Tingkatkan Interpersonal Skill, Cara Jadi Pribadi Lebih Baik Selama Ramadhan

Tingkatkan Interpersonal Skill, Cara Jadi Pribadi Lebih Baik Selama Ramadhan

font size A Ǎ

Kebanyakan orang, mungkin termasuk dirimu sudah mengetahui bahwa keterampilan interpersonal – merupakan salah satu soft skill yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, maupun dalam dunia kerja.

Apakah kamu sudah memilikinya? Nah, bulan puasa ini merupakan waktu yang tepat untuk tingkatkan skill yang satu ini, lho. Cara ini juga bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih positif – dan berkembang ke arah lebih baik.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa interpersonal skill dapat diartikan sebagai kemampuan dalam berkomunikasi, berinteraksi, serta membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain. Jadi, tidak heran kalau interpersonal skill menjadi salah satu keahlian yang wajib dimiliki.

Lalu, bagaimana caranya meningkatkan interpersonal skill selama bulan puasa? Berikut ini ada 5 tips yang dapat diterapkan nih. Yuk, simak ulasannya sampai habis, Enervoners!

 

 

Lebih Apresiatif Terhadap Sekitar

Tingkatkan Interpersonal Skill, Cara Jadi Pribadi Lebih Baik Selama Ramadhan

Credit Image - blog.aksiamal.com

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik – coba deh mulai dengan meningkatkan interpersonal skill melalui cara tepat, seperti bersikap positif dan apresiatif di mana pun kamu berada. Jadilah seseorang yang murah hati – dengan memberi pujian maupun dukungan pada orang di sekitar.

Selain itu, jangan lupa – ucapkan tolong setiap kali kamu membutuhkan pertolongan, dan terima kasih – usai mendapat bantuan dari orang lain. Hal ini dapat membuat orang merasa dihargai, lho. Intinya, tak perlu gengsi untuk bersikap apresiatif ya!

 

Menjadi Pendengar yang Baik – Skill yang Perlu Ditingkatkan

Ingin makin bersikap positif selama bulan Ramadhan ini? Kalau begitu, menjadi pendengar yang baik – termasuk salah satu tips yang perlu diterapkan, termasuk dalam meningkatkan interpersonal skill. Selalu dengarkan pendapat orang lain, dan pelajari makna yang terkandung dalam ucapan tersebut.

Mendengarkan lawan bicara dengan seksama penting, lho. Selain membuat ia merasa dihargai – hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Berilah kesempatan untuk menanyakan pendapat lawan bicara – dan biarkan ia mengambil bagian di setiap percakapan.

 

Ciptakan Suasana Kebersamaan

Tingkatkan Interpersonal Skill, Cara Jadi Pribadi Lebih Baik Selama Ramadhan

Credit Image - bola.com

Selanjutnya, kamu dapat menciptakan lingkungan yang lebih positif. Hal ini dapat dimulai dengan memperlakukan setiap orang dengan sikap yang sama – tidak membedakan antara si A dengan si B. Coba untuk bangun kebersamaan – sehingga, interpersonal skill pun semakin meningkat.

Ingatlah untuk tidak membicarakan orang lain di belakang mereka ya! Usahakan agar suasana tetap terasa menyenangkan. Dengan cara ini, orang lain juga terdorong untuk membangun kebersamaan – dan bekerjasama, lho.

 

Perhatikan Orang Disekitarmu Ya!

Cara lain yang bisa bantu meningkatkan interpersonal skill, yaitu dengan memberi perhatian. Mulai sekarang, cermati hal apa saja yang terjadi kepada orang di sekitarmu. Kemudian, jangan lupa untuk beri pujian – tiap kali orang lain berhasil melakukan sesuatu. Cara ini bisa membuat mereka merasa bahagia dan dihargai, lho.

Lalu, ketika orang berada dalam kesulitan – berikan dukungan dan bantuan dengan penuh ketulusan. Tunjukan sisi perhatian dan simpatimu pada situasi sulit yang sedang dihadapinya.

Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan sikap perhatianmu dengan cara lainnya. Misalnya, mengingat ulang tahun rekan kerja, saudara,  atau bahkan client – kemudian berikan ucapan selamat, serta doa yang baik.

 

Murah Senyum: Bisa Berikan Energi Positif

Tingkatkan Interpersonal Skill, Cara Jadi Pribadi Lebih Baik Selama Ramadhan

Credit Image - hot.liputan6.com

Tentunya, senyuman yang tulus dari hati – dapat memberikan energi yang positif kepada orang lain. Tips yang satu ini wajib diterapkan dalam keseharian, ya. Tunjukkanlah wajah yang selalu terlihat bahagia – maka orang pun tak akan sungkan menegur, melakukan komunikasi, hingga berteman denganmu.

Meningkatkan interpersonal skill dengan tersenyum – merupakan cara simple, namun tetap efektif lho. Selalu berikan senyuman pada orang yang ditemui, atau kepada rekan-rekan kerja.

 

 

Tetap Aktif dan Produktif Selama Puasa, Lakukan Hal Ini!

Meningkatkan interpersonal skill merupakan salah satu cara agar tetap produktif selama berpuasa, lho. Tapi, biar makin aktif – dan produktivitas makin terjaga, pastikan kamu selalu minum Enervon Active dua kali sehari, yaitu saat sahur dan berbuka.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu jaga daya tahan tubuh – sekaligus menjaga stamina agar tidak gampang lelah.

Nah, itulah berbagai tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan interpersonal skill – selama berpuasa. Apakah kamu sudah mulai menerapkan berbagai cara di atas?

 

Featured Image - riliv.co


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!