Generasi Alpha: 5 Pola Asuh Tepat Selama Masa Pandemi

Generasi Alpha: 5 Pola Asuh Tepat Selama Masa Pandemi

font size A Ǎ

Seperti diketahui, generasi Alpha merupakan anak yang lahir mulai dari tahun 2010. Ya, sama seperti generasi pendahulunya, anak yang tergolong dalam generasi ini – memiliki karakterstik tersendiri yang menjadi ciri khasnya.

Anak-anak yang termasuk dalam generasi Alpha – umumnya lahir dari generasi milenial, yang dikenal lebih cerdas dalam urusan teknologi. Hal ini disebabkan, karena generai tersebut lahir dan tumbuh di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

Meski demikian, mengasuh Si Kecil yang masuk dalam generasi Alpha tidaklah mudah lho. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 – di mana orangtua masih sama-sama beradaptasi pada kondisi ini. Segala perubahan yang terjadi, memang tidak semudah itu diterima banyak kalangan masyarakat.

Untuk itu, moms perlu menerapkan pola asuh yang tepat terhadap anak generasi Alpha selama masa pandemi lho. Dengan demikian, pertumbuhan dan perkembangannya pun tetap berjalan secara optimal. Tapi, hal apa saja yang bisa dilakukan?

Simak ulasannya di bawah ini!

 

 

Mengasuh Generasi Alpha Kala Pandemi: Ajari Agar Tak Pernah Berhenti Belajar

Generasi Alpha: 5 Pola Asuh Tepat Selama Masa Pandemi

Credit Image - pintek.id

Anak-anak generasi Alpha umumnya memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Tapi, bukan berarti boleh berhenti belajar lho. Justru, di tengah pandemi – generasi ini mesti belajar lebih banyak lagi. Sebab, perubahan masih akan terus terjadi. Untuk itu, orangtua perlu mendidik anak – agar ia menjadi seseorang yang baik dan berguna.

Tetapi, proses belajar juga harus dibuat menyenangkan ya. Jangan sampai Si Kecil malah malas belajar – karena, metode yang moms terapkan kurang menarik perhatiannya. Wah, kalau sudah begini, anak pasti lebih mudah bosan juga ya?

 

Batasi Screen Time Anak!

Generasi Alpha memang lahir di tengah pesatnya perkembangan teknologi – seakan-akan anak pun lebih sulit dipisahkan dengan gadget. Apakah Si Kecil juga alami hal serupa, moms? Tak jarang, kondisi ini membuat orangtua khawatir akan penggunaan gadget – yang kadang sampai berlebihan.

Apalagi, jika gadget digunakan untuk belajar – memang durasi screen time makin sulit untuk diatur ya. Meskipun begitu, masih ada trik yang bisa dilakukan agar anak tak terus-menerus menatap layar gadget kok. Misalnya, beri waktu 20 menit untuk menggunakan gadget, kemudian 2 menit harus beristirahat. Cara ini juga dapat bantu menjaga kesehatan mata anak, lho.

 

Ajak Si Kecil Untuk Selalu Aktif Bergerak

Generasi Alpha: 5 Pola Asuh Tepat Selama Masa Pandemi

Credit Image - edukasi.kompas.com

Yang kerap menjadi masalah, yaitu generasi Alpha – tergolong anak-anak yang kurang bergerak. Belum lagi di masa pandemi, anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Hasilnya, banyak dari generasi ini yang makin malas menggerakkan tubuhnya. Padahal, melakukan aktivitas fisik penting – terutama, untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebab, tubuh yang terus diam dan duduk – dapat membuat fokus anak semakin berkurang. Untuk itu, moms perlu membiasakan anak aktif bergerak, untuk bantu merangsang kecerdasan otak.

 

Berikan Contoh yang Baik Ya, Moms!

Pola asuh generasi Alpha yang satu ini – sangat krusial lho! Sebagai orangtua, moms perlu memberikan contoh yang baik pula pada Si Kecil. Jadi, jangan hanya menyuruh anak saja – tapi, kamu juga perlu menerapkannya. Dengan begitu, anak pun terdorong untuk mengikuti perilaku baik yang dilakukan.

Misalnya, jika ingin anak hidup sehat – maka kamu juga harus menerapkan gaya hidup yang sehat pula. Atau, kalau ingin Si Kecil tak sering main gadget, berarti orangtua juga tidak boleh berlebihan dalam menggunakan gadget.

 

Ajari Pula Gaya Hidup Sehat

Generasi Alpha: 5 Pola Asuh Tepat Selama Masa Pandemi

Credit Image - hallomoms.com

Hidup sehat memang menjadi poin terpenting selama masa pandemi Covid-19. Ketika kekebalan tubuh sudah kuat – maka risiko terserang berbagai macam penyakit pun dapat diminimalisir. Oleh karena itu, moms perlu mengajari anak untuk menerapkan gaya hidup yang sehat ya.

Dengan kondisi dunia yang serba tidak pasti ini – anak perlu diajarkan dalam menjaga kesehatan sejak dini. Mulai dari menerapkan pola makan sehat, serta menjaga kebersihan diri – seperti rutin mencuci tangan.

Selain itu, orangtua juga perlu mendukungnya dengan memberi asupan makanan kaya vitamin dan mineral kepada anak – yang juga dapat bantu menjaga kesehatan tubuh, memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, sekaligus menjaga imunitasnya.

Untuk mengoptimalkannya, moms direkomendasikan untuk memberi multivitamin Enervon-C Plus Sirup – yang memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga imun tubuh anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, serta bantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

 

Apakah Si Kecil juga termasuk generasi Alpha, moms? Yuk, coba perhatikan dan terapkan sejumlah tips pola asuh di atas yang dapat bantu dukung perkembangan dan pertumbuhannya selama pandemi!

 

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!