Anti Bosan! Ini 7 Teknik Presentasi Online yang Perlu Diterapkan

Anti Bosan! Ini 7 Teknik Presentasi Online yang Perlu Diterapkan

font size A Ǎ

Apakah dalam waktu dekat ini kamu akan membawakan materi dan disampaikan secara online? Wah, kalau begitu informasi berikut tak boleh dilewatkan! Menjalani presentasi online memang menjadi tantangan tersendiri – apalagi, kalau bukan audiens yang lebih cepat merasa jenuh.

Sangat wajar kalau audiens yang merasa ngantuk, hingga bosan – ketika sedang mendengarkan presentasi online. Tapi, tak perlu khawatir – karena, ada berbagai teknik presentasi yang bisa bantu atasi masalah satu ini!

Tak perlu berlama-lama, berikut ini teknik presentasi yang cocok diterapkan ketika presentasi online – biar audiens tak merasa bosan. Yuk, simak ulasannya sampai habis ya!

 

 

Teknik Presentasi Online Anti Bosan: Perhatikan Kontenmu

Anti Bosan! Ini 7 Teknik Presentasi Online yang Perlu Diterapkan

Credit Image - magazine.job-like.com

Teknik presentasi online pertama – yang wajib diperhatikan, yaitu buatlah konten se-relevan mungkin. Ingat, ini merupakan kunci untuk menarik perhatian audiens masa kini, lho. Jadi, pastikan kamu memberikan informasi yang berguna bagi mereka ya.

Lalu, gimana sih caranya agar tahu konten yang diinginkan audiens? Nah, beberapa minggu sebelum menjalani presentasi tersebut – tanyakan pendapat kepada beberapa calon audiens – atau bisa juga membuat polling yang berhubungan dengan topik dalam presentasi.

 

Berceritalah, Tapi Tak Perlu Panjang Lebar

Kalau kamu mesti membawakan materi di webinar atau workshop – sebaiknya, sampaikan informasi dengan bercerita, tapi tetap keep it short – alias jangan terlalu panjang lebar! Perlu diketahui, memori otak bekerja lebih baik dengan materi yang disampaikan secara naratif, lho.

Dengan demikian, audiens pun lebih tertarik dan fokus dalam mencerna presentasi – dan kemungkinan besar dapat mengingat informasi yang disampaikan. Biar makin menarik, gunakan contoh dari kehidupan nyata, atau studi kasus.

Teknik presentasi yang satu ini, sepertinya menarik untuk diterapkan, ya?

 

Terapkan Gaya Presentasi yang Fleksibel

Anti Bosan! Ini 7 Teknik Presentasi Online yang Perlu Diterapkan

Credit Image - lldikti12.ristekdikti.go.id

Selanjutnya, kamu juga perlu mencoba teknik presentasi yang satu ini. Cobalah untuk mengombinasikan gaya presentasi tradisional dengan audio – presentasi visual, dan aktivitas interaktif. Tenang, ini tak sesulit itu kok!

Intinya, isi presentasi yang dibawakan jangan terlalu kaku – walaupun materi yang diberikan termasuk cukup serius. Biar audiens tidak bosan, sisipkan sedikit memes atau GIF – yang bisa mengundang tawa dari pendengarmu ya.

 

Gunakan Background Saat Presentasi Online

Kalau kamu menggunakan platform streaming ketika sedang berpresentasi – coba berkreasilah sekreatif mungkin agar audiens tidak bosan mendengar presentasi yang dibawakan. Salah satunya, dengan menggunakan background.

Buatlah audiens merasa hidup ketika harus memperhatikan dirimu berbicara selama beberapa waktu ke depan. Gunakan ruangan yang terdapat banyak tanaman, ruangan dengan jendela dan dekorasi apik – atau, bahkan di taman.

Selama tidak memengaruhi audio ketika kamu berpresentasi – tak perlu takut harus menggunakan ruangan yang berbeda ketika menjadi pembicara ya.

 

Mainkan Musik Latar: Tips yang Patut Dicoba

Anti Bosan! Ini 7 Teknik Presentasi Online yang Perlu Diterapkan

Credit Image - musiklik.com

Teknik presentasi yang ini – mungkin masih jarang digunakan, sebab banyak pembicara yang khawatir musik akan terkesan mengganggu. Tapi, anggapan ini salah lho. Akan sangat menyenangkan, ketika materi dibawakan – dan diiringi dengan suara musik yang terdengar sayup.

Tapi tetap perhatikan volume suaranya ya – agar tidak mengganggu materi yang disampaikan. Nah, biar lebih keren lagi – kamu dapat gunakan latar musik white noise atau suara alam yang calming. Dijamin, audiens makin fokus dalam mendengarkan presentasimu!

 

Pertimbangkan Pula Penggunaan Properti

Selanjutnya, dapat gunakan properti – mulai dari yang serius, seperti papan tulis berisi diagram, atau bahkan yang “nyeleneh” sekalipun, misalnya berbagai mainan pilihanmu. Menyampaikan presentasi boleh saja serius – tapi ingat, audiens juga butuh sisipan humor supaya tidak bosan.

 

Ingin Presentasi Makin Menarik? Sisipkan Quick Quiz!

Anti Bosan! Ini 7 Teknik Presentasi Online yang Perlu Diterapkan

Credit Image - iprospect.com

Teknik presentasi online terakhir – yang bisa diterapkan, yaitu sisipkan kuis sederhana alias quick quiz. Biasanya, sesi yang satu ini paling bisa membuat mata audiens makin melek – apalagi, kalau sudah hampir di penghujung acara. Setuju nggak nih?

Kamu dapat coba melempar pertanyaan yang mengharuskan audiens mengingat kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya. Atau, bisa juga tanyakan tentang trivia maupun fun facts – tapi, yang maish ada kaitannya dengan topik presentasi ya.

 

Nah, itulah ketujuh teknik presentasi online yang dapat diterapkan biar audiens tak mudah bosan. Apakah kamu sudah pernah mencoba berbagai cara tersebut?

 

 

Featured Image - glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!