Ajari Anak Belajar Menulis Huruf? Moms, Coba 5 Cara Menyenangkan Ini Ya!

Ajari Anak Belajar Menulis Huruf? Moms, Coba 5 Cara Menyenangkan Ini Ya!

font size A Ǎ

Moms, apakah si kecil sudah memasuki usia balita – pasti ia sedang senang-senangnya memegang pensil dan mencorat-coret di atas kertas atau media lainnya, ya? Memang, belajar menulis huruf menjadi salah satu langkah awal dalam proses belajar anak.

Meskipun ia bisa belajar menulis huruf ketika memasuki sekolah nanti, namun keterampilan ini dapat diajarkan sejak usia dini – bahkan, di rumah, lho. Walau cukup tricky dalam mengajari menulis – tapi, orangtua bisa terapkan berbagai metode yang menyenangkan.

Cara belajar menulis huruf yang menarik – dapat bantu anak cepat memahami, serta tak mudah merasa bosan dan malas untuk melanjutkannya. Dikutip dari HaiBunda, berikut ini deretan cara yang bisa diterapkan.

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini, moms!

 

 

Dimulai Dengan Menyebut Objek

Ajari Anak Belajar Menulis Huruf? Moms, Coba 5 Cara Menyenangkan Ini Ya!

Credit Image - haibunda.com

Cara pertama, untuk mengajari anak belajar menulis huruf balok, moms bisa minta anak untuk menyebutkan objek terlebih dahulu. Kemudian, barulah ditulis pada selembar kertas. Misalnya, A – apel, B – buku, C – cangkir, dan seterusnya.

Atau kamu juga dapat minta anak membuat huruf dengan benda-benda kecil, seperti kancing, batu, maupun sereal. Intinya, gunakan barang yang ada di sekitar rumah, untuk memudahkan si kecil menemukannya.

 

Buat Huruf dari Benda Melengkung atau Lurus

Berikutnya, orangtua juga dapat mengajak anak untuk membuat huruf dari benda atau mainan di sekitarnya. Agar memudahkan si kecil – minta ia memulai dengan huruf yang memiliki garis lurus, misalnya A atau L.

Setelah ia paham, barulah melanjutkan ke huruf melengkung seperti S maupun C. Untuk membuat huruf ini – bisa gunakan mie yang sudah dimasak, playdough, pita, dan tali. Wah, terdengar menyenangkan, ya moms?

 

Ajari Belajar Menulis Huruf Gunakan Jari

Ajari Anak Belajar Menulis Huruf? Moms, Coba 5 Cara Menyenangkan Ini Ya!

Credit Image - orami.co.id

Moms, juga bisa ajari anak belajar menulis huruf dengan menggunakan jarinya. Seperti, menggunakan cat air, garam, tepung atau pasir berwarna dalam kotak. Tuliskan huruf-huruf dengan berbagai media tersebut.

Cara ini dapat membuat anak semakin tertarik – dan tak mudah bosan, lho!

 

Menulis di Kertas

Setelah berbagai langkah di atas dilakukan – moms, boleh mengajak anak untuk menulis huruf di kertas. Tenang, tak harus mengikuti alphabet dahulu kok. Setelah anak sudah menguasai, barulah ajari ia menyusun huruf sesuai alphabet.

 

Mulai Dari Huruf Paling Sederhana Ya

Ajari Anak Belajar Menulis Huruf? Moms, Coba 5 Cara Menyenangkan Ini Ya!

Credit Image - sehatq.com

Belajar menulis huruf dapat dilakukan dengan hal yang paling sederhana – misalnya, dari bentuk huruf termudah, kemudian dilanjutkan ke yang menantang. Awali dengan huruf lurus, kemudian melengkung, dan akhiri dengan diagonal.

Atau, moms bisa minta anak untuk menulis namanya. Tapi ingat, meskipun huruf kapital lebih mudah ditulis – dibanding kecil, hindari mendorong anak untuk menulis nama dalam huruf kapital ya. Bisa-bisa keterusan nih!

Agar si kecil makin belajar menulis huruf, dapat sediakan meja dan kursi khusus. Lalu, jangan lupa untuk memberikan anak inspirasi menarik di buku belajar, sehingga anak lebih mudah mengenal dan menghafal bentuk huruf.

Moms, selamat mencoba ya – semoga si kecil dapat segera menguasai keterampilan menulis!

 

 

Featured Image - kumparan.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!