Studi: Vaksin Pfizer dan Moderna Aman Untuk Ibu Hamil!

Studi: Vaksin Pfizer dan Moderna Aman Untuk Ibu Hamil!

font size A Ǎ

Sampai saat ini, program vaksinasi Covid-19 masih terus dijalankan – menyusul kabar baik ini, vaksinasi untuk ibu hamil dan menyusui aman untuk dilakukan. Berdasarkan sebuah studi terbaru, vaksin Pfizer dan Moderna aman serta efektif diberikan pada kedua kriteria tersebut.

Dikutip dari studi terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology – perempuan hamil dan menyusui yang diberi vaksin Pfizer dan Moderna – dapat membentuk antibodi, serta memberi pelindung pada bayi yang baru lahir.

Lebih lengkap mengenai informasi tersebut, berikut ini rangkumannya.

 

 

Vaksin Covid-19: Aman Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Studi: Vaksin Pfizer dan Moderna Aman Untuk Ibu Hamil!

Credit Image - alodokter.com

Studi vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna – menunjukkan bahwa vaksinasi berbasis messenger RNA dikatakan memiliki efektivitas perlindungan terhadap ibu hamil, ibu menyusui, serta bayi yang baru lahir.

Penemuan tersebut ditemukan usai meneliti sebanyak 131 perempuan usia subur yang menerima vaksin Pfizer dan Moderna – termasuk 84 ibu hamil, 31 ibu menyusui, dan 16 perempuan tidak hamil. Hasilnya, ditemukan tingkat antibodi yang sama pada ketiga kelompok tersebut.

 

Usai Vaksin, Antibodi Ibu Hamil Lebih Tinggi

Dalam studi juga tidak ditemukan adanya efek samping signifikan terhadap perempuan hamil. Diketahui – ibu mengandung yang menerima vaksin, memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi, dibanding ibu hamil yang pernah terinfeksi Covid-19.

Studi juga menyebutkan bahwa ibu hamil yang menerima vaksin Pfizer dan Moderna – akan memberi perlindungan pada bayi yang baru dilahirkan. Dapat dikatakan, vaksin cukup efektif, bahkan antibodi akan ditransfer kepada bayi mereka.

 

Protokol Kesehatan Tetap Diterapkan

Studi: Vaksin Pfizer dan Moderna Aman Untuk Ibu Hamil!

Credit Image - health.detik.com

Meski vaksin sudah bisa didapatkan – tapi, protokol kesehatan tetap harus diterapkan. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan – jadi poin penting dalam meminimalisir risiko penularan.

Tapi sampai kapan protokol kesehatan harus dijalani? Hingga nanti pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan. Secara bertahap, protokol kesehatan mungkin akan dilonggarkan. Namun, masih belum jelas kapan pelonggaran bisa berlaku, sebab kasus positif Covid-19 masih cukup tinggi.

 

Bantu Perlindungan Dengan Kuatkan Imun

Selain menerapkan protokol kesehatan dan mendapat vaksin, imunitas tubuh juga tetap harus dipertahankan, sehingga infeksi virus tidak mudah terjadi. Kamu dianjurkan menjalani hidup sehat, seperti:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Istirahat yang cukup, setidaknya tidur selama 7-8 jam semalam
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Lengkapi dengan rutin mengonsumsi multivitamin

Kamu sangat disarankan mengonsumsi multivitamin, terlebih yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar – sekaligus dapat berikan perlindungan ekstra.

Untuk ibu hamil dan menyusui – sebelum mengonsumsi jenis vitamin tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter terkait.

 

 

Featured Image - ruangmom.com

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!