Berbagai upaya untuk membentuk herd immunity juga tengah dijalani. Tapi sayangnya, kekhawatiran lonjakan kasus virus corona masih terus menghantui.

Meskipun program vaksin masih terus berjalan, sejumlah negara di dunia justru terus dibayangi oleh lonjakan kasus Covid-19. Nyatanya, angka kasus positif – terus mengalami peningkatan. Diketahui, negara yang sedang menghadapi gelombang keempat Covid-19, yaitu Iran, tepatnya di Teheran.

Dikutip dari laman The National News – tercatat terdapat sebanyak 11.680 kasus baru dan 161 kasus kematian, yang terjadi sejak awal bulan April di Iran. Tapi, tak hanya negara yang satu ini saja – masih ada 3 negara lain yang tengah mengalami lonjakan kasus signifikan.

Ketiga negara tersebut juga masuk ke dalam status waspada untuk menghadapi gelombang keempat virus corona. Lalu, apa saja negara tersebut?

 

 

Jepang: Sedang Waspadai Gelombang Ke-4 Corona

Credit Image - baoquocte.vn

Negara pertama – yang juga sedang waspada akan menghadapi gelombang keempat virus corona, yaitu Jepang. Kondisi ini dibarengi dengan ditemukannya mutasi baru Covid-19. Kabar tersebut pun muncul kurang dari dua minggu, usai Jepang mencabut status darurat dalam lingkup terbatas.

Dilansir dari The Straits Times, kondisi ini mengharuskan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, mengeluarkan aturan darurat yang sudah berlaku sejak tanggal 5 April hingga 5 Mei mendatang. Aturan ini ditargetkan pada sejumlah daerah tertentu, seperti Osaka, Hyogo, dan Miyagi.

 

Amerika Serikat yang Alami Kondisi Serupa

Credit Image - kompas.com

Amerika Serikat juga termasuk dalam negara yang tengah memasuki gelombang keempat Covid-19. Negeri Paman Sam tersebut terus melaporkan adanya lonjakan kasus positif virus corona di 25 negara bagian, seiring menyebarnya varian Covid-19 asal Inggris, yaitu B117. Diketahui, varian tersebut lebih mudah menyebar dan menular.

Secara keseluruhan, dikuti dari news.com.au, Amerika Serikat mengalami kasus harian – bahkan, hingga 63.000 atau sebanyak 17 persen sejak 2 April silam. Di Michigan, jumlah kasus terus melonjak sebanyak 52 persen, yang kemudian diikuti oleh New York, Pennsylvania, Minnesota, dan Indiana.

 

India Juga Sedang Memasuki Babak Baru Corona

Credit Image - cnnindonesia.com

Seperti diketahui, India sedang memasuki babak baru pandemi virus corona. Bahkan, India sudah mencatat rekor baru selama pandemi – dengan melaporkan 314.835 kasus positif dalam satu hari. Data tersebut berdasarkan informasi yang diumumkan pada Kamis 22 April 2021 silam. Laporan ini menandai jumlah kasus harian Covid-19 tertinggi di dunia sejak pandemi melanda.

Sebelumnya, Pemerintah India sudah menyatakan telah mengalahkan virus corona di bulan Februari – ketika kasus baru turun ke posisi terendah. Kemudian, aturan pembatasan pun dicabut, yang memungkinkan dimulainya kembali pertemuan besar.

Seakan terlena dengan keadaan, sebuah acara tradisi yang menumpulkan 5 juta orang dalam satu lokasi pun diadakan. Hal inilah yang menyebabkan kasus Covid-19 di India melonjak secara drastis – bahkan, lebih parah dari sebelumnya. Dalam acara tersebut, diduga mutasi virus corona menyebar dan dianggap sebagai biang keladi meledaknya kasus infeksi harian.

Dan, hingga saat ini kasus positif virus corona di India pun masih terus meningkat.

 

 

Featured Image - independent.co.uk

Source - detik.com