Cepat merasa lelah setiap hari adalah hal yang seing dialami oleh siapa saja. Penyebab tubuh terasa lelah tanpa sebab yang jelas muncul karena kebiasaan atau gangguan kesehatan yang tidak disadari. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan kamu cepat lelah, diantaranya adalah:

1. Dehidrasi

Credit: JawaPos

Dehidrasi merupakan suatu hal yang wajar terjadi ketika kita kekurangan minum setelah tubuh kehilangan cairan dalam proses metabolisme dan reaksi biokimia tubuh. Memenuhi kebutuhan cairan dapat bervariasi bagi setiap orang tergantung berat badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan masing- masing orang.

Salah satu kondisi kesehatan yang dapat membuat kamu dehidrasi adalah diabetes. Kadar gula yang tinggi akan menarik cairan dari jaringan tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Hal ini yang menyebabkan orang dengan diabetes selalu merasa haus dan minum banyak karena mereka akan lebih sering buang air kecil.

2. Kurang melakukan aktivitas fisik

Credit: HelloSehat

Gaya hidup malas gerak merupakan salah satu gangguan mood, ketidakseimbangan hormone, resistensi insulin dan gangguan waktu tidur yang dapat berdampak pada penurunan metabolisme, sistem kekebalan tubuh, serta energi. Menjadi lebih aktif merupakan salah satu cara mengatasi rasa lelah, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengurangi waktu untuk duduk, lebih banyak berjalan dan berolahraga sebelum atau sesudah bekerja.

3. Kurangnya waktu tidur

Credit: TopMedia

Durasi tidur yang cukup untuk orang dewasa adalah 7-9 jam setiap harinya. Kurang tidur dapat menjadi penyebab cepat lelah, terutama jika hal ini terus menerus terjadi. Dan jika kamu mengalami kurang tidur maka segera perbaiki waktu tidurmu di malam berikutnya.

4. Tidur pada waktu yang tidak tepat

Credit: Hipwee

Perubahan waktu dan pola tidur dapat menjadi penyebab tubuh menjadi cepat lelah dan tidak bertenaga. Hal ini umum dialami oleh orang yang kekurangan waktu tidur atau memiliki kerja shift sehingga mereka lebih aktif pada malam hari. Cara untuk memperbaiki hal ini adalah dengan mencoba tidur di malam hari serta menghindari paparan blue light  saat berusaha untuk tidur.

5. Anemia

Credit: Dream.co.id

Anemia merupakan masalah kesehatan yang sering tidak terdeteksi. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa lelah karena asupan oksigen dalam darah cenderung lambat dan sedikit. Kelelahan yang disebabkan anemia ditandai dengan tubuh tetap terasa lelah walaupun sudah cukup tidur, otot terasa lemas dan sulit berkonsentrasi, bahkan dalam kasus yang serius hal ini dapat menyebabkan sesak napas serta gangguan fungsi jantung.

Anemia penyebab rasa lelah ini dapat diperbaiki dengan mengonsumsi vitamin C atau vitamin B kompleks yang dapat membantu dalam proses penyerapan mineral.

6. Depresi

Credit: Hipwee

Depresi bisa jadi salah satu penyebab kamu jadi cepat merasa lelah. Depresi menyebabkan serotonin (zat kimiawi di otak) mengalami gangguan keseimbangan. Padahal serotonin sangat penting untuk mengatur jam biologis tubuh. Akibatnya, orang yang mengalami depresi pun selalu merasa lelah dan tidak berenergi. Bahkan, mereka bisa mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari serta bangun terlalu pagi. Dan jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

 

Featured Image - Hello Sehat