Tidak semua orang sadar bahwa mereka cenderung lebih mementingkan pekerjaan daripbada kehidupan pribadinya. Ini tandanya hidup dan pekerjaanmu sudah tidak lagi seimbang. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini bisa membuat kesehatan fisik dan mentalmu terganggu.

Menyeimbangkan antara hak dan kewajiban hidup di dalam dan luar kantor memang sulit. Ada masanya orang merasa ‘gila kerja’ hingga terus menerus lembur dan pada akhirnya berakibat pada kehidupan sosialnya sehari- hari.

Agar tidak keterusan, kamu perlu mengenali tanda saat urusan hidup pribadi dan dunia kerja mulai tidak seimbang:

1. Lupa jaga diri

Credit: Hipwee

Orang yang lebih mementingkan pekerjaan basanya cenderung cuek atau masa bodoh dengan kondisi tubuhnya sendiri. Bahkan sebuah data menunjukkan bahwa lebih dari 40 persen pegawai mengabaikan aspek lain di hidupnya hanya karena pekerjaan.

Jika kamu sudah mengalami hal ini, tandanya ada yang tidak beres dengan kehidupanmu. Kesibukan pekerjaan membuat kamu hanya memikirkan deadline dan target tanpa ingat bahwa diri kamu juga perlu diperhatikan.

2. Cepat stress, mudah marah, dan gelisah

Credit: KlikDokter

Ketika hidup dan kerja sudah tidak lagi seimbang, bukan hanya kesehatan fisik saja yang tergerogoti tapi kesehatan mentalmu. Mengurus pekerjaan tanpa kenal waktu istirahat membuatmu rentan mengalami stress bekepanjangan. Akibatnya, kamu akan lebih mudah marah, gelisah, panik, bahkan hingga mengalami depresi. Dan hal ini muncul ketika otakmu hanya memikirkan soal pekerjaan.

3. Merasa tidak kompeten

Credit: Woop.id

Faktanya semakin lama bekerja, semakin besar pula kekhawatiran seseorang akan pekerjaannya. Akibatnya, kamu merasa bahwa apa yang sudah dilakukan tidak pernah cukup. Kamu selalu merasa kualitas kerjamu menurun. Padahal, mungkin hal ini hanya kekhawatiran berlebih yang muncul di pikiran kamu.

4. Merasa kesepian

Credit: Medcom.id

Ketika hidup dan kerja mulai tidak seimbang, kamu akan mulai merasa kesepian. Hal ini terjadi karena kamu kehilangan banyak waktu dengan keluarga dan orang- orang yang kamu cintai. Dengan begitu, kamu lama- lama akan merasa tersisih dan kesepian, bahkan hubungan dengan orang- orang terdekat pun mulai merenggang.

5. Tidak ada Batasan jelas antara urusan pekerjaan dan rumah

Credit: Liputan6

Salah satu tanda yang mudah terlihat ketika urusan hidup dan pekerjaan tidak lagi seimbang yaitu kamu membawa pekerjaan ke rumah. Dalam hal ini berate kamu masih menerima panggilan dan membuka e-mail pekerjaan di rumah. Kamu merasa harus selalu siap sepanjang waktu. Dan akibatnya kamu justru tidak bisa menikmati waktu istirahat sebagaimana mestinya.

 

Featured Image - Detik Health