5 Tips Cegah Anak Sakit Selama Puasa, Wajib Moms Ketahui Nih

5 Tips Cegah Anak Sakit Selama Puasa, Wajib Moms Ketahui Nih

TAGS : Anak tips puasa
font size A Ǎ

Selain orang dewasa, anak-anak – terutama yang sudah memasuki usia 10-13 tahun sudah mulai diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Apakah Si Kecil juga sudah mulai melaksanakan ibadah yang satu ini, moms? Kalau begitu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan – untuk cegah anak sakit.

Mengingat jadwal makan yang berpindah, yaitu hanya di pagi hari – saat sahur, dan sore hari ketika berbuka – bisa saja kesehatan anak menjadi terganggu, lho. Apalagi, di kala pandemi Covid-19, virus dan bakteri pun lebih mudah menyerang.

Mengenai mencegah anak sakit selama berpuasa, setidaknya ada lima tips yang perlu diterapkan. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Cegah Anak Sakit Saat Puasa: Beri Makanan Bergizi

5 Tips Cegah Anak Sakit Selama Puasa, Wajib Moms Ketahui Nih

Credit Image - parenting.dream.co.id

Langkah pertama – dan paling penting diperhatikan, yaitu berikan makanan bergizi seimbang. Selama berpuasa, tubuh memang memerlukan nutrisi yang cukup – untuk pertahankan kesehatan, sekaligus menjaga imunitas.

Hati-hati, lemas akibat dehidrasi dan kekurangan nutrisi bisa saja terjadi, lho. Kondisi seperti ini rentan menyebabkan anak sakit. Untuk itu, cukupi kebutuhan gizi anak dengan pola makan sehat. Pastikan ia mengonsumsi karbohidrat, protein, serat, dan sumber vitamin ya.

 

Jaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan Ya

Selain dari asupan makanan, tubuh Si Kecil juga perlu dilindungi – dengan menjaga kebersihan, lho. Langkah yang satu ini dapat bantu hindari anak terpapar virus dan bakteri berbahaya. Lalu, apa saja yang perlu diterapkan?

Ajari anak untuk menutup hidung dan mulut ketika ada orang lain bersin atau batuk di sekitarnya, kemudian ajari juga untuk menutup hidung – selama berada di lingkungan yang berpolusi. Selain itu, biasakan anak rajin mencuci tangan ya, moms – sehingga tak ada kuman yang menempel!

Dengan mengajari anak hal simple seeperti itu – moms sudah bisa mencegahnya terkena berbagai macam penyakit selama bulan puasa.

 

Gunakan Produk Dengan Kandungan Antiseptik

5 Tips Cegah Anak Sakit Selama Puasa, Wajib Moms Ketahui Nih

Credit Image - my-best.id

Kebersihan tubuh anak juga perlu diperhatikan ya – hal ini dapat mencegah anak sakit, terutama selama berpuasa. Seperti yang sudah disebutkan, virus dan bakteri sangat mudah berkembang. Jadi, menjaga tubuh tetap bersih – menjadi kunci penting dalam menghindari kontaminasi virus.

Saat ini, penggunaan produk kebersihan tubuh biasa, belum tentu cukup. Moms, dapat gunakan beberapa produk dengan kandungan antiseptik – yang dapat bantu membunuh kuman dan bibit penyakit.

Kandungan seperti ini biasanya bisa ditemukan pada sabun mandi, sabun cuci tangan, maupun tissue basah.

 

Cukupkan Istirahat Si Kecil!

Apakah Si Kecil memiliki aktivitas yang cukup padat? Kalau iya, pastikan dirinya tetap mendapat istirahat yang cukup. Ingatkan anak untuk tetap menjaga waktu tidurnya – ingat, hal ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus mencegah anak sakit, lho.

Selain itu, tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak, serta mengurangi risiko berbagai macam penyakit berbahaya. Tentu saja, moms ingin Si Kecil tetap sehat dan bugar – terlebih selama berpuasa, kan?

 

Beri Suplemen Khusus Anak: Optimalkan Kekebalan Tubuhnya

5 Tips Cegah Anak Sakit Selama Puasa, Wajib Moms Ketahui Nih

Credit Image - review.bukalapak.com

Untuk memaksimalkan perlindungan tubuh Si Kecil, terutama selama berpuasa – juga dapat dilakukan dengan memberinya suplemen khusus anak. Disarankan, memberi multivitamin dalam bentuk sirup – yang biasanya digemari anak-anak.

Lalu, suplemen apa yang direkomendasikan? Moms, bisa beri Enervon-C Plus Sirup yang mengandung vitamin lengkap – seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara cegah anak sakit selama berpuasa. Yuk, moms terapkan sejumlah tips di atas – agar ibadah puasa Si Kecil tetap lancar!

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!