mengalami sugar craving, yaitu punya keinginan ingin mengonsumsi makanan manis dalam jumlah besar, serta sering melakukannya untuk mengisi kebosanan, dan ketika stres.

Waspadai juga keinginan mengonsumsi makanan manis usai makan berat – karena ini termasuk tanda kamu mengalami sugar craving.

 

Bagaimana Cara Mengendalikannya?

Credit Image - halodoc.com

Ketika kamu mengalami kondisi ini, jangan langsung menghindari berbagai jenis makanan manis ya! Karena, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan mentalmu. Untuk itu, mulailah secara perlahan – misalnya, atur pola makan dan beralih ke makanan yang lebih sehat.

Ingat, ada berbagai alternatif makanan manis – dengan kadar gula rendah, lho. Seperti buah dan sayur, buah beri, dark chocolate, kacang-kacangan, yogurt, ubi, dan jus.

Selain itu, ada berbagai cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi sugar craving, yaitu:

  • Saat muncul keinginan mengonsumsi makanan manis, alihkan dengan minum air putih.
  • Konsumsi lebih banyak protein dan lemak sehat.
  • Hindari makanan tinggi karbohidrat dan pemanis buatan.
  • Perbaiki pola tidur.
  • Menambah serotonin dengan konsumsi kacang kenari, telur, dan keju.

Wah, kecanduan gula memang bisa menjadi masalah yang serius – apalagi, jika tak segera diatasi. Mengetahui sejumlah informasi penting di atas – diharapkan kamu bisa lebih menjaga kesehatan diri ya!

 

 

Fearured Image - trinitytransformation.co.uk

Source - idntimes.com