Umumnya, para lulusan baru atau fresh graduate  berlomba- lomba menyelesaikan pendidikannya untuk memperoleh gelar dan mencari kerja yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Namun, seringkali kenyataan tidak semudah yang dibayangkan. Saat ini, masih banyak jumlah orang yang belum memiliki pekerjaan atau nganggur. Dan hal ini bisa menimbulkan kesehatan mental kepada orang yang masih berusaha mendapatkan pekerjaan.

Contoh masalah kesehatan mental yang disebabkan oleh mengganggur adalah stress dan depresi. Lalu bagaimana untuk mencegah dan mengatasi hal ini? Berikut ulasannya.

1. Jangan mengurung diri di rumah

Credit: IDNTimes

Salah satu cara mengatasi stress mencari kerja adalah dengan mengeksplor dirimu seluas mungkin. Memang, terkadang timbul rasa minder ketika kamu belum mendapatkan pekerjaan, dan hal ini bisa memengaruhimu jadi malas dan enggan untuk keluar rumah.

Padahal hal ini terbilang salah. Kamu dianjurkan untuk lebih banyak berinteraksi dengan bersosialisasi atau hal lain di luar sana. Kamu pun bisa melakukannya dan mendapatkan banyak manfaat dengan melakukan beberapa cara ini:

  • Ambil kursus keahlian

        Dengan mengikuti kursus atau pelatihan diri di bidang- bidang tertentu, kamu diharapkan bisa membangun dan menggali                kemampuan yang kamu miliki. Nantinya, ketika kamu akan melamar pekerjaan lagi, kamu pun sudah siap untuk bersaing dan          bekerja.

  • Menjadi relawan

        Dengan menjadi relawan atau volunteer  sebuah acara, hal ini bisa meningkatkan rasa bahagia dalam dirimu. Bonusnya,                  kamu bisa meningkatkan koneksi relasi sembari menambah pengalaman.

2. Atur rencana keuangan selagi mencari kerja

Credit: Kompas

Semua orang pasti khawatir dengan masalah keuangan saat belum menemukan pekerjaan tetap. Hal ini sering menjadi sumber masalah stress dan depresi pada orang yang sedang mencari kerja.

Daripada kamu galau dan tidak menghasilkan apapun, sebaiknya kamu mulai untuk mengatur rencana keuangan. Catat dan tuliskan biaya- biaya yang akan kamu keluarkan, mulai dari biaya ongkos transporasi saat mencari pekerjaan, kebutuhan makan sehari- hari, sampai baju yang akan kamu beli saat hendak melamar kerja.

Dengan begitu, kamu tidak akan tiba- tiba kaget dan stress ketika melihat uang di tabungan sudah menipis. Selain itu, hal ini juga bisa jadi motivasi bagimu untuk mencari pekerjaan yang realistis.

3. Refleksi diri sambil cari kegiatan lain

Credit: Republika

Kamu perlu melakukan refleksi diri di sela- sela mencari pekerjaan. Refleksi pada diri sendiri bisa menjadi salah satu hal yang bisa mencegah stress mencari karena. Karena, kamu pun jadi lebih focus untuk mencari solusi. Karenanya, kamu harus lebih cermat lagi dalam proses mencari kerja. Misalnya, memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan di CV, melamar ke perusahaan yang bukan bidang keahlianmu, atau bahkan melakukan kesalahan saat wawancara kerja.

Sembari instropeksi diri, kamu juga bisa beristirahat dengan melakukan hal yang kamu sukai. Mulailah dari hal kecil seperti berkebun atau menggeluti hobi yang kamu miliki. Hal ini bisa menjauhkanmu dari stress saat mencari kerja.

 

Featured Image - Kompas