Ingin Sukses Saat Public Speaking? Ini Lho Kesalahan yang Mesti Dihindari

Ingin Sukses Saat Public Speaking? Ini Lho Kesalahan yang Mesti Dihindari

font size A Ǎ

Harus menghadapi momen berbicara di hadapan banyak audiens, memang menjadi sebuah ketakutan tersendiri. Rasa cemas dan takut kerap kali menghampiri – bahkan, sesaat sebelum melakukan public speaking. Apakah kamu juga pernah mengalaminya? Tak perlu khawatir, hal ini wajar terjadi kok.

Dilansir dari Glints – kesalahan umum yang paling sering dilakukan saat public speaking, ternyata rasa panik dan cemas yang berlebihan. Hal tersebut justru akan membuatmu semakin sulit untuk berbicara di depan audiens, lho. Selain itu, cemas berlebihan – juga akan menyulitkan diri dalam penyampaian materi.

Nah, salah satu cara untuk mengurangi rasa gugup, yaitu dengan menyiapkan diri sebaik-baiknya. Selain rasa cemas, gugup, dan khawatir – ternyata masih ada berbagai kesalahan public speaking yang mesti dihindari.

Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Kurang Persiapan: Kesalahan yang Sering Terjadi

Ingin Sukses Saat Public Speaking? Ini Lho Kesalahan yang Mesti Dihindari

Credit Image - galeriinfo.com

Apakah kamu sudah menyiapkan segala materi untuk public speaking dengan matang? Ini merupakan hal yang baik. Sebab, kurang persiapan merupakan salah satu penyebab utama public speaking tidak berjalan dengan lancar, lho. Hal yang satu ini juga kerap terjadi.

Tanpa adanya persiapan matang, tentu kamu lebih sulit untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi – ketika berbicara di depan umum. Menurut Diresta Communication – seorang pembicara profesional pasti mengutamakan persiapan, bahkan hingga 90 persen.

Adapun persiapan yang mesti dilakukan, yaitu meliputi penyusunan strategi, struktur pembicaraan, perencanaan visual, dan jangan lupa – latihan yang banyak, agar kamu lebih lancar ketika berpresentasi nanti!

 

Tidak Mengenal Audiens Dengan Baik

Kesalahan berikutnya yang juga perlu dihindari – kurang mengenal audiens dengan baik. Perlu diketahui, public speaking tidak akan dinilai bagus, terutama jika konten yang disampaikan tidak sesuai dengan audiens. Meski sudah melakukan persiapan dengan matang, materi yang tak sesuai – tentu akan dinilai kurang menarik. Akhirnya, audiens pun mudah bosan.

Untuk menghindari kesalahan ini, kamu harus mengenal orang-orang seperti apa yang akan datang ke presentasimu. Pikirkan topik yang mesti dibicarakan – sebaiknya, beri informasi yang dibutuhkan calon audiens ya.

Lalu, cari tahu informasi mengenai demografis audiens, kenali cara pendekatan yang paling cocok – dan ketahui pola pemahaman yang tepat, sehingga pesan dapat tersampaikan secara maksimal.

 

Gunakan Bahasa Tubuh Boleh Saja, Tapi Hindari yang Tak Penting Ya!

Ingin Sukses Saat Public Speaking? Ini Lho Kesalahan yang Mesti Dihindari

Credit Image - speak-simple.com

Bahasa tubuh memang salah satu hal yang dapat membantumu menyampaikan materi presentasi jadi lebih menarik. Tetapi, berlebihan dalam menggunakannya – tentu, akan membuat audiens terdistraksi, lho. Wah, kesalahan public speaking ini juga mesti dihindari!

Lalu, bahasa tubuh apa saja sih yang perlu dihindari? Seperti memasukkan tangan ke kantong, membetulkan rambut, menaruh tangan di belakang, hingga menyentuh wajah. Apakah kamu sering melakukan gestur tubuh seperti itu? Coba, sebaiknya latih diri untuk menghentikannya ya.

 

Terlalu Sering Membaca Slide

Seperti diketahui, slide PowerPoint memang sangat membatu ketika melakukan public speaking. Tetapi, jangan sampai kamu terlalu sering membaca slide – dan akhirnya tidak memperhatikan audiens. Hal ini akan membuat penonton merasa terabaikan, lho! Begitu juga sebaliknya, audiens pun jadi merasa malas mendengarkanmu.

Selain itu, isi slide presentasi juga perlu diperhatikan. Hindari terlalu banyak menggunakan angka – sebab, lebih sulit untuk dibaca dan membosankan. Sebisa mungkin, cari cara untuk menyampaikan data tersebut dengan menarik ya, baik itu verbal maupun visual.

 

Kurang Bersemangat dan Tak Menarik di Awal Presentasi

Ingin Sukses Saat Public Speaking? Ini Lho Kesalahan yang Mesti Dihindari

Credit Image - glints.com

Kesalahan terakhir yang juga perlu dihindari, yaitu tidak memperhatikan level energi dari awal hingga akhir. Ingat, energimu harus sama – dari awal memulai presentasi, hingga selesai. Jangan sampai, malah terdengar lesu dan kurang bersemangat ya. Hal ini akan mempengaruhi perasaan audiens juga, lho.

Dengan pembawaan yang penuh energi, kamu mampu menark perhatian orang untuk mendengarkan presentasi. Selain itu, mengerahkan semangat tinggi di awal juga penting – ketika sudah menarik, audiens juga lebih ingin mendengarkan apa yang disampaikan.

 

Nah, itulah kelima kesalahan public speaking yang perlu kamu hindari. Apakah kamu pernah melakukan salah satu hal di atas? Tak perlu berkecil hati – sekarang, saatnya untuk memperbaiki aspek tersebut, dan asah kembali kemampuan yang kamu miliki!

 

 

Featured Image - theceomagazine.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!