Tak Melulu Corona, Sakit Tenggorokan Bisa Dipicu Oleh 4 Hal ini Lho

Tak Melulu Corona, Sakit Tenggorokan Bisa Dipicu Oleh 4 Hal ini Lho

Selama pandemi, tetap waspada akan berbagai gangguan kesehatan yang dirasakan – memang penting dilakukan. Bagaimana tidak? Bisa saja keluhan yang dialami, merupakan salah satu gejala virus corona, lho. Sama seperti ketika sakit tenggorokan.

Keluhan kesehatan yang satu ini rentan dirasakan oleh banyak orang, bahkan tak jarang yang justru menjadi khawatir – apakah ini tanda terinfeksi Covid-19? Tapi jangan khawatir dulu ya, sakit tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh virus corona kok.

Setidaknya ada lima penyebab lainnya – yang perlu kamu ketahui, sekaligus cara untuk mengatasinya. Apa saja penyebab tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Infeksi Mononukleus: Sebabkan Sakit Tenggorokan

Tak Melulu Corona, Sakit Tenggorokan Bisa Dipicu Oleh 4 Hal ini Lho

Credit Image - halodoc.com

Pernahkah kamu mengalami sakit tenggorokan – kemudian suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius? Kondisi yang satu ini disebabkan oleh infeksi mononukleus, atau sering juga disebut sebagai glandular fever.

Kalau kamu mengalami hal ini, segera konsultasikan dengan dokter ya. Untuk masalah kesehatan tersebut, tidak ada perawatan khusus. Namun, jika terjadi kondisi lebih parah – segera dapatkan penanganan tepat.

 

Infeksi Virus, Flu atau Pilek Berat

Terjadinya infeksi virus, seperti flu maupun pilek berat juga menjadi penyebab sakit tenggorokan, yang juga paling sering dialami, lho. Jika kamu mengalami kondisi yang satu ini – mungkin ada gejala lain menyertai, seperti:

  • Suhu tubuh bisa mencapai 38 derajat celcius
  • Terdapat benjolan atau pembengkakan pada leher, atau ketiak
  • Mengalami gejala, seperti sakit kepala, batuk, dan nyeri badan menyeluruh

Bagaimana cara mengatasinya? Kamu dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup selama beberapa hari ya.

 

Radang Tenggorokan: Paling Sering Dialami

Tak Melulu Corona, Sakit Tenggorokan Bisa Dipicu Oleh 4 Hal ini Lho

Credit Image - alodokter.com

Penyebab yang satu ini juga menjadi faktor timbulnya sakit tenggorokan – yang cukup sering dialami. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh virus atau bakteri lain, seperti tonsillitis – peradangan pada amandel, maupun faringitis – yaitu peradangan pada saluran yang menghubungkan hidung dengan pita suara.

Untuk mengatasinya, cukup beristirahat – dan hindari makanan pedas, berlemak, maupun minuman dingin dahulu. Namun, jika tidak kunjung sembuh, bisa segera konsultasi dengan dokter.

 

Disebabkan Oleh Flu Biasa

Pada sebagian orang, penyakit flu – umumnya dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Di kondisi ini, kamu akan mengalami rasa sakit di tenggorokan, bersamaan dengan gejala flu lainnya, berupa hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Kamu bisa melakukan perawatan mandiri dengan flu yang diderita. Lalu, perhatikan juga asupan makananmu agar cepat pulih ya!

 

Hindari Sakit Tenggorokan, Jaga Selalu Kesehatan

Tak Melulu Corona, Sakit Tenggorokan Bisa Dipicu Oleh 4 Hal ini Lho

Credit Image - urbansehat.com

Terjadinya sakit tenggorokan – juga merupakan tanda bahwa kamu harus semakin menjaga kesehatan tubuh, lho. Jadi, pastikan kamu menjalani gaya hidup yang sehat, sehingga tubuh tetap fit dan bugar – sehingga, imun pun makin optimal.

Selain dengan memerhatikan asupan makanan, istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan cairan tubuh, serta rutin olahraga – kamu dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C setiap hari, yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat konsumsi Enervon-C tablet – dengan kandungan 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent yang mengandung 1000 mg Vitamin C – baik untuk berikan perlindungan ekstra, serta untukmu yang punya aktivitas padat!

Nah, itulah berbagai penyebab sakit tenggorokan selain Covid-19. Jadi, kalau kamu alami kondisi ini, hindari langsung panik ya! Kenali lebih detail gejala yang dialami, dan segera dapatkan penanganan tepat.

 

 

Featured Image - halodoc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!