Mengajarkan anak untuk makan makanan yang sehat merupakan hal yang penting agar anak tidak terbiasa untuk pilih- pilih makanan. Anak- anak yang sering mengonsumsi jenis makanan yang tidak baik seperti junk food  atau makanan pinggir jalan, lebih berisiko mengalami kegemukan dan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung dan kanker.

Dengan banyaknya pilihan junk food, terkadang sulit untuk membiasakan anak agar makan makanan yang sehat. Namun, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan agar anak tidak lagi hobi makan junk food. Berikut ulasannya.

1. Siapkan camilan sehat

Credit: Hipwee

Cara pertama agar anak bisa berhenti makan junk food adalah dengan memberikan camilan seperti buah, sayuran, dan biscuit gandum dengan keju. Siapkan camilan sehat ini di tempat yang mudah dijangkau anak- anak, seperti di meja makan.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan mangkuk yang berisi buah- buahan di tempat yang mudah terlihat anak. Karena, biasanya anak- anak cenderung ingin makan apa yang ada di hadapan mereka.

2. Hindari membawa junk food ke rumah

Credit: Medcom.id

Jika kamu tidak ingin anak memakan makanan tersebut, maka hindari untuk membawa junk food  ke rumah. Dengan begitu, anak tidak akan melihat bahkan meminta. Cara lainnya adalah dengan memasak hidangan yang mirip dengan menu junk food, tetapi versi yang lebih sehat. Dan dengan cara ini kamu dapat mengurangi konsumsi junk food pada anak.

3. Hindari tawar menawar dengan anak

Credit: Fimela

Jangan gunakan junk food sebagai alat untuk tawar menawar dengan anak. Memberi hadiah berupa makanan tersebut agar anak mau makanan sangatlah salah. Karena dengan begitu, anak malah akan semakin tertarik dengan junk food.

Selain itu, anak- anak juga perlu belajar untuk mengukur seberapa banyak mereka bisa makan, karena dengan memaksa mereka menghabiskan makanan dapat menyebabkan anak makan berlebihan di kemudian hari, terutama dengan banyaknya tren makanan porsi besar saat ini.

4. Jangan larang anak makan junk food

Credit: KlikDokter

Hindari melarang anak untuk mengonsumsi junk food, karena ini bisa menimbulkan rasa penasaran anak yang semakin tinggi. Ini juga bisa membuat anak cenderung makan banyak junk food  setiap kali ada kesempatan, seperti di acara sekolah maupun ulang tahun teman.

5. Berikan contoh dari diri sendiri

Credit: Tribunnews

Anak- anak belajar dari apa yang mereka lihat, terutama dari apa yang orangtuanya lakukan. Jika kamu tidak ingin anakmu makan banyak junk food, kamu sendiri harus makan makanan sehat dan menghindari makanan tersebut. Selain itu, izinkan anak untuk memilih jenis makanan dan camilan sehat yang mereka sukai.

6. Hindari memberikan junk food sebagai hadiah

Credit: FoxNews

Biasanya para orang tua akan menghadiahkan anak makan di restoran cepat saji ketika mereka berhasil memenangkan perlombaan, mendapatkan nilai bagus atau setelah kenaikan kelas. Ini salah satu hal yang harus dihindari orangtua agar anak tidak terbiasa mengonsumsi junk food. Sebagai gantinya, kamu bisa memberikan alat gambar, mainan kesukaan, alat olahraga seperti raket badminton, atau bahkan mengajak anak melakukan kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama.

 

Featured Image - Hello Sehat