Bermain Sepeda Dapat Bantu Pertumbuhan Anak, Lho. Apa Saja?

Bermain Sepeda Dapat Bantu Pertumbuhan Anak, Lho. Apa Saja?

font size A Ǎ

Setiap orangtua pasti setuju kalau bermain sepeda merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Bersepeda juga memiliki banyak manfaat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil lho, mulai dari menyehatkan tubuhnya, membantu melatih keseimbangan dan konsentrasi anak, sekaligus menstimulasi kemampuan motorik.

Wah, apakah Si Kecil juga gemar bermain sepeda, moms? Ini merupakan langkah yang baik – agar pertumbuhan anak semakin optimal. Sudah pasti, orangtua ingin anaknya tumbuh secara baik dan maksimal. Kamu pun pasti akan setuju dengan hal tersebut.

Selain dapat memberikan sejumlah manfaat di atas, bermain sepeda juga mampu memberikan dampak positif lainnya – yang juga berkaitan dengan proses tumbuh kembang Si Kecil lho. Lalu, apa saja sih manfaat tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Bermain Sepeda Bantu Latih Keberanian Anak

Bermain Sepeda Dapat Bantu Pertumbuhan Anak, Lho. Apa Saja?

Credit Image - sehatq.com

Moms, tahukah bahwa melakukan aktivitas yang satu ini – ternyata mampu bantu melatih keberanian, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri anak? Memang sih, mengayuh sepeda bukanlah suatu hal yang mudah bagi Si Kecil, apalagi jika ia belum lancar. Untuk melakukannya, tentu saja butuh keyakinan dan keberanian.

Proses belajar yang dialami anak ketika bermain sepeda tersebut – akhirnya, mampu menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri. Semakin sering dilatih, lama kelamaan anak pun merasa lebih berani untuk mengayuh sepedanya sendiri.

 

Dapat Bantu Melatih Konsentrasi

Selanjutnya, bermain sepeda juga ampuh untuk melatih tingkat konsentrasi anak nih, moms. Ketika mengayuh sepeda, ada tiga anggota tubuh yang mesti bekerja secara bersamaan – yaitu, mata, tangan, dan kaki. Agar keseimbangan tercapai, maka diperlukan konsentrasi, sehingga kerja ketiga anggota tubuh tersebut dapat selaras – dan, anak pun tidak terjatuh.

Tak hanya untuk proses keselarasan saat bermain sepeda saja, fokus yang baik juga diperlukan untuk membantu anak menyeimbangkan berat tubuhnya. Dengan demikian, ia mampu menjalankan sepedanya dengan baik.

 

Anak Lebih Mampu Mengenal dan Mempelajari Arah

Bermain Sepeda Dapat Bantu Pertumbuhan Anak, Lho. Apa Saja?

Credit Image - ibudanbalita.com

Setelah Si Kecil mampu mengayuh sepedanya dengan baik, maka orangtua sudah bisa mulai mempercayainya untuk menempuh jarak tertentu dengan sepedanya. Bahkan, anak di usia SD – sudah dapat memakai sepeda sebagai sarana transportasi lho, termasuk pergi ke sekolah.

Nah, salah satu keseruan bermain sepeda adalah anak dapat menjelajah berbagai arah dan tujuan. Ia pun dapat mencapai daerah-daerah di sekitar rumah dengan mudah. Hal ini penting lho, sehingga anak tidak mudah nyasar, termasuk hendak pulang!

 

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Ketika anak sudah mulai lancar mengayuh sepeda – ia pasti lebih sering meminta untuk bermain dan berkeliling taman maupun komplek perumahan, ya? Di saat inilah, mungkin Si Kecil akan menemukan teman bersepeda. Wah, manfaat yang satu ini, tentu dapat membantu kemampuan bersosialisasi anak jadi lebih baik lagi.

Bermain sepeda memang terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman, begitu pula anak – yang akhirnya bisa mengenal banyak teman dari kegiatan bersepedanya. Hal ini akan berdampak positif terhadap perkembangan jiwa sosial anak.

 

Belajar Bertanggung Jawab

Bermain Sepeda Dapat Bantu Pertumbuhan Anak, Lho. Apa Saja?

Credit Image - liputan6.com

Melalui bermain sepeda, Si Kecil juga dapat belajar untuk bertanggung jawab. Anak akan memahami cara merawat dan menjaga sepedanya agar tetap awet. Misalnya, dengan meletakkan sepeda di tempat bermain, mencucinya jika kotor – atau segera meminta bantuan, jika terjadi kerusakan pada sepeda.

Dari hal ini, anak juga dapat belajar untuk bertanggung jawab akan hal lainnya lho, moms. Tapi ingat, mengajari anak bersepeda – harus dilakukan secara bertahap ya. Jangan terburu-buru, biarkan Si Kecil juga menikmati proses belajarnya.

 

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Lakukan Tips Ini!

Selain mengajak anak untuk bermain sepeda, moms wajib mengimbanginya dengan berbagai hal lain – sehingga, proses tumbuh kembang Si Kecil makin optimal. Lalu, hal apa saja yang mesti dilakukan?

  • Penuhi kebutuhan nutrisi anak sehari- hari. Pastikan ia mendapat makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Perhatikan asupan cairan anak. Jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah – kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan pertumbuhannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup yang memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, apakah anak juga suka bermain sepeda, moms? Ini merupakan hal yang baik untuk proses tumbuh kembangnya!

Nantinya, jika anak sudah terlihat mahir bersepeda – tetap, bekali anak dengan perlengkapan sepeda yang benar ya, seperti menggunakan helmet atau pelindung lutut dan siku. Perlengkapan yang tepat – dapat bantu lindungi anak dari cedera parah saat terjatuh dari sepeda.

 

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!