Memiliki tingkat fokus yang tinggi – terutama pada pekerjaan yang sedang dilakukan, merupakan salah satu kunci utama dalam meraih keberhasilan dan kesuksesan. Ya, tanpa kehadiran fokus – berbagai tugas yang seharusnya dijalani akan terbengkalai. Kalau begini, karir yang cemerlang makin sulit diraih, kan?

Memberikan perhatikan tepat akan membantu seseorang menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Selain itu, kamu juga dapat mencapai produktivitas yang baik – sekaligus, mencapai tujuan karir yang diimpikan dengan lebih mudah, lho.

Lalu, bagaimana sih caranya agar dapat lebih fokus, terutama dalam urusan tujuan karir? Setidaknya, ada enam hal yang bisa dilakukan, lho.

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Berani Katakan “Tidak”

Credit Image - lianedavey.com

Kamu sudah memiliki jadwal pekerjaan yang telah tersusun rapih? Ini merupakan awal yang baik. Tapi ingat, jalani rencana tersebut dengan baik ya. Ketika bekerja – pasti akan banyak godaan yang datang dan menghampiri, misalnya rekan kerja yang kerap mengajak ngobrol, atau keinginan untuk melihat sosial media – di waktu kerja.

Dalam hal ini, kamu perlu berani mengatakan “tidak”. Wah, bayangkan saja kalau kamu mengikuti keinginan tersebut – jadwal yang sudah disusun, pasti bisa berantakan. Dan, pekerjaan pun tidak kunjung diselesaikan!

 

Tetap Istirahat Untuk Jaga Energi

Memang fokus terhadap tujuan karir – penting dilakukan. Tapi, bukan berarti boleh memaksakan diri, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini hanya akan membuat tubuh dan pikiran mudah lelah. Akibatnya, produktivitas pun ikut terganggu, lho.

Jadi, sebaiknya tetap miliki waktu untuk beristirahat – untuk mengembalikan energi tubuh yang telah digunakan sebelumnya. Kamu bisa sekedar memejamkan mata selama 5 menit, berjalan kaki, atau melakukan stretching.

Ketika beristirahat, pastikan fisik dan pikiran juga ikut rileks ya – bukan malah tetap memikirkan pekerjaan, lho.

 

Stop Lakukan Multitasking!

Credit Image - sehatq.com

Siapa di sini yang masih gemar melakukan multitasking? Kamu mesti segera hentikan kebiasaan ini. Kalau kamu berpikir kalau hal ini dapat bantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat – salah besar! Multitasking justru akan menghambat produktivitas.

Multitasking menuntut seseorang untuk membagi fokus dan perhatikan pada beberapa kegiatan sekaligus. Di sini, energi dan waktu dapat terbuang sia-sia – dan pekerjaan pun terasa makin sulit diselesaikan.

Jadi, sebaiknya selesaikan satu pekerjaan dahulu, baru melakukan hal yang lainnya ya. Dengan begitu, fokus tidak akan terbagi – dan tujuan karir bisa segera tercapai.

 

Tetap Kuatkan Niatmu!

Keinginan tetap fokus terhadap tujuan karir, tentu perlu didukung dengan niat yang baik. Hal ini punya pengaruh besar, lho. Ketika kamu sulit menahan gangguan dari luar, di sinilah peran penting niat tersebut. Ini akan membuat tidak mudah terpengaruh oleh godaan dari luar.

Lalu, bagaimana caranya biar niat tetap kuat? Coba duduk diam, kemudian pejamkan mata dan perhatikan diri – ketika kamu tak bisa menahan godaan yang datang. Lalu, tanyakan pertanyaan yang bisa menyadarkan diri akan tujuanmu.

 

Jadikan Fokus Sebagai Kebiasaan

Credit Image - ekrut.com

Selanjutnya, kamu perlu menjadikan fokus sebagai suatu kebiasaan. Percaya atau tidak – kebiasaan dapat menghantarkan seseorang mencapai tujuan karir – dan meraih kesuksesan, lho. Kebiasaan tersebut akan mengarahkan energi dan pikir untuk bertindak tanpa merasa terbebani.

Tak masalah kalau kamu merasa sulit, ini wajar dialami kok. Tapi, coba untuk memaksakan sedikit dirimu agar lebih fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai. Ketika sudah terbiasa – kamu pun lebih mudah dalam menjalaninya ya.

 

Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Yang terakhir, pastikan kamu memiliki lingkungan yang mendukung – atau, setidaknya ciptakan suasana demikian. Hal ini bisa dimulai dengan ruang kerja – atur agar terasa lebih nyaman dan tenang. Atau, kalau sulit untuk melihat handphone berdering, coba matikan dahulu selagi jam kerja.

Selain itu, kamu juga dapat mendengarkan musik untuk membuat diri terasa lebih rileks. Hal ini sangat membantu dalam menjaga tingkat fokus, lho.

 

 

Nah, itulah keenam tips yang bisa dilakukan untuk tetap fokus terhadap tujuan karirmu. Selamat mencoba, Enervoners!

 

Featured Image - klikdokter.com