Tidur- tiduran di Kasur dan tidak melakukan aktivitas seharian adalah hal yang sering kita lakukan ketika sedang libur. Tetapi, seringkali kerjaan datang dan kita terlalu malas untuk mengerjakannya.

Pada umumnya, kategori orang malas itu adalah dengan sengaja tidak melakukan kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan. Misalnya, karena kurang motivasi, masih memiliki waktu luang, atau memang aktivitas yang dilakukan memang membosankan.

Mengapa rasa malas muncul?

Rasa malas bisa muncul karena beberapa alasan berikut ini:

1. Tujuan atau sasaran yang terlalu besar dan rumit

Credit: CNN Indonesia

Mencapai sebuah keberhasilan adalah impian semua orang, tetapi kamu harus mengetahui kadar usaha dan waktu yang perlu kamu habiskan. Kamu harus mengetahui kemampuan diri sendiri, apakah mampu atau tidak mencapai target yang telah ditetapkan.

Jika kamu sudah menyerah dalam beberapa jam, bukan berarti karena kamu malas. Hal tersebut bisa saja terjadi karena tujuanmu terlalu besar dan rumit untuk dilakukan dengan kemampuanmu saat ini.

2. Ingin memiliki proses yang sempurna

Credit: Hipwee

Dalam menjalani sebuah kegiatan atau aktivitas untuk mencapai target tertentu, terkadang banyak rintangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, pemikiran dan keinginan untuk memiliki proses yang sempurna bisa menjadi halangan untuk menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan.

3. Terlalu mendengarkan kritik dari orang lain

Credit: WomanTalk

Mendengarkan kritik dari orang lain memabg bagus untuk membangun motivasi yang lebih baik. Tetapi, apabila kritik tersebut menyakitkan dan berasal dari orang terdekatmu, maka hal itulah yang bisa membuat kamu terpengaruh dan membuatmu jadi malas.

4. Tidak menyusun rencana

Credit: Liputan6

Mencapai sebuah tujuan tentu sebaiknya dilakukan dengan rencana agar membuatmu tetap berada di jalur yang benar. Jika kamu tidak memiliki rencana yang dirancang dengan baik, maka kamu bisa saja merasa kelelahan dalam mencapai tujuan tersebut. Hal ini disebabkan karena kamu tidak memiliki rencana yang jelas.

Cara mengatasi rasa malas

Setelah kamu mengetahui hal yang menyebabkan kamu jadi malas, berikut beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas tersebut:

1. Membuat target yang bisa kamu peroleh

Credit: MagazineJob

Memiliki tujuan yang tidak jelas akan membuatmu kewalahan. Hal ini bisa memadamkan semangat serta keinginanmu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Usahakan untuk menetapkan tujuan yang lebih kecil dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu sendiri yang mengetahui kemampuanmu untuk menargetkan apa yang kamu inginkan, tetapi tidak secara berlebihan. Dan hal ini dipercaya dapat mencegah rasa malas yang timbul.

2. Jangan mengharapkan kesempurnaan

Credit: Viva.co.id

Saat ini banyak orang yang menghadapi lingkungan yang kompetitif, terutama anak muda. Lingkungan ini bisa membentuk harapan yang tidak realistis, bahkan tidak jarang hal ini menyebabkan depresi dan menimbulkan rasa malas dalam tingkat tinggi.

3. Menghargai setiap proses

Credit: MagazineJob

Jika kamu telah mencapai sasaran kecil dalam bagian rencanamu, hargailah usaha kamu dengan merayakannya, hal ini dapat membantu untuk terus meningkatkan motivasi agar kamu bisa mendapatkan kesuksesan dalam jangka Panjang.

Misalnya, ketika kamu mendapat respon yang baik dalam pekerjaan yang sulit, kamu bisa membahagiakan dirimu dengan hal- hal positif, seperti beli makanan yang enak. Dan hal ini akan terus membuatmu bersemangat dalam mencapai tujuan yang lebih besar.

 

Featured Image - Hello Sehat

 

  1. Minta bantuan

Cara lain agar kamu tidak malas adalah meminta bantuan kepada orang lain. Bantuan dari orang lain sangat dibutuhkan ketika kamu menemui kesulitan. Dengan meminta bantuan, bukan berarti kamu lemah, melainkan sebuah upaya untuk mencapai keberhasilan dengan masukan dari orang lain.

 

Seperti meminta bantuan kepada rekan kerja. Hal ini sebenarnya juga penting dalam membangun sebuah hubungan dan meningkatkan motivasimu. Selain itu, melihat masukan dari sudut pandang orang lain juga dapat membuat kinerjamu menjadi lebih baik.

 

  1. Berolahraga

Tanpa kamu sadari, olahraga juga dapat menghilangkan rasa malas. Sempatkan minimal 30 menit sehari untuk berolahraga. Hal ini bisa meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, mengurangi kecemasan, stress dan depresi.

 

Pada dasarnya, kunci utama agar kamu tidak malas berasal dari dirimu sendiri. Jika kamu kekurangan motivasi dari diri sendiri dan tidak berusaha, tentu pekerjaanmu tidak aka nada yang selesai. Karena itu, upayakan agar tetap semangat dan focus pada pekerjaanmu.