Jaga Lingkungan Tetap Sehat Saat Puasa, Kunci Hindari Penularan Virus Corona

Jaga Lingkungan Tetap Sehat Saat Puasa, Kunci Hindari Penularan Virus Corona

font size A Ǎ

Sama seperti Ramadhan di tahun sebelumnya, ibadah puasa kali ini masih dibarengi dengan pandemi Covid-19 – yang belum menunjukkan tanda-tanda akan usai. Berpuasa dalam kondisi demikian, memang memberi tantangan tersendiri bagi umat Muslim yang menjalankannya.

Pandemi mengharuskanmu untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima, tak hanya dengan memperhatikan pola hidup yang sehat saja – tapi, membentuk lingkungan sehat juga menjadi kunci utama dalam mencegah penularan virus.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan memenang peran krusial dalam menjaga tubuh tetap sehat – sekaligus mengurangi risiko terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

Lalu, untuk memiliki lingkungan sehat selama berpuasa – apa saja yang harus dilakukan? Dan berbagai hal apa saja yang perlu dibersihkan secara rutin agar virus tak mudah mengontaminasi tubuh, maupun benda-benda di sekitar?

Untuk ulasan lengkapnya, silahkan simak di bawah ini ya, Enervoners!

 

 

Jaga Lingkungan Sehat: Dimulai Dengan Mencuci Tangan

Jaga Lingkungan Tetap Sehat Saat Puasa, Kunci Hindari Penularan Virus Corona

Credit Image - 59mdw.af.mil

Salah satu imbauan pencegahan virus corona yang masih terus digalakkan, yaitu menjaga kebersihan tangan. Langkah yang satu ini – termasuk poin penting dalam menciptakan lingkungan sehat, lho. Sebab, tangan merupakan pintu masuknya virus, bakteri, atau mikroorganisme berbahaya ke dalam tubuh.

Ketika kamu memegang atau menyentuh benda yang sudah terkontaminasi, tanpa disadari tangan akan sering menyentuh bagian tubuh – terutama, hidung, mulut, dan mata. Akibatnya, virus pun lebih mudah menginfeksi tubuh.

Jadi, sangat disarankan untuk rutin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun – atau pakai hand sanitizer jika tak memungkinkan untuk cuci tangan ya.

 

Bersihkan Pula Tubuh Secara Keseluruhan

Menciptakan lingkungan sehat – juga termasuk menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan. Jadi tak hanya tangan saja, namun kebersihan tubuh juga perlu dijaga, terutama selama masa pandemi Covid-19.

Setelah bepergian ke luar rumah, segera mandi – kemudian ganti pakaian. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari. Selain itu, perhatikan pula kebersihan tangan, kuku, rambut, kaki, dan mulut – untuk mencegah kontaminasi virus.

Lalu, selalu gunakan pakaian yang bersih – agar tak ada virus yang menempel. Serta rutin ganti masker – setidaknya setelah dipakai lebih dari enam jam, atau ketika masker sudah terasa lembap.

 

Selalu Gunakan Pakaian dan Perlengkapan Tidur Bersih

Jaga Lingkungan Tetap Sehat Saat Puasa, Kunci Hindari Penularan Virus Corona

Credit Image - wellandgood.com

Agar tubuh senantiasa bersih dan segar – pastikan kamu rutin mencuci baju dan perlengkapan tidur secara teratur. Pakaian yang bersentuhan langsung dengan kulit, seperti pakaian dalam – mesti diganti setiap harinya.

Sementara itu, untuk seprai kasur, sarung bantal dan guling, serta sarung selimut – dapat dibersihkan minimal satu kali dalam seminggu. Langkah ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang sehat dan higienis, lho.

 

Jaga Kebersihan Rumah Bantu Ciptakan Lingkungan Sehat

Untuk menghindari penularan virus, termasuk di bulan puasa – jangan lupa untuk tetap rutin membersihkan rumah secara berkala. Berdasarkan rekomendasi dari CDC Amerika Serikat, bersihkan rumah – setidaknya sekali dalam sehari. Atau, bersihkan lebih sering jika ada anggota keluarga yang sering bepergian.

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, Princeton, dan University of California – disebutkan bahwa virus corona dapat bertahan dipermukaan berbagai macam benda, seperti hingga 24 jam pada kayu, dan 2-3 hari – di bahan plastik dan stainless steel.

 

Langkah Tepat Cegah Penularan Virus Selama Berpuasa

Jaga Lingkungan Tetap Sehat Saat Puasa, Kunci Hindari Penularan Virus Corona

Credit Image - blokbojonegoro.com

Selain menciptakan dan menjaga lingkungan sehat – untuk melindungi diri dari penularan virus selama berpuasa, berikut ini berbagai hal lainnya yang perlu diperhatikan dan diterapkan. Apa saja hal tersebut?

  • Ketika bepergian ke luar rumah, pastikan kamu menerapkan protokol kesehatan secara ketat
  • Hindari melewatkan makan saat sahur dan berbuka puasa
  • Konsumsi makanan tetap sesuai porsi ya. Perbanyak konsumsi buah, sayuran, karbohidrat, protein, dan lemak
  • Tetap rutin berolahraga di rumah
  • Memenuhi kebutuhan vitamin – yang dapat bantu menjaga imunitas tubuh

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin, terlebih vitamin C – yang berperan menjaga, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh, dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan sehat, seperti buah dan sayur.

Selain itu, mengonsumsi suplemen vitamin C juga sangat dianjurkan. Namun, suplemen apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat megonsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk membantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Enervon-C tersedia dalam dua jenis, yaitu tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C. Dan, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – untuk memberikan perlindungan ekstra, terlebih kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Dan untukmu yang punya aktivitas padat – direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Nah, deretan vitamin tersebut dapat mempertahankan stamina tubuh – biar tak mudah lelah meski punya aktivitas padat, sekaligus menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

 

Wah, sudah cukup jelas ya ulasan mengenai lingkungan sehat – yang punya peran penting dalam meminimalisir penularan virus. Apakah kamu sudah menjaga berbagai aspek kebersihan di atas?

 

 

Featured Image - rumah.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!